Melahirkan Dengan BPJS Kelas 2, Apakah Masih Kena Biaya??

Artikel kali ini akan membahas mengenai biaya melahirkan dengan BPJS kelas 2. Pada BPJS terdapat pembagian kelas yang merupakan pelayanan kelas kamar yang akan diberikan ketika anda terpaksa harus menjalani rawat inap di fasilitas kesehatan.

Sebenarnya perbedaan tingkatan kelas ini dimaksudkan untuk menyesuaikan iuran BPJS setiap bulannya dengan penghasilan anda.

Jangan sampai niatnya membayar asuransi tapi malah mengurangi uang makan yang nantinya malah membuat tubuh anda sakit. Jadi, perbedaan kelas ini dibuat berdasarkan besarnya iuran yang dibayarkan oleh setiap individu.

Advertisements

Tapi pada profesi PNS, TNI/Polri dan yang sejenisnya pembagian kelas dibuat berdasarkan pangkat atau golongan yang kini disandang. Hal ini juga dilakukan untuk menyesuaikan dengan pendapatan perbulan yang didapat, serta banyaknya jumlah tanggungan dalam keluarga.

BPJS memang suatu jaminan yang dibuat untuk mengcover biaya sakit seorang individu. Selain itu juga dapat digunakan untuk membiayai biaya persalinan.

Apakah kelas dalam BPJS akan mempengaruhi saat proses melahirkan? Apakah semakin rendah jenis kelasnya maka akan ada penambahan biaya lagi ketika melahirkan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Apakah Biaya Saat Melahirkan Tergantung Kelas dalam BPJS?

Sebenarnya kelas dalam BPJS hanya digunakan saat menentukan kamar rawat inap setelah melahirkan. Misalnya pada kartu BPJS anda tercantum peserta BPJS kelas 2 maka anda akan menjalani perawatan rawat inap di kamar kelas 2. Baca Peraturan BPJS Untuk Ibu Hamil

Advertisements

Namun dalam hal pelayanan dalam selama proses melahirkan semua kelas akan diberi fasilitas yang sama, baik itu persalinan yang normal maupun melalui operasi caesar. Saat anda melahirkan dengan BPJS kelas 2 pun anda masih dapat menikmati fasilitas pelayanan konsultasi dan pemeriksaan kehamilan secara gratis.

Anda juga dapat melakukan pemeriksaan USG sebanyak satu kali dengan gratis, namun anda harus mendapatkan surat rekomendasi atau rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama untuk dapat melakukan USG.

Jika hanya keinginan pribadi anda sendiri untuk melakukan USG maka biayanya harus anda tanggung sendiri. BPJS juga memberikan kesempatan bagi anda untuk melahirkan anak tanpa memperhitungkan jumlah anak yang telah anda lahirkan sebelumnya.

BPJS akan bersedia melakukan klaim bagi semua wanita peserta BPJS di Indonesia yang mengikuti tahapan prosedur klaim BPJS dengan baik dan benar saat melahirkan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan angka kematian pada ibu dan bayi yang masih cukup tinggi di Indonesia.

Apakah Jika Naik Kelas Kamar Akan Dikenakan Biaya Tambahan?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah ya. Misalnya anda melahirkan dengan BPJS kelas 2 kemudian anda ingin mendapatkan fasilitas kamar rawat inap kelas VIP yang hanya terdiri dari satu orang tiap kamarnya, maka anda harus membayar biaya tambahan. Baca Melahirkan Normal Dengan BPJS

Kami menyarankan anda untuk tidak melakukan naik kelas karena biaya tambahan ini bukan hanya pada biaya kamar, namun biaya melahirkan yang telah anda lakukan pun akan dikenai biaya tambahan.

Advertisements
error: