Tahapan Pinjaman Agunan Gadai Sertifikat Rumah Bank BRI (KUR)

Gadai Sertifikat Rumah Bank BRI – Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank persero yang memiliki banyak program untuk memberikan pinjaman bagi para nasabah. Nasabah bank BRI ini pun kemudian banyak mengajukan pinjaman dengan berbagai kebutuhannya karena ada banyak program yang berbeda ditawarkan.

Bagi anda yang ingi mengajukan pinjaman untuk mendukung usaha anda, maka tentu pasti akan sangat tertarik dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dimiliki bank BRI. Program ini pun dapat didukung juga dengan menggadaikan sertifikat rumah yang anda punya di bank. Jika anda masih bingung bagaimana cara mengajukannya, maka cobalah simak penjelasan di bawah ini.

Program peminjaman dari Bank BRI ada sangat banyak, bagi anda yang ingin menggadaikan sertifikat rumah misalnya tentu ada programnya sendiri. Program yang berbeda memiliki persyaratan yang berbeda dan cara yang berbeda juga untuk mengajukannya.

Advertisements

Anda yang baru pertama kali atau pemula dalam mengajukan pinjaman ke bank, tentunya membutuhkan suatu panduan untuk dapat mengajukan pinjaman dengan mudah dan tidak ada kesalahan prosedur. Apa saja panduan tersebut? Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

Panduan Pemula Gadai Sertifikat Rumah di Bank BRI (KUR)

Panduan untuk anda yang masih pemula dalam mengajukan gadai sertifikat rumah di bank BRI, maka anda sebaiknya mencermati penjelasan di bawah ini. Penjelasan di bawah ini akan membagi panduan menjadi dua bagian.

Bagian pertama akan memberikan panduan terkait persiapan syarat-syarat untuk pinjaman. Lalu untuk bagian kedua akan diberikan panduan terkait apa saja prosedur dan tahapan pinjaman yang harus anda lalui. Simak penjelasan lebih lengkap mengenai keduanya pada bagian di bawah ini. Baca Begini Tahapan Gadai Sertifikat Tanah Di Bank Mandiri Deal Terima Duit

  1. Panduan Persiapan Berkas-berkas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal yang pasti anda perlukan untuk mengajukan pinjaman adalah berkas-berkas. Ada banyak jenis berkas yang perlu anda bawa untuk mengajukan pinjaman. Berkas tersebut tidak hanya sertifikat rumah, walau memang sertifikat adalah jaminan dalam pengajuan ini.

Ada cukup banyak berkas lain yang perlu anda persiapkan dan bawa ke bank untuk mengajukan pinjaman. Berikut ini daftar dari apa saja berkas yang perlu anda siapkan:

Advertisements
  • Siapkan KTP serta Fotokopinya untuk menjadi data diri anda, jika anda sudah memiliki pasangan maka lampirkan juga fotokopi KTP pasangan anda.
  • Bagi yang sudah menikah, lampirkan buku nikah atau akte nikah untuk bukti pernikahan.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) adalah salah satu berkas yang juga harus anda siapkan.
  • Lampirkan pas foto dari suami dan istri dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar masing-masingnya.
  • Jika anda sudah bekerja, lampirkan slip gaji untuk mendukung bukti anda memiliki penghasilan untuk membayar kredit setiap waktunya. Bagi anda yang memiliki usaha dapat melampirkan surat keterangan usaha dari kelurahan.
  • Lampirkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Terakhir, lampirkan juga surat domisili tempat anda tinggal jika alamat di mana anda tinggal berbeda dengan alamat yang tertera di KTP.
  1. Panduan Persiapan Prosedur dan Tahapan

Anda sudah mengetahui apa saja syarat berkas yang harus disiapkan melalui panduan sebelumnya. Kali ini panduan akan membahas bagaimana prosedur pengajuan pinjaman gadai dapat anda lakukan. Prosedur dalam mengajukan pinjaman ini dapat anda ketahui pada tahapan berikut ini: Baca Solusi Ingin Gadai Sertifikat Tanah ke Bank Tanpa Survey

  • Pertama, dimulai dengan membawa seluruh berkas yang sudah anda siapkan ke bank BRI terdekat. Datangi bagian CSO dan sampaikan maksud anda untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah.
  • Kedua, anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan jika dibutuhkan dan mengikuti prosedur yang disampaikan di sana. Mungkin saja anda juga dapat diminta membeli materai.
  • Ketiga, setelah semua sudah dilengkapi maka anda akan diminta untuk menunggu kabar selanjutnya dalam proses ini. Kabar yang akan anda terima jika pengajuan anda sedang diproses adalah anda akan diminta untuk melalui proses interview dan survey.
  • Terakhir, setelah semua proses interview dan survey selesai maka anda akan diminta untuk melakukan tanda tangan angkat kredit. Angkat kredit akan dilakukan antara anda dan pihak bank menggunakan suatu surat perjanjian.

Tahapan Pinjaman Agunan Gadai Sertifikat Rumah Bank BRI (KUR)

Demikian tadi penjelasan lengkap mengenai dua panduan pemula gadai sertifikat rumah di bank BRI. Jika anda sudah mengajukan pinjaman dengan gadai sertifikat, maka anda dapat segera menggunakan dana yang didapatkan untuk membangun usaha. Baca Cara Meminjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan Mudah Lho

Semoga panduan di atas membuat anda menjadi lebih mudah dalam mempersiapkan proses dan prosedur untuk mengajukan pinjaman gadai sertifikat  rumah dalam waktu dekat. Selamat mencoba dan semoga permohonan pinjaman anda segera disetujui!

Advertisements
error: