Tahapan Klaim BPJS Untuk Persalinan Mudah Dan Cepat

Artikel kali ini akan membahas mengenai klaim BPJS untuk persalinan. Sistem klaim BPJS harus dilakukan sesuai dengan tahapan jenjang di fasilitas kesehatan.

Saat anda merasakan gejala dari suatu penyakit, maka anda harus terlebih dahulu mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama. Fasilitas kesehatan tingkat pertama terdiri dari puskesmas, dokter keluarga maupun klinik yang telah melakukan kerja sama dengan BPJS.

Fasilitas kesehatan terutama yang dimiliki oleh pihak swasta beberapa ada yang belum bekerja sama dengan BPJS. Namun bagi anda yang telah menjadi anggota kepesertaan BPJS baik itu instansi maupun mandiri pasti akan diberikan Kartu Indonesia Sehat.

Advertisements

Pada kartu tersebut akan tertera fasilitas kesehatan tingkat pertama yang anda pilih saat melakukan pendaftaran BPJS, pemilihan ini biasanya mempertimbangkan jarak dari rumah serta dokter langganan keluarga.

Bagaimana Dengan Ibu Hamil Yang Hendak Bersalin?

Ketika seorang ibu hamil yang merupakan anggota kepesertaan BPJS hendak bersalin, maka prosedurnya juga sama dengan pasien dengan keluhan penyakit lainnya.

Klaim BPJS memang sistemnya harus melewati jenjang dari yang tingkat paling kecil. Jika anda melangkahi, misalnya langsung ke fasilitas kesehatan tingkat dua biasanya tidak dilayani atau kadang dilayani dengan syarat dan ketentuan tertentu. Baca Melahirkan Normal Dengan BPJS

Advertisements

Lalu bagaimana tahapan klaim BPJS untuk persalinan? Mari simak ulasannya berikut ini.

  • Saat seorang ibu sudah mengalami kontraksi dapat langsung dibawa ke fasilitas kesehatan pertama yang tercetak pada Kartu Indonesia Sehatnya. Alangkah lebih baiknya jauh-jauh hari sebelum melahirkan, anda pastikan apakah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tercetak pada kartu anda memiliki fasilitas pelayanan untuk persalinan atau tidak. Jika ya, anda dapat melahirkan buah hati di fasilitas kesehatan tersebut. Jika tidak ada fasilitasnya akan langsung dirujuk ke bidan, klinik, atau puskesmas lain yang memiliki fasilitas persalinan.
  • Pastikan tidak ada indikasi medis yang diderita. Jika ada, anda harus membawa ibu yang hendak melahirkan tersebut ke rumah sakit dan dapat langsung masuk ke IGD. Tidak lupa pula meminta surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama.
  • Verifikasi data sebagai anggota aktif dari BPJS kesehatan dan dicocokkan dengan data yang ada pada sistem. Biasanya fasilitas kesehatan tingkat pertama akan merujuk pada rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS.
  • Sertai dokumen dengan identitas diri ibu yang hendak melahirkan yaitu KTP, Kartu Ibu dan Anak, KK, dan kartu BPJS yang telah difoto kopi.
  • Ibu bersalin akan tetap dilayani dan dibantu persalinannya, dan klaim BPJS pun akan segera diproses jika dokumen yang diperlukan telah lengkap serta tahapan prosedur yang anda lakukan sudah benar.

Demikian penjelasan mengenai tahapan klaim BPJS untuk persalinan. Bagi anda yang juga sedang menunggu kehadiran buah hati, dapat mempersiapkan persyaratannya mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat.

Advertisements
error: