Perawatan Gigi Yang Ditanggung BPJS kesehatan Apa Saja?

Artikel kali ini akan membahas mengenai perawatan gigi yang ditanggung oleh BPJS kesehatan. BPJS kesehatan sebagai badan penyelenggara jaminan pembiayaan kesehatan di Indonesia telah berusaha semaksimal mungkin menyediakan pelayanan kesehatan yang murah bahkan gratis pada beberapa kasus penyakit tertentu.

Jenis penyakit yang ditanggung pembiayaannya sebenarnya memiliki cakupan yang luas. Mulai dari penyakit dengan indikasi medis yang berat hingga penyakit yang indikasi medisnya ringan.

Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan program Universal Health Coverage yang akan jatuh tempo pada tahun 2019 mendatang.

Advertisements

Universal Health Coverage harus menjangkau semua lini kesehatan baik itu upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Merawat Gigi itu Penting

Perawatan pada salah satu organ tubuh yang ada di mulut pun dapat diklaim oleh BPJS kesehatan loh. Gigi merupakan organ yang terletak di mulut, berfungsi untuk menghaluskan makanan sehingga lebih mudah dicerna oleh alat pencernaan. Baca Klaim Kacamata BPJS

Fungsi gigi yang sangat penting ini ternyata memiliki risiko yang cukup besar terhadap terjadinya beberapa penyakit dan keluhan. Gigi yang sehat tentunya akan mendukung penampilan anda dan dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Namun saat gigi sakit, untuk tersenyum akan terasa sangat berat apalagi untuk berbicara, malas rasanya. Tapi jangan galau dan gundah, karena perawatan gigi yang ditanggung oleh BPJS kesehatan dapat anda nikmati dengan gratis atau pada beberapa kasus mendapatkan potongan harga.

Advertisements

Apa sajakah perawatan gigi yang akan mendapat klaim dari BPJS? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Benarkah BPJS Kesehatan Akan Menanggung Biaya Perawatan Gigi?

Dalam membuat suatu kebijakan tentunya BPJS kesehatan telah melibatkan ahli di bidangnya agar tidak terjadi defisit anggaran. Biaya perawatan gigi memang akan mendapat klaim dari BPJS, tapi tidak semuanya dapat ditanggung.

Perawatan gigi yang ditanggung oleh BPJS kesehatan hanya masalah pada gigi yang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Jadi bila tujuan anda hanya untuk memperbaiki penampilan maupun untuk mempercantik diri, maka jawabannya adalah klaim anda akan ditolak oleh BPJS.

Oleh karena itu jika masalah pada gigi anda tidak ada sangkut pautnya dengan kesehatan maka sebaiknya tidak menggunakan BPJS kesehatan. Baca Kacamata yang Ditanggung BPJS

Berikut ini beberapa penyakit atau masalah pada gigi yang ditanggung oleh BPJS kesehatan.

  • Pembersihan karang gigi yang telah menumpuk pada gingivitis jangka pendek.
  • Cabut gigi bagian sulung ini biasanya dilakukan karena terjadinya suatu masalah pada syaraf ataupun akar gigi yang menyebabkan rasa sakit. Ada pula kasus gigi sulung yang berlubang parah sehingga lebih baik ditambal atau dicabut tergantung rekomendasi dari dokter gigi.
  • Keadaan gawat darurat pada gigi orto dental, misalnya karena syaraf pada gigi yang menyambung pada syaraf mata mengalami gangguan jika tidak mendapat penanganan akan mengakibatkan kebutaan.
Advertisements
error: