Saya Mau Inseminasi Pakai BPJS Bisa atau Tidak?

Inseminasi Pakai BPJS – Anak merupakan anugerah terindah yang dikirim Tuhan untuk kita jaga dengan sepenuh hati.

Selain itu banyak yang berpendapat bahwa anak itu pembawa rezeki yang berlimpah. Lantas bagaimana dengan mereka yang tidak bisa atau belum dikaruniai anak? Saat ini banyak usaha yang bisa dilakukan khususnya melakukan program inseminasi.

Program inseminasi adalah sel sperma yang dengan sengaja dimasukkan ke dalam rahim atau serviks seorang wanita dengan maksud untuk memperoleh kehamilan melalui proses inseminasi selain dengan cara seksual.

Advertisements

Program ini menjadi solusi bagi pasangan suami istri yang belum juga dikaruniai anak. Untuk masyarakat yang kurang biaya dan ingin melakukan inseminasi tentu bertanya-tanya apakah inseminasi pakai BPJS bisa atau tidak.

Inseminasi Pakai BPJS Bisa atau Tidak?

Ternyata sesuai dengan surat edaran dari BPJS, jenis pemeriksaan laboratorium yang ditanggung BPJS yaitu tes darah sederhana, tes urine sederhana, tes feses, dan tes gula darah.

Di luar pemeriksaan tersebut, maka pemeriksaan lainnya tidak ditanggung BPJS. Apabila memang dibutuhkan, dokter fasilitas pertama akan merujuk ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan tingkat kedua.

Beberapa pemeriksaan tambahan selain yang telah dijelaskan tersebut bisa ditanggung BPJS di Faskes tingkat 2, demikian seterusnya secara berjenjang hingga Faskes tingkat 3.

Program Kehamilan

Mengenai tes kesuburan ataupun program hamil dengan metode inseminasi, anda bisa bertanya langsung pada fasilitas kesehatan pertama apakah untuk proses inseminasi pakai BPJS bisa atau tidak.

Advertisements

Untuk layanan BPJS, program inseminasi tidak bisa menggunakan layanan BPJS. Jika anda tidak menggunakan BPJS, anda bisa langsung periksa ke dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan penanganan serta program kehamilan yang tepat. Baca Melahirkan Normal dengan BPJS

Selain dengan program inseminasi, anda juga bisa mencoba langkah-langkah berikut ini untuk membantu mempercepat kehamilan:

  1. Berhubungan seks dilakukan teratur minimal 3-4 kali semingu.
  2. Diusahakan berhubungan seks pada masa subur.
  3. Biasakan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makan makanan bergizi dan lakukan olahraga yang teratur, akan tetapi jangan olahraga secara berlebih.
  4. Perbanyak konsumsi bayam, brokoli, kacang hijau, kentang, sereal, jeruk, pepaya, semangka, dan mangga.
  5. Mengkonsumsi asam folat.
  6. Kebiasaan tidak sehat dihentikan seperti merokok, serta minuman alkohol, mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang.
  7. Lakukan pemeriksaan kesehatan dan kesuburan.

Kenapa tidak ditanggung BPJS?

Masyarakat awam khususnya masyarakat yang tidak memiliki biaya dan ingin memiliki keturunan dengan menggunakan inseminasi kerap bertanya apakah proses inseminasi pakai BPJS bisa atau tidak.

Terkait hal tersebut, BPJS tidak mengcover program inseminasi, karena program kehamilan tersebut bukanlah suatu penyakit yang harus disembuhkan.

Selain itu program inseminasi hanya memerlukan biaya yang murah dibandingkan dengan melakukan program bayi tabung. Baca Melahirkan Caesar Dengan BPJS

Sebelum ingin melakukan inseminasi, hendaklah menabung terlebih dahulu, agar biaya yang dikumpulkan tidak terlalu berat.

Advertisements
error: