Wajib Balik Nama Pinjaman Sertifikat Atas Nama Orang Tua

Pinjaman dana adalah bantuan yang diberikan untuk anda yang membutuhkan dana mendadak dan tidak memiliki sumber dana lain selain meminjam. Upaya mengajukan pinjaman banyak dilakukan oleh masyarakat di berbagai bank.

Alasannya memang karena ada banyak program yang disediakan oleh bank untuk memberikan bantuan pinjaman bagi nasabahnya. Salah satu program pinjaman yang ada di bank dan dapat anda coba adalah pinjaman jaminan sertifikat rumah.

Namun seperti yang sudah umum diketahui, sertifikat rumah yang dijadikan jaminan pinjaman haruslah memiliki nama pemilik sama dengan nama pemohon. Hal ini yang seringkali menjadi hambatan dalam mengajukan pinjaman.

Advertisements

Misalnya ketika seseorang ingin mengajukan pinjaman jaminan dengan sertifikat atas nama orang tua, banyak orang yang bertanya-tanya apakah bisa? Jika bisa apakah harus balik nama terlebih dahulu? Jika harus balik nama sertifikat rumah dari nama orang tua menjadi nama pemohon, maka tentunya ada waktu lagi yang perlu disiapkan.

Tidak hanya waktu, balik nama sertifikat rumah pun diketahui membutuhkan biaya. Itulah mengapa banyak orang bertanya-tanya pinjaman jaminan sertifikat rumah atas nama orang tua, apa perlu balik nama dulu atau tidak?

Mungkinkah jika tidak perlu balik nama dulu? Jika mungkin apa saja persyaratannya? Jika tidak mungkin, apa yang dapat menjadi solusinya? Seluruh jawaban atas pertanyaan anda tersebut dapat diketahui melalui informasi berikut ini.

Cara Meminjam dengan Jaminan Sertifikat Rumah atas Nama Orang Tua Tidak Balik Nama

Ternyata jika anda ingin meminjam dengan jaminan sertifikat rumah nama orang tua, anda dapat mengajukannya tanpa perlu membalik nama sertifikat. Namun ada syarat-syarat yang harus anda penuhi untuk dapat mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat atas nama orang tua tanpa balik nama. Baca Begini Tahapan Gadai Sertifikat Tanah Di Bank Mandiri Deal Terima Duit

Ternyata syaratnya hanya orang tua dengan nama yang tertera pada sertifikat harus masih hidup. Jika orang tua masih hidup, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini terlebih dahulu. Cobalah simak penjelasannya dengan lebih lengkap di bawah ini:

  • Pastikan Orang Tua Menandatangani Surat Kuasa

Anda sudah mengetahui bahwa syarat utama agar tidak perlu balik nama saat mengajukan pinjaman dengan sertifikat rumah atas nama orang tua adalah orang tua harus masih hidup. Alasannya adalah agar orang tua dapat menandatangani surat kuasa di mana menguasakan rumah untuk digadaikan oleh anaknya.

Advertisements
  • Pastikan Ahli Waris Lain Menandatangani Surat Pernyataan

Selain itu, jika anda bukan anak tunggal maka anda tidak dapat menggadaikan sertifikat rumah tanpa persetujuan ahli waris lainnya. Penting untuk anda meminta surat pernyataan persetujuan dari seluruh ahli waris. Ahli waris semua tanpa terkecuali hingga ke anak dan cucu harus menandatanganinya. Baca Tahapan Pinjaman Agunan Gadai Sertifikat Rumah Bank BRI (KUR)

  • Siapkan Persyaratan Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah Lainnya

Setelah dua syarat di atas anda miliki, maka barulah anda dapat menyiapkan syarat pinjaman lainnya. Ada beberapa persyaratan seperti data diri, bukti kelengkapan surat pekerjaan, slip gaji, dan lainnya yang perlu anda lengkapi untuk mengajukan pinjaman jenis jaminan sertifikat rumah yang satu ini.

  • Ajukan Permohonan ke Bank

Semua berkas yang sudah ada siapkan kemudian dapat anda bawa ke bank. Bank yang anda pilih untuk mengajukan pinjaman haruslah bank yang sudah anda ketahui secara lengkap informasi mengenai apa saja ketentuan dan persyaratannya. Sehingga sejak awal anda sudah menyiapkan kebutuhan persyaratan sesuai dengan yang disyaratkan oleh bank tersebut.

Wajib Balik Nama Pinjaman Sertifikat Atas Nama Orang Tua

  • Proses Peminjaman dan Dana Siap Dicairkan

Jika syarat anda sudah lengkap, maka selanjutnya pengajuan pinjaman anda akan diproses. Pinjaman ini akan diverifikasi dan disurvey. Jika semua sudah memenuhi persyaratan, maka dana sudah siap dicairkan dan anda dapat segera menggunakan uang pinjaman untuk kebutuhan anda. Jadi anda tidak perlu lagi panik dengan masalah keuangan yang mendadak. Baca Prosedur Gadai Sertifikat Rumah Di Bank Syariah Dan Syaratnya

Itulah tadi penjelasan mengenai apa saja prosedur jika anda melakukan pinjaman jaminan sertifikat rumah atas nama orang tua tanpa perlu balik nama dulu. Namun jika anda tidak memiliki orang tua yang masih hidup, mau tidak mau anda harus melakukan balik nama.

Ikuti seluruh proses balik nama hingga selesai dan segera lakukan pengajuan pinjaman dengan sertifikat rumah yang sudah dalam nama anda. Tentunya pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah nama anda akan lebih mudah untuk diproses dan disetujui.

Advertisements
error: