Melahirkan Normal dengan BPJS di Rumah Sakit , Gratis Atau Tetap Bayar?

Artikel kali ini akan membahas mengenai melahirkan normal dengan BPJS Kesehatan. Buah hati memang selalu ditunggu-tunggu oleh pasangan yang telah menikah.

Buah hati dapat menjadi penerus darah keturunan dan penambah rezeki dalam keluarga. Jika anda adalah peserta dari BPJS Kesehatan.

Ketika hendak melahirkan buah hati apakah tetap bayar atau semua biaya persalinan telah ditanggung oleh BPJS? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Advertisements

Tahapan Persalinan Via BPJS

Jika anda merupakan peserta dari BPJS Kesehatan, maka ketika hendak bersalin atau usia kandungan yang cukup tua harus segera mempersiapkan beberapa persyaratan agar persalinan anda dapat dibiayai oleh BPJS.

Anda pun harus melalui prosedur pengajuan melahirkan normal dengan BPJS Kesehatan. Penjelasan mengenai tata cara saat hendak melahirkan dengan gratis atau memanfaatkan pembiayaan BPJS kesehatan ini, yaitu :

Ketika anda hamil, anda dapat menikmati fasilitas konsultasi selama kehamilan dan melahirkan dengan BPJS Kesehatan. Apabila anda hendak menggunakan teknologi USG untuk melihat keadaan bayi maka dapat mengunjungi faskes pertama tempat kepesertaan BPJS anda di daftarkan.

Ketika di puskesmas atau klinik pratama yang anda tuju menyediakan fasilitas USG, maka anda dapat melakukan USG di tempat itu saja.

Namun apabila tidak tersedia fasilitasnya maka anda akan mendapat surat rujukan ke rumah sakit yang memiliki fasilitas USG dan menjalin kerjasama dengan pihak BPJS. Surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama harus anda bawa ketika hendak memeriksakan kehamilan dengan USG.

Advertisements

Selama kehamilan, anda mendapat fasilitas untuk melakukan USG selama maksimal tiga kali. Konsultasi dan cek USG ini untuk dapat memantau terus perkembangan bayi dan menilai apakah ada risiko atau indikasi penyakit ketika melahirkan nanti. Baca Biaya Perawatan Bayi Tanpa BPJS

Penentuan jadwal melahirkan

Kehamilan yang normal yaitu  selama sembilan bulan sepuluh hari. Maka dari itu ketika anda melakukan konsultasi dan cek USG secara gratis dapat membantu dokter dalam memprediksi waktu kelahiran.

Hal ini juga akan mempermudah anda untuk mempersiapkan hari bahagia menjelang kelahiran sang buah hati.

Saat mendekati hari-hari yang telah diperkirakan oleh dokter, keluarga terutama suami sudah menyiapkan persyaratan untuk memakai pembiayaan BPJS selama proses melahirkan.

Ketika kandungan anda normal dan tidak ditemukan adanya indikasi risiko yang berbahaya, maka anda dapat langsung pergi ke fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tertera pada kartu BPJS anda. Puskesmas atau klinik pratama itu harus memiliki fasilitas layanan bersalin.

Namun apabila tidak memiliki fasilitas layanan bersalin anda dapat langsung ke rumah bidan yang telah bekerjasama dengan BPJS dengan menunjukkan surat rujukan yang didapat saat proses konsultasi dan pemeriksaan kehamilan.

Akan lebih baik lagi jika saat anda melakukan konsultasi sekaligus bertanya kepada dokter apakah di fasilitas pertama ini menyediakan fasilitas bersalin atau tidak. Baca BPJS Bayi Baru Lahir Bagi PNS

Sehingga ketika terjadi kontraksi, ibu hamil dapat cepat dibawa dan ditangani oleh tenaga medis yang telah siap.

Demikian informasi mengenai melahirkan normal dengan BPJS Kesehatan semoga bermanfaat.

Advertisements
error: