Ketahui Apakah Pegadaian Buka Hari Sabtu Dan Minggu

Pegadaian adalah lembaga pemberi bantuan keuangan berupa pinjaman dengan menggunakan jaminan gadai. Itulah mengapa nama lembaga ini adalah pegadaian yang diambil dari kata gadai, sebagai tempat di mana anda bisa menggadai. Anda harus menggadaikan sesuatu (aset) untuk dapat mengambil pinjaman dana.

Jadi ketika anda sedang membutuhkan dana mendesak dan ingin mengajukan pinjaman ke pegadaian, bawalah bersama dengan anda aset yang akan digadai. Anda bisa datang ke pegadaian di jam kerjanya. Namun memang kebutuhan dana seringkali terjadi tidak diduga-duga.

Bisa saja anda membutuhkan dana untuk kejadian mendadak seperti melahirkan, kecelakaan, dan sakit. Tentu kejadian mendadak seperti itu tidak dapat anda ketahui tanggal dan waktunya. Lalu bagaimana jika terjadi di hari Sabtu dan Minggu, di mana kebanyakan kantor libur? Apakah anda tetap bisa mengajukan pinjaman ke pegadaian di hari Sabtu dan Minggu pasti adalah pertanyaan yang paling ingin anda ketahui jawabannya.

Advertisements

Tentu seperti kantor lainnya, pegadaian pun memiliki jam kerja. Di luar jam kerja tidak dapat mengajukan pinjaman dan datang ke kantor ini. Walau jumlah pegadaian banyak tersebar di masyarakat, hal ini seakan-akan tidak dapat membantu jika anda butuh dana mendadak di hari Sabtu dan Minggu.

Benarkah tidak ada pegadaian yang buka di hari Sabtu dan Minggu? Lalu jika memang ada, apakah pegadaian buka hari Sabtu – Minggu ini memang benar adanya dan di mana saja? Baca 3 Hari Kerja Mengajukan Pinjaman Dengan Jaminan Sertifikat Di Pegadaian

Pegadaian Buka Hari Sabtu, Tapi Libur Hari Minggu

Sebagai salah satu  lembaga keuangan resmi yang dinaungi oleh pemerintah, pegadaian tentu menganut jam kerja seperti kantor-kantor pada umumnya. Pegadaian secara umum memiliki hari buka dari Senin – Jumat. Sedangkan untuk jam buka mulai dari 5 hari kerja ini adalah mulai dari pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB. Hampir seluruh pegadaian menggunakan jam kerja seperti ini.

Lalu bagaimana jika ada dari anda yang ingin mengajukan pinjaman di hari Sabtu dan Minggu? Apakah pegadaian buka hari Sabtu – Minggu ini bisa anda temukan keberadaannya? Berdasarkan sumber dari pegadaian pusat, ada beberapa pegadaian yang besar dengan jumlah peminat yang banyak ada yang buka hari Sabtu. Akan tetapi tidak banyak jumlah pegadaian yang buka hari Sabtu.

Pegadaian yang buka hari Sabtu memiliki jam kerj pun hanya setengah hari, yaitu mulai dari jam 08.00 WIB pagi sampai jam 12.00 WIB siang saja. Jadi jika memang anda sangat membutuhkan dana di hari Sabtu, masih ada kemungkinan untuk anda mengajukannya di jam tersebut. Akan tetapi untuk hari Minggu tidak ada pegadaian yang buka. Hal ini bisa dipastikan karena memang hari Minggu adalah hari libur satu-satunya yang dimiliki.

Advertisements

Hari Minggu adalah hari libur nasional dan pastinya tidak ada pegadaian yang buka. Walaupun ada satpam dan pekerja yang masuk untuk menyelesaikan pekerjaannya, hal ini tidak berlaku untuk proses pengajuan pinjaman. Baca Begini Cara Menghitung Sistem Jatuh Tempo Pegadaian Per Bulan

Pengajuan pinjaman ini tidak dapat digunakan karena memang berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) tidak ada pelayanan pinjaman di luar hari kerja. Anda pun diketahui tidak dapat mengajukan pinjaman di jam istirahat. Jam istirahat dari pegadaian diketahui adalah jam 12.00 WIB sampai 13.00 WIB, tidak berlaku di hari Sabtu.

Cara Menyiapkan Pengajuan Pegadaian di Hari Sabtu

Anda kini sudah mengetahui bahwa ada pegadaian yang buka hari Sabtu, namun pasti tutup di hari Minggu. Hanya saja anda belum mengetahui pegadaian mana yang ada di sekitar anda yang buka di hari Sabtu bukan.

Tentunya anda perlu mengetahui pegadaian mana saja yang buka di hari Sabtu untuk dapat melakukan pinjaman di waktu-waktu yang mendadak. Oleh sebab itulah berikut ini beberapa cara menyiapkan pengajuan pinjaman ke pegadaian yang mungkin akan anda lakukan di hari Sabtu.

  • Persiapkan aset yang akan anda gadaikan. Aset ini dapat berupa emas, BPKB, ataupun sertifikat. Anda perlu menyiapkannya sewaktu-waktu anda mendadak harus ke pegadaian.
  • Persiapkan fotokopi KTP sebagai tanda data diri yang nantinya akan anda tinggalkan di pegadaian sebagai bukti. Fotokopi beberapa banyaknya agar anda selalu memiliki cadangan di waktu-waktu mendesak.
  • Cari pegadaian yang buka hari Sabtu melalui aplikasi Google Maps, cukup ketikkan pegadaian dan anda bisa memeriksa pada jam buka. Pilih pegadaian yang buka di hari Sabtu berdasarkan panduan ini.
  • Datangi pegadaian yang sudah anda ketahui buka di hari Sabtu sesuai dengan jam buka dan ajukan pinjaman anda.

Baca Lihat Masa Tenggang Pegadaian Jangan Sampai Kena Denda

Berikut tadi penjelasan mengenai apakah pegadaian buka hari Sabtu – Minggu, juga bagaimana anda dapat menyiapkan pegadaian untuk dapat mengejarnya di waktu mendadak. Ternyata ada pegadaian yang tetap buka hari Sabtu, namun tidak banyak ditemukan. Jadi menyiapkan pengajuan dari jauh-jauh hari adalah hal yang tepat untuk anda lakukan.

Advertisements
error: