Tahapan Plus Cara Klaim Asuransi Mobil ACC Pemula

ACC merupakan lembaga keuangan grup Astra yang memberikan layanan kredit hingga asuransi mobil kepada nasabahnya. ACC dapat menjadi pilihan ketika mencari asuransi mobil yang terpercaya. Cara klaim asuransi mobil ACC juga tergolong mudah.

Berikut adalah tata cara klaim asuransi mobil ACC :

Siapkan dokumen atau bukti pendukung untuk melakukan klaim. Dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan klaim adalah polis asuransi mobil ACC, fotokopi KTP dan SIM, surat keterangan dari kepolisian setempat, foto mobil yang rusak (apabila memungkinkan.

Apabila klaim didasarkan kejadian kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, maka sertakan dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, SIM dan STNK, serta surat tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga (jika memang ada).

Advertisements

Setelah seluruh dokumen siap, maka ajukan klaim asuransi mobil. Saat melakukan klaim asuransi, tertanggung akan diminta untuk mengisi formulir. Klaim asuransi ini bisanya dapat dilakukan dalam waktu 3 hari seusai kejadian kehilangan atau kecelakaan.

Melebihi jangka waktu itu, maka klaim asuransi mobil akan ditolak oleh pihak ACC. Setelah pengajuan klaim, biasanya akan ada survey dari pihak ACC.

Apabila klaim asuransi lolos, maka pihak ACC akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) agar mobil diperbaiki di bengkel rekanan ACC. Tertanggung tidak direkomendasikan untuk memperbaiki mobil di bengkel yang bukan merupakan rekanan ACC.

Pada proses perbaikan ini, tertanggung dapat terus memantau perkembangan perbaikan mobilnya. Jika klaim didasari kejadian kehilangan mobil, maka akan dilakukan penanggungan resiko kehilangan mobil oleh ACC sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Ada 2 jenis perlindungan asuransi mobil yang ada di ACC, yakni :

  1. Perlindungan All Risk

Fasilitas asuransi ini memberi jaminan resiko pada mobil tertanggung, baik kerugian sebagian (partial loss) atau kerugian menyeluruh (total loss) yang disebabkan oleh peristiwa-peristiwa yang tertulis pada polis asuransi mobil.

Adapun jenis resiko yang dijamin antara lain kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh tabrakan, terbalik, tergelincir dari jalan, terbentu, perbuatan jahat orang lain, kebakaran, pencurian hingga sambaran petir.

Namun, ada beberapa resiko yang tidak dijamin oleh asuransi All Risk ini, yakni kerugian akibat penipuan, penggelapan, aktivitas berbahaya yang dilakukan pemilik mobil (balapan, mengemudi di bawah pengaruh minuman keras, menerobos lampu merah dan lain-lain), dan bencana alam.

Advertisements

Tertanggung dapat menambah resiko yang akan ditanggung oleh pihak ACC, resiko tersebut termasuk kerugian akibat peristiwa pemogokan, kerusuhan sipil, banjir, huru-hara, serta tanggung jawab hukum pada pihak ketiga.

Sebab banyaknya resiko yang bisa ditanggung oleh perlindungan All Risk, premi asuransi ini juga cenderung lebih mahal dibanding dengan asuransi Total Loss Only. Baca Ini 5 Penyebab Klaim Asuransi Ditolak Dan Gagal

  1. Perlindungan Total Lost Only

Seperti namanya, asuransi ini hanya memberikan pertanggungan resiko ketika terjadi kerugian menyeluruh, seperti kecelakaan yang menyebabkan kerusakan mobil hingga 75% dari harga kendaraan dan kehilangan akibat dicuri.

Asuransi mobil ACC ini dapat digunakan untuk 2 keperluan, yakni untuk digunakan secara pribadi atau dikomersialkan. Apa perbedaannya?

Jika digunakan secara pribadi, maka tertanggung tidak akan menerima berupa uang atau jasa dari ACC. Namun apabila kendaraan yang diasuransikan itu digunakan untuk keperluan komersial, misal disewakan, maka tertanggung akan memperoleh imbalan berupa uang atau jasa dari pihak ACC.

Selain asuransi mobil, ada beberapa jenis produk lain yang ditawarkan oleh ACC, yakni :

  1. Astra Credit Protection

Astra Credi Protection merupakan asuransi jiwa yang diperuntukkan bagi konsumen yang sedang menjalani kredit. Dengan begitu, ACC akan melunasi kewajiban angsuran konsumen jika mengalami cacat tetap atau kematian pada masa kredit tersebut.

  1. Jasa Pengurusan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)

Pengurusan STNK memang cukup memakan waktu. Layanan pengurusan STNK ini dapat menjadi solusi ketika konsumen berhalangan padahal hendak memperpanjang, mutasi atau balik nama STNK. Untuk pengurusan STNK ini, konsumen tinggal menyiapkan dokumen persyaratan dan mengunjungi kantor layanan ACC terdekat. Baca Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk untuk Pertama Kali

  1. Gadai BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor)

Selain asuransi dan pengurusan STNK, ACC juga melayani penggadaian BPKB.

Advertisements
error: