Optik yang Bekerjasama dengan BPJS Apa Tandanya??

Artikel kali ini akan membahas mengenai optik yang bekerjasama dengan BPJS. BPJS merupakan salah satu badan usaha milik negara yang melakukan penjaminan biaya kesehatan masyarakat Indonesia dengan Kartu Indonesia Sehat yang dikeluarkannya.

Mekanisme pelaksanaan jaminan kesehatan ini menggunakan prinsip gotong royong yang merupakan identitas Indonesia yang telah tercipta sejak zaman dahulu.

Anda diwajibkan membayar iuran BPJS selambat-lambatnya tanggal 10 setiap bulannya, namun apabila anda termasuk kepesertaan penerima upah, iuran BPJS akan otomatis terpotong dari gaji anda setiap bulannya.

Advertisements

Ketika anda menggunakan Kartu Indonesia Sehat tersebut atau tidak anda tetap harus membayarnya.

Ciri Khas Optik yang Bekerjasama dengan BPJS

Target sasaran pemerintah adalah seluruh masyarakat Indonesia terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan pada tahun 2019 yang tertuang dalam RPJM. Untuk mendukung target tersebut tentunya BPJS harus menjamin pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Oleh karena itu BPJS juga telah bekerja sama dengan FKTP seperti puskesmas, klinik pratama, rumah sakit tipe D dan masih banyak lagi, juga bekerja sama dengan FKTL misalnya klinik utama dan rumah sakit. Baca Cabut Gigi Bungsu Pakai BPJS

Selain itu BPJS juga telah menjalin kerja sama dengan 2.937 fasilitas penunjang kesehatan yaitu berupa apotek dan optik yang ada di Indonesia. Bagaimana ciri optik yang bekerjasama dengan BPJS? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Advertisements

Ketika anda hendak membeli kacamata karena adanya indikasi medis untuk menggunakan kacamata atau mengganti kacamata anda, maka anda bisa mendapatkannya dengan gratis menggunakan Kartu Indonesia Sehat.

Sebenarnya harga kacamata yang anda hendak beli harus diperhatikan harganya, bisa jadi jika melebihi harga Rp. 300.000, anda harus menambah biayanya dari dompet anda sendiri. Harga Rp. 300.000 pun untuk peserta BPJS yang membayar iuran kelas satu setiap bulannya secara rutin.

Anda harus membeli kacamata di optik yang telah bekerja sama dengan BPJS yang ditandai dengan adanya logo BPJS kesehatan pada plang toko atau identitas BPJS lainnya baik di dalam maupun di luar optik, misalnya dibanner.

Tapi biasanya pada plang nama optik akan disertai dengan kalimat optik ini telah bekerja sama dengan BPJS. Ciri optik yang bekerjasama dengan BPJS tersebut yang harus diperhatikan baik-baik agar anda dapat membeli kacamata dengan memanfaatkan subsidi dari BPJS.

Cara Mengetahui Optik yang Bekerjasama dengan BPJS

Sebelum anda pergi ke optik, tentunya anda harus membawa persyaratan berupa surat rujukan serta resep yang telah mendapat legalisir dari kantor BPJS terdekat. Baca Scalling Gigi Menggunakan BPJS

Anda biasanya telah disarankan ke optik yang telah kerja sama dengan BPJS, yang tertera pada resep yang diberikan oleh dokter spesialis mata.

Atau jika tidak ada keterangan optik mana yang harus anda datangi, anda dapat melakukan pengecekan optik yang telah kerja sama dengan BPJS melalui website di internet.

Advertisements
error: