Melihat Alur BPJS Kesehatan Operasi Mata yang Mudah

Artikel kali ini akan membahas mengenai operasi mata yang mudah menggunakan BPJS kesehatan. BPJS kesehatan sebagai pemberi jaminan pembiayaan kesehatan di Indonesia pun menerima klaim untuk pembayaran operasi.

Salah satu jenis operasi yang bisa mendapat klaim dari BPJS kesehatan adalah operasi mata. Sebenarnya semua operasi bisa mendapat klaim dari BPJS berdasarkan pedoman pelaksanaan jaminan kesehatan nasional.

Namun ada beberapa prosedural operasi yang tidak dapat tercover oleh BPJS kesehatan. Seperti yang kita ketahui bahwa biaya operasi sangat mahal, dan terdapat beberapa prosedural operasi yang tidak mampu dicover oleh BPJS.

Advertisements

Apa saja jenis operasi yang bisa mendapat klaim dari BPJS? Simak ulasan berikut ini untuk menambah informasi mengenai kesehatan yang satu ini.

Jenis Operasi yang Mendapat Klaim dari BPJS

Operasi yang bisa mendapat klaim BPJS telah diatur dalam pedoman pelaksanaan jaminan kesehatan nasional. Karena apabila tidak ada pembatasan, maka pengeluaran BPJS untuk biaya operasi saja akan membludak belum lagi dengan pasien dengan penyakit lain yang juga sama-sama memerlukan biaya. Baca Menggunakan KIS untuk Melahirkan

Berikut ini akan dipaparkan jenis operasi yang pembiayaannya dapat dicover oleh BPJS. Operasi pada organ jantung dan pembuluh darah yaitu operasi kardio dan operasi bedah vaskuler. Pada bagian alat reproduksi operasi yang dapat dicover yaitu operasi hernia, operasi kista, dan operasi caesar.

Advertisements

Alat pencernaan yang mengalami suatu indikasi medis dan dapat dicover oleh BPJS yaitu operasi bedah mulut, operasi amandel, serta operasi usus buntu. operasi kanker pun masih dapat mendapat klaim dari BPJS.

Termasuk pada organ penglihatan yaitu operasi katarak dan operasi mata yang mudah menggunakan  BPJS kesehatan. Dan masih banyak lagi jenis operasi yang dapat dibiayai oleh BPJS kesehatan, jika anda melakukan klaim dengan syarat dan prosedur yang tepat.

Bagaimana Alur Operasi Mata yang Menggunakan BPJS Kesehatan?

Saat anda mendapati keluhan pada mata anda, pergilah ke fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tertera pada Kartu Indonesia Sehat. Jangan lupa pula membawa persyaratan berupa KIS, KK, KTP agar bisa mendapat klaim dari BPJS.

Hal ini sangat penting anda bawa karena sudah menjadi prosedur yang ditetapkan oleh BPJS. Jika persyaratannya lupa anda bawa, maka BPJS tidak akan mengakui klaim dari anda dan anda harus mengeluarkan uang dari kantong sendiri untuk membayar setiap tindakan medis yang dilakukan.

Jika hasil pemeriksaan keadaan mata anda baik-baik saja dan cukup mengonsumsi obat atau menggunakan obat tetes mata saja maka anda hanya perlu melakukannya di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Baca Menggunakan Kartu KIS di Rumah Sakit

Namun apabila terindikasi adanya masalah medis pada mata anda maka perlu dilakukan suatu operasi mata di rumah sakit atau dokter spesialis mata dengan membawa surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama untuk bisa mendapatkan pelayanan operasi mata yang mudah menggunakan BPJS kesehatan.

Advertisements
error: