Peraturan BPJS Untuk Ibu Hamil,Apa Saja Yang Bisa Di Klaim

Peraturan BPJS Untuk Ibu Hamil – Kehamilan adalah saat-saat yang paling ditunggu oleh semua pasangan suami istri, ada ibu yang hamilnya cepat dan ada pula yang hamilnya lama.

Biaya untuk pasca kehamilan pastinya sangat banyak, untuk para wanita yang memang susah hamil pasti akan melakukan berbagai macam cara untuk bisa hamil misalnya dengan mengkonsumsi vitamin, minum susu, dan juga berkonsultasi ke dokter kandungan.

Jika masih dalam program untuk hamil sebaiknya anda harus mendaftar menjadi peserta BPJS supaya nantinya waktu hamil anda akan bisa menikmati layanan yang telah disediakan oleh BPJS.

Advertisements

Tentu untuk menikmati layanan tersebut harus mengikuti peraturan BPJS untuk ibu hamil, supaya nantinya tidak akan kesulitan jika menggunakan layanan BPJS ini.

Layanan BPJS Untuk Ibu Hamil

Untuk menikmati layanan BPJS khususnya untuk ibu hamil memang sedikit susah, kita harus menyiapkan beberapa berkas yang digunakan untuk memeriksakan kandungan.

Sangat tidak efektif jika dalam keadaan darurat kita harus menyiapkan semua itu. Tetapi untuk sekarang banyak rumah sakit yang sudah agak sedikit fleksibel mengenai peraturan BPJS untuk ibu hamil.

Jika memang ingin menikmati layanan BPJS kita harus selalu siap dalam setiap keadaan, maksudnya adalah selalu membawa dokumen yang dibutuhkan.

Di antaranya adalah FC kartu tanda pengenal dan aslinya, FC kartu keluarga, FC kartu BPJS, dan surat rujukan jika memang akan naik ke faskes tingkat kedua. Baca USG Menggunakan BPJS

Advertisements

Apa sajakah layanan BPJS yang bisa diklaim atau bisa dinikmati oleh para ibu hamil? Berikut adalah penjelasan singkatnya.

  • Pelayanan pemeriksaan kehamilan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi

Pada waktu masa kehamilan, kesehatan ibu dan bayi sangatlah rentan terkena penyakit. Maka dalam masa kehamilan sampai waktunya kelahiran harus rutin memeriksakan kondisi ibu hamil dan bayi.

Memang untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan tidaklah murah, sekali memeriksakan bisa mengeluarkan biaya sampai 500 ribu.

Itu memang terdengar sangat berat untuk masyarakat menengah ke bawah tapi dengan adanya BPJS semua biaya itu bisa ditanggung oleh pemerintah jika memang ibu hamil memeriksakan di faskes yang sudah terdaftar di kartu BPJS anda.

  • Layanan USG

Untuk para ibu hamil melakukan USG secara rutin memang menjadi kegiatan yang wajib dilakukan. Untuk mengetahui kondisi bayi dan untuk mengetahui perkembangan bayi secara langsung harus melakukan USG.

Jika anda tidak menggunakan BPJS anda akan dikenakan biaya sampai 700 ribu untuk sekali USG, tetapi jika anda menggunakan kartu BPJS maka anda tidak akan dikenakan biaya sedikitpun.

Tetapi anda harus paham peraturan BPJS untuk ibu hamil secara betul, jangan sampai anda mengabaikan peraturan tersebut karena anda tidak akan menikmati layanan BPJS. Baca BPJS Untuk Program Hamil Ke Bidan

Dan itulah sedikit penjelasan mengenai layanan BPJS untuk ibu hamil semoga bermanfaat.

Advertisements
error: