Lihat Masa Tenggang Pegadaian Jangan Sampai Kena Denda

Masa Tenggang Pegadaian – Bantuan pinjaman dana adalah suatu solusi saat anda sangat membutuhkan dana namun tidak memiliki sejumlah dana tersebut. Pinjaman tentu dapat diajukan ke berbagai lembaga keuangan seperti bank dan pegadaian, atau dapat juga mengajukan ke perorangan. Akan tetapi, pengajuan pinjaman ke lembaga keuangan tentu lebih direkomendasikan.

Alasannya adalah karena standar operasional dan pelaksanaan yang sudah baku di dalamnya. Standar dan aturan dalam peminjaman dana biasanya mencakup informasi mengenai berapa dana maksimal yang dapat dipinjam, berapa besar bunga pinjaman, berapa lama waktu pinjaman, dan toleransi waktu pembayaran atau masa tenggang.

Anda yang meminjam pada pegadaian tentu ingin mengetahui informasi tersebut secara lengkap. Khususnya informasi mengenai berapa lama masa tenggang untuk melakukan pembayaran di pegadaian. Anda tentu seringkali merasa sulit membayar tagihan pada batas waktu yang diberikan. Sehingga anda membutuhkan waktu tambahan untuk dapat membayar tagihan yang diberikan.

Advertisements

Waktu untuk membayar tagihan biasanya pada pegadaian diberikan hingga 3 bulan sebelum jatuh tempo. Jika sudah lewat jatuh tempo maka barang yang anda gadai dapat dianggap tidak ditebus dan menjadi hak milik pegadaian.

Sangat disayangkan bukan jika barang yang anda gadai untuk sejumlah uang ternyata tidak dapat anda miliki lagi. Itulah mengapa anda harus segera membayar tagihan.

Ketentuan Mengenai Berapa Lama Masa Tenggang Pegadaian untuk Pembayaran Tagihan

Ternyata jika anda belum membayar hingga tanggal jatuh tempo yang diberikan di awal pinjaman, anda masih mungkin dapat menebus barang gadai pada masa tenggang. Informasi mengenai masa tenggang ini yang belum terlalu jelas dipahami oleh masyarakat.

Bahkan ada sebagian masyarakat yang tidak mengetahui bahwa ada masa tenggang dari pinjaman yang dilakukannya. Itulah mengapa pada bagian di bawah ini akan dijelaskan beberapa ketentuan terkait masa tenggang pembayaran di pegadaian.

  • Masa Tenggang Berlaku Sejak Tanggal Jatuh Tempo Lewat Hingga Tanggal Pelelangan

Ketentuan yang paling banyak ditanyakan adalah masa tenggang pegadaian sampai berapa hari. Hal mengenai lama masa tenggang dalam hari ini sebenarnya tidak bisa ditentukan. Alasannya adalah karena masa tenggang terhitung mulai dari satu hari sejak tanggal jatuh tempo hingga tanggal pelaksanaan pelelangan selanjutnya. Baca 3 Hari Kerja Mengajukan Pinjaman Dengan Jaminan Sertifikat Di Pegadaian

Advertisements

Tentu anda akan memiliki masa tenggang yang lebih lama, ketika tanggal jatuh tempo anda adalah tanggal di mana baru saja pelelangan dilakukan. Namun masa tenggang pun menjadi sangat pendek ketika beberapa hari kemudian sudah ada tanggal pelelangan.

  • Menebus Barang di Masa Tenggang Memiliki Perhitungan Tertentu

Jadi anda hanya dapat menebus barang gadai di masa tenggang setelah tanggal jatuh tempo. Tentunya saat anda menebusnya anda akan dikenakan perhitungan tertentu seperti besar dana yang anda pinjam, besar bunga, dan bunga tambahan karena lewat tanggal jatuh tempo. Ketentuan ini juga yang sering tidak diketahui oleh masyarakat.

Sehingga saat menebus barang gadai di masa tenggang anda sebaiknya menyiapkan sejumlah uang lebih dari tagihan yang anda ketahui dan perhitungkan sebelumnya. Sangat mungkin anda akan memiliki tagihan tambahan.

  • Barang yang Masuk Tanggal Pelelangan, Artinya Sudah Hak Milik Pegadaian

Lalu bagaimana jika tanggal jatuh tempo sudah lewat begitu juga dengan masa tenggang? Masa tenggang yang telah habis artinya adalah barang sudah memasuki tanggal pelelangan. Setelah barang memasuki tanggal pelelangan anda tidak lagi dapat menebus barang ini. Jika anda ingin memilikinya kembali, maka caranya adalah melalui proses pelelangan.

Selain itu, jika barang terjual bukan pada anda hal ini tidak menjadi masalah dan sudah ada aturan hukumnya. Barang gadai yang sudah masuk tanggal pelelangan sudah menjadi hak milik dari pegadaian bukan anda lagi.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai masa tenggang pegadaian yang banyak ditanyakan dalam masyarakat. Setelah membaca penjelasan di atas, maka anda sudah dapat mengetahui bahwa anda masih dapat menebus barang gadai yang sudah lewat tanggal jatuh tempo pembayaran, jika masih sesuai dengan ketentuan yang ada. Baca Lihat Tanggal Merah Hari Libur Pegadaian Buka Atau Tutup

Lalu anda juga sudah dapat mengerti bahwa setelah melewati masa tenggang maka barang gadai sudah bukan hak milik anda lagi. Jadi pastikan untuk membayar tagihan tepat waktu dan tidak kehilangan barang berharga anda!

Advertisements
error: