Lihat Kisaran Biaya Asuransi Mobil Per Tahun

Saat mendaftarkan mobil pada layanan asuransi, tentu ada biaya yang harus dibayarkan per tahunnya. Biaya itu disebut dengan premi asuransi. Premi asuransi merupakan kewajiban tertanggung kepada perusahaan asuransi. Berapakah biaya asuransi mobil per tahun?

Biasanya, biaya asuransi mobil per tahun ini tergantung pada beberapa hal, seperti jenis asuransi, jenis nomor plat mobil, tahun mobil, nilai mobil serta perluasan asuransi.

Ada 2 jenis asuransi mobil, yakni Total Loss Only dan All Risk. Biasanya biaya asuransi mobil All Risk lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi Total Loss Only.

Advertisements

Ini dikarenakan asuransi mobil All Risk menanggung lebih banyak resiko, mulai dari kecelakaan, benturan, kebakaran hingga pencurian. Sedangkan asuransi Total Loss Only hanya menanggung kerusakan mobil jika taksiran kerusakannya adalah 75% dari nilai mobil. Baca Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk untuk Pertama Kali

Jika nasabah ingin perusahaan asuransi dapat menanggung lebih banyak jenis resiko, maka dapat mengajukan perluasan resiko. Perluasan resiko yang dapat dipilih biasanya meliputi gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, tanah longsor, terorisme dan sabotase, serta huru hara dan kerusuhan. Namun tentu, premi asuransi degan perluasan resiko ini akan menjadi lebih mahal lagi.

Tiap perusahaan asuransi memiliki biaya asuransi mobil yang berbeda-beda. Contohnya adalah perusahaan asuransi Sinarmas. Secara umum, premi asuransi mobil Sinarmas adalah sebagai berikut :

  1. Untuk perlindungan All Risk, jika harga mobil di atas Rp 500 juta, maka preminya adalah 2,5% dari harga mobil. Sedangkan jika harga mobil kurang dari Rp 500 juta, maka preminya adalah 3,25% dari harga mobil.

  2. Untuk perlindungan Total Lost Only, premi asuransinya adalah 1,5% dari harga mobil.

Itulah contoh perhitungan biaya atau premi asuransi yang ada di Sinarmas. Tentu premi tersebut bisa berubah nilainya tergantung kondisi-kondisi yang diinginkan oleh nasabah, contohnya apabila nasabah menginginkan perluasan asuransi. Baca Ini 5 Penyebab Klaim Asuransi Ditolak Dan Gagal

Dari persentase biaya asuransi di atas, dapat diperkirakan biaya asuransi yang harus dibayarkan oleh nasabah. Perhitungannya adalah sebagai berikut :

Advertisements

Semisal nasabah memiliki mobil yang ingin diasuransikan dengan harga Rp 400 juta. Jika menggunakan ketentuan dari Sinarmas, maka biaya yang harus dibayarkan nasabah tiap tahunnya adalah :

Premi / biaya asuransi = Rp.400.000.000 x 3,25% = Rp.16.250.000

Maka, biaya asuransi yang harus dibayarkan oleh nasabah tiap tahunnya adalah senilai Rp.16.250.000. Perlu diingat bahwa perhitungan tersebut adalah simulasi secara sederhana saja. Untuk mengetahui premi asuransi secara akurat, nasabah dapat melakukan perhitungan simulasi biaya asuransi secara online di website perusahaan asuransi yang dikehendaki.

Biasanya tiap perusahaan asuransi sudah memiliki kalkulator simulasi premi. Contohnya adalah Sinarmas yang dapat diakses di alamat ini. Pada kalkulator simulasi itu, nasabah tinggal memasukkan data seperti nomor polisi mobil, merk, tipe mobil, tahun mobil, penggunaan, harga kendaraan, harga pertanggungan, jenis asuransi, dan lain-lain.

Itulah informasi mengenai biaya asuransi mobil per tahunnya. Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih asuransi adalah premi asuransi ini. Jangan sampai nasabah menjadi kewalahan membayarkan premi asuransi karena salah memilih.

Untuk menghindari hal tersebut, maka lakukan riset untuk menemukan perusahaan asuransi mobil terpercaya dengan premi paling ringan. Jangan lupa untuk melakukan perencanaan keuangan yang baik. Perlu diketahui bahwa umumnya asuransi mobil berlaku hanya 1 tahun.

Dengan begitu, jika di tahun berikutnya nasabah ingin memperpanjang asuransi, maka harus memperpanjang polis serta membayarkan premi asuransi tahun berikutnya itu. Baca Tahapan Plus Cara Klaim Asuransi Mobil ACC Pemula

Prosedur perpanjangan polis asuransi mobil tergolong mudah, yakni :

  1. Mendatangi cabang perusahaan asuransi atau melakukan perpanjangan melalui aplikasi. Saat ini ada beberapa perusahaan asuransi mobil yang memiliki aplikasi yang salah satunya dapat digunakan untuk perpanjangan polis asuransi.
  2. Setelah pengajuan perpanjangan, akan ada surveyor yang melakukan survey pada kendaraan yang akan diperpanjang polis asuransinya.
  3. Kemudian, tertanggung harus membayarkan premi asuransi. Pembayaran ini biasanya dapat dilakukan melalui transfer.
  4. Biasanya perusahaan asuransi akan meminta tetanggung melengkapi dokumen yang diperlukan untuk perpanjangan polis asuransi,
  5. Setelah itu, barulah polis asuransi yang baru dibuat dan diterima oleh tertanggung.
Advertisements
error: