Melahirkan Di Puskesmas Dengan BPJS, Bisa Tidak Ya??

Artikel kali ini akan membahas mengenai melahirkan di puskesmas dengan BPJS. Puskesmas merupakan salah satu jenis fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Namun fokus utama dari puskesmas yaitu pada upaya promotif dan preventif. Meskipun demikian, ada pula puskesmas yang telah memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang lengkap.

Misalnya pelayanan gizi, kesehatan ibu dan anak, farmasi, persalinan bahkan hingga dua puluh empat jam. Oleh karena itu bagi anda yang tengah mengandung buah hati dapat pula melahirkan di puskesmas.

Advertisements

Simak ulasan berikut ini untuk dapat lebih memahaminya.

Kini Anda Dapat Melahirkan Di Puskesmas Dengan BPJS.

Fasilitas kesehatan tingkat pertama terdiri dari dokter keluarga, klinik pratama, dan puskesmas. Berikut tahapan yang perlu dilakukan saat anda hendak melahirkan di puskesmas dengan BPJS.

Pada proses persalinan, prosedur pelayanan BPJS memiliki sedikit perbedaan. Hal ini dikarenakan kontraksi kehamilan yang datangnya tiba-tiba dan membutuhkan pelayanan secepat mungkin.

Jadi, saat anda hendak melahirkan anda dapat langsung mendatangi puskesmas terdekat dari rumah anda yang menyediakan fasilitas persalinan. Baca Saya Mau Inseminasi Pakai BPJS

Anda tidak perlu memperhatikan dulu fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tercantum pada Kartu Indonesia Sehat milik anda.

Meskipun anda terdaftar sebagai anggota BPJS pada kantor cabang yang berbeda tapi anda tetap dapat mengakses puskemas yang ada di daerah anda berada saat kontraksi dirasakan.

Advertisements

Maksudnya begini ketika anda terdaftar sebagai pasien BPJS kantor cabang Purwokerto, namun saat terjadi kontraksi anda sedang berada di Yogyakarta. Anda tidak perlu repot-repot kembali dulu ke Purwokerto karena hal itu dapat membuat bayi lahir duluan sebelum sampai.

Anda dapat melahirkan di puskesmas dengan BPJS tanpa perlu memperhatikan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang ada di data identitas BPJS anda.

Hal yang satu ini harus anda ingat ketika sudah terjadi kontraksi. Datangi dulu puskesmas atau klinik pratama yang bekerja sama dengan BPJS untuk proses melahirkan.

Jika anda langsung datang ke rumah sakit sebagai fasilitas kesehatan kedua, kemungkinan BPJS tidak akan mengakui klaim anda.

Sehingga anda harus membayar biaya persalinan menggunakan uang pribadi. Karena hal tersebut menyalahi ketentuan prosedur persalinan yang diklaim oleh BPJS. Baca Tambal Gigi Ditanggung BPJS

Prosedur Persalinan yang Diklaim Oleh BPJS

  • Wanita yang hendak melahirkan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan, jika tidak ada indikasi medis yang dapat mengancam nyawa ibu dan anak maka persalinan dapat dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas dan klinik.
  • Apabila terdapat indikasi medis, maka fasilitas kesehatan tingkat pertama harus segera membuat surat rujukan ke rumah sakit.
  • Jika fasilitas tingkat pertama tidak memiliki fasilitas layanan persalinan maka dapat dirujuk ke bidan yang telah bekerjasama dengan BPJS ataupun bila sama sekali tidak ada maka baru boleh dirujuk ke rumah sakit.
Advertisements
error: