Klaim Kacamata BPJS Berapa Tahun Sekali ?

Artikel kali ini akan membahas mengenai waktu klaim kacamata BPJS. BPJS memiliki prosedur tertentu dalam pengajuan klaim. Anda harus memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh BPJS agar klaim anda dapat diakui.

Begitu pula dengan klaim kacamata. Sebenarnya berapa dana yang dianggarkan oleh BPJS dalam mengcover biaya pembelian kacamata? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Biaya yang Dianggarkan Oleh BPJS Untuk Klaim Kacamata

Pembuatan anggaran dalam pembelian kacamata yang dapat diklaim oleh BPJS memperhatikan beberapa faktor.

Advertisements

Anda harus memperhatikan harga kacamata yang hendak anda beli di optik yang telah bekerja sama dengan BPJS. Pembelian kacamata ini pun berdasarkan resep dari dokter spesialis mata. Kisaran harga kacamata yang dapat anda beli harus memperhatikan kelas anda dalam pembayaran BPJS.

Untuk peserta kelas satu anggaran untuk beli kacamatanya yaitu Rp. 300.000, sedangkan untuk peserta kelas dua sebesar Rp. 200.000 serta peserta kelas tiga sebanyak Rp. 100.000.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Anda Hendak Membeli Kacamata dengan BPJS

Beberapa hal ini yang harus anda perhatikan ketika hendak membeli kacamata agar bisa mendapat klaim dari BPJS. Baca Scalling Gigi Menggunakan BPJS

Jangan sampai niatan anda untuk mengganti kacamata menjadi baru dengan memanfaatkan BPJS justru malah membuat anda tekor dengan mengeluarkan dana dari kantong sendiri.

Advertisements
  • Waktu pembelian

Anda perlu memperhatikan waktu terakhir anda membeli kacamata dengan memanfaatkan fasilitas BPJS.

Jangka waktu klaim kacamata BPJS yaitu dua tahun sekali, jadi jika anda masih mempunyai kacamata yang layak pakai usahakan dipertahankan dulu saja sampai jangka waktu yang ditetapkan oleh BPJS berakhir.

  • Ukuran lensa pada kacamata

BPJS menetapkan syarat dan ketentuan lain dalam hal ukuran lensa yang bisa mendapat klaim dari BPJS. Ukuran lensa yang ditanggung oleh BPJS yaitu lensa spheris minimal memiliki ukuran 0,5 dioptri sedangkan jika mata anda silindris ukuran minimal lensanya yaitu 0,25 dioptri.

Oleh karena itu penting bagi anda membawa resep dari dokter spesialis yang telah bekerja sama dengan BPJS. Hal tersebut juga menjadi prosedur wajib untuk mendapatkan klaim kacamata dari BPJS.

  • Merawat kacamata dengan baik dan benar

Alasan pada poin pertama harus membuat anda lebih berhati-hati sehingga dalam jangka waktu klaim kacamata BPJS yang telah ditetapkan sehingga kacamata anda masih mampu bertahan. Baca Cabut Gigi Ditanggung BPJS

Cara yang kami sarankan yaitu ketika kacamata tidak digunakan harus disimpan pada tempatnya khusus. Umumnya masalah yang sering terjadi pada para pengguna kacamata adalah patahnya frame kacamata hingga mengakalinya dengan cara memberikan lem ataupun selotip.

Cara lainnya yaitu dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A untuk dapat menjaga kesehatan mata.

Advertisements
error: