Uang Duka Untuk Orang Tua Karyawan 2018, Kisaran Berapa Juta?

Banyak sekali masyarakat yang bertanya mengenai jumlah uang duka untuk orang tua karyawan yang meninggal dan mendapatkan hak tunjangan BPJS ketenagakerjaan.

Nah, bagi karyawan yang meninggal dunia dan sudah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan maka akan langsung memperoleh santunan atau istilahnya adalah uang duka.

Uang duka diberikan khusus bagi anggota keluarga yang bersangkutan. Namun pemberian uang duka juga ada peraturannya sehingga dapat dialokasikannya dengan baik dan tepat sasaran.

Advertisements

Seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan akan mendapatkan jaminan berupa BPJS ketenagakerjaan.

Bagi karyawan yang terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan akan memiliki kartu peserta BPJS ketenagakerjaan yang dahulunya adalah Jamsostek dan hanya berganti nama saja.

Jumlah Uang Duka Untuk Orang Tua Karyawan

Jika salah satu anggota keluarga Anda meninggal dunia dan merupakan seorang karyawan di sebuah perusahaan maka mintalah hak mendapatkan tunjangan.

Sebab ada tunjangan bagi karyawan yang telah meninggal dunia termasuk uang duka untuk orang tua karyawan.

Namun tunjangan tersebut tidak akan diberikan apabila salah satu anggota keluarganya tidak segera mengurusnya. Untuk mengurus tunjangan uang duka bagi karyawan yang telah meninggal dunia adalah langsung ke kantor BPJS ketenagakerjaan.

Nah, bagi orang tua yang karyawan yang bersangkutan perlu mengetahui informasi besar uang duka yang menjadi haknya.

Sehingga anggota keluarganya atau orang tuanya bisa segera mengurusnya dan mendapatkan uang duka sebagai mestinya.Baca Formulir Jaminan Kematian BPJS

Advertisements

Berikut ini informasi uang duka yang diberikan kepada orang tua karyawan yang telah meninggal.

Kriteria penerima uang duka untuk keluarga karyawan :

  1. Ahli waris dari karyawan yang bersangkutan dan telah dewasa, minimal usianya adalah 18 tahun.
  2. Jika ahli waris masih di bawah umur atau kurang dari 18 tahun maka santunan akan diberikan kepada orang tua korban atau yang bersangkutan.

Jumlah uang duka untuk orang tua karyawan adalah :

  1. Uang santunan sebesar Rp. 14.200.000
  2. Biaya pemakaman Rp. 2.000.000
  3. Santunan secara berkala selama 24 bulan sebesar Rp. 200.000
  4. Beasiswa untuk anak dari yang bersangkutan adalah Rp. 12.000.000

Itulah beberapa informasi uang duka atau santunan yang diberikan kepada anggota keluarganya. Nah, yang perlu Anda ketahui bahwa penerima santunan adalah ahli warisnya secara langsung.

Namun apabila ahli waris yang bersangkutan usianya belum mencapai 18 tahun maka akan diberikan haknya kepada orang tua karyawan yang bersangkutan.

Jadi yang wajib mengurus santunan uang duka adalah orang tua karyawan dengan cara datang langsung ke kantor BPJS terdekat dengan membawa semua dokumen persyaratan secara lengkap.

Untuk mendapatkan informasi dokumen persyaratan jaminan karyawan meninggal BPJS ketenagakerjaan bisa langsung bertanya kepada petugas BPJS ketenagakerjaan.Baca Tunjangan Kematian Keluarga Karyawan

Demikianlah informasi mengenai uang duka untuk orang tua karyawan yang perlu Anda ketahui.

Advertisements
error: