SHARE : Apakah Bayi Baru Lahir Ditanggung BPJS??

Para pembaca sekalian, kali ini kami akan membahas tentang apakah bayi baru lahir ditanggung BPJS. Pada pembahasan sebelumnya kami pernah menyampaikan tentang bagaimana ketentuan dan prosedur dalam mendaftarkan bayi yang masih ada dalam kandungan untuk menjadi peserta layanan BPJS.

Perlu Anda ketahui bahwa peserta layanan BPJS yang dapat mendaftarkan bayinya saat masih ada dalam kandungan yaitu bayi dari orangtua peserta layanan BPJS mandiri dan juga bayi dari orangtua peserta BPJS layanan PPU yang menjadi tanggungan perusahaan, untuk anak keempat dan selanjutnya.

Peserta Layanan yang Ditanggung Oleh BPJS

Sementara untuk peserta layanan BPJS selain yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu bayi dari orangtua peserta layanan BPJS PBI.

Advertisements

Atau peserta layanan BPJS kelas III yang menjadi tanggungan pemerintah dan juga bayi dari orangtua peserta layanan BPJS PPU atau peserta layanan BPJS yang menjadi tanggungan perusahaan hingga anak ketiga, dapat mendaftarkan bayinya setelah lahir dengan waktu tenggang selama 3 x 24 jam.

Bila bayi terdaftar sesudah waktu tenggang 3 x 24 jam maka biaya untuk permasalahan medis yang mungkin dapat menimpa si bayi tak dapat ditanggung oleh BPJS. Baca Tunjangan Kematian BPJS Mandiri

Bagi peserta layanan PBI, terdapat peraturan Undang-Undang mengenai pendaftaran layanan BPJS bagi bayi yang dilahirkan oleh peserta layanan PBI mengenai apakah bayi baru lahir ditanggung BPJS.

Advertisements

Peraturan ini disampaikan pada Peraturan BPJSK no. 4/2014, Peraturan Direksi BPJSK no. 211/2014, Surat Direksi no. 11255/VII.2/2014 yang dirangkum pada Peraturan BPJSK no. 1/2015, ketentuan itu menyebutkan:

Bahwa bayi yang baru dilahirkan oleh peserta PBI bisa didaftarkan tanpa ada masa tenggang, namun si bayi menjadi peserta mandiri terkecuali kemudian didaftarkan sebagai peserta PBI berdasarkan rekomendasi Dinas Sosial untuk menjadi peserta layanan PBI nasional.

Sementara itu bagi peserta layanan mandiri untuk anak kedua dan ketiga, serta PPU untuk anak ketiga maka bayi yang baru lahir yang nantinya didaftarkan ke BPJS dengan waktu tenggang 3 x 24 jam.

Peserta Layanan BPJS yang Dapat Mendaftarkan Bayinya Setelah Lahir 3×24 Jam

Agar masalah medis yang dialami si bayi dapat ditanggung oleh BPJS maka bayi dari peserta layanan BPJS berikut ini harus mendaftarkan bayinya setelah lahir dengan tenggang sebelum 3 x 24 jam. Baca Tahapan Pendaftaran BPJS Bayi

  • Bayi peserta layanan BPJS PBI atau peserta BPJS kelas III yang ditanggung pemerintah.
  • Bayi peserta layanan BPJS PPU hingga anak ketiga atau peserta BPJS pekerja penerima upah dengan sebagian iuran menjadi tanggungan perusahaan akan tetapi khusus anak pertama, kedua dan ketiga, sebab yang ditanggung oleh BPJS PPU adalah hingga 5 orang, yaitu diri sendiri, pasangan, dan 3 orang anak.

Demikian informasi tentang apakah bayi baru lahir ditanggung BPJS, semoga bermanfaat untuk Anda sekalian dan terima kasih.

Advertisements
error: