Jika Menggadaikan IJAZAH Di Pegadaian Bisa Tidak Sebenarnya

Menggadaikan IJAZAH Di Pegadaian – Gadai adalah upaya yang banyak dilakukan masyarakat ketika mendadak membutuhkan bantuan dana, akhirnya menjadikan asetnya sebagai jaminan pinjaman. Upaya untuk mengajukan pinjaman dengan gadai diketahui membutuhkan suatu aset.

Aset ini yang berbeda-beda dan harus anda ketahui apa yang anda miliki untuk menjadi aset. Bagi anda yang memiliki rumah dengan sertifikat, maka sertifikat tersebut dapat menjadi aset untuk gadai. Begitu juga jika anda memiliki BPKB kendaraan bermotor, pun juga bisa emas. Apapun aset anda dapat anda jadikan jaminan dan datangi pegadaian segera.

Pegadaian adalah lembaga yang memungkinkan untuk menerima pengajuan gadai dengan aset yang anda miliki. Jadi ketika anda memiliki aset dan ingin menggadaikannya, maka cobalah anda datangi pegadaian untuk menjadikannya jaminan.

Advertisements

Lalu bagaimana jika anda tidak memiliki sertifikat rumah, BPKB, ataupun emas? Apa aset yang bisa anda gadaikan? Banyak orang menyatakan bahwa pegadaian menerima ijazah sebagai jaminan, benarkah bisa?

Tidak Bisa Menggadaikan Ijazah di Pegadaian, Apa Alternatifnya?

Jawaban atas pertanyaan menggadaikan ijazah di pegadaian bisa atau tidak adalah tidak bisa. Pegadaian tidak lagi menerima ijazah sebagai jaminan untuk mendapatkan jaminan peminjaman uang. Alasannya adalah untuk meminimalisir resiko yang mungkin timbul dari penggadaian ijazah oleh penggadai dan juga pegadaian yang menerima gadai. Baca Ini 5 Bank Gadai Sertifikat Proses Cepat Hanya 3 Hari Kerja

Sebelumnya, memang sempat diperbolehkan untuk menggadai ijazah jika memenuhi kriteria tertentu. Jika anda penasaran apa saja syarat dulu saat masih diperbolehkan menggadai ijazah, maka simak penjelasan di bawah ini:

Persyaratan:

  • Ijazah maksimal usianya 3 tahun di tahun mengajukan pinjaman. Misal anda mengajukan pinjaman di tahun 2018, maka anda harus menggadaikan ijazah yang terbit tahun 2015 maksimalnya.
  • Pemohon pinjaman harus berusia 21 tahun dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Besar pinjaman maksimal adalah Rp1.000.000.
  • Pinjaman harus dibayar dengan besar bunganya.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa saja persyaratan untuk gadai ijazah sebelumnya di pegadaian. Namun setelah tidak ada lagi pinjaman dengan menggunakan jaminan ijazah ini, akhirnya mungkin anda bingung bagaimana jika anda ingin mengajukan pinjaman.

Anda tidak memiliki aset berharga seperti sertifikat, BPKB, ataupun emas. Ijazah pun saat ini tidak bisa lagi digadaikan di pegadaian. Lalu apa alternatif pinjamannya? Ternyata untuk anda yang bekerja dan tidak memiliki aset yang disebutkan di atas anda sekarang dapat membawa KTP saja ke pegadaian.

Sangat mudah menggadaikan KTP sebagai jaminan di pegadaian, namun memang prosedurnya tidak seperti gadai sebelumnya. Ada beberapa prosedur yang perlu anda lengkapi dan lalui untuk melakukannya.

Advertisements

Cobalah simak penjelasan di bawah ini untuk mencari tahu apa saja prosedur peminjaman alternatif dari gadai ijazah.

Prosedur Pinjaman di Pegadaian Alternatif Gadai Ijazah:

Anda dapat mengganti prosedur gadai ijazah dengan menggunakan KTP dan surat keterangan kerja. Hal ini menjelaskan bahwa walau anda tidak memiliki ijazah, cobalah anda gunakan KTP yang dilengkapi dengan surat keterangan kerja atau memiliki usaha. Baca Solusi Ingin Gadai Sertifikat Tanah ke Bank Tanpa Survey Ke Lokasi

Mengapa syarat ini diperlukan? Alasannya adalah karena pihak pegadaian perlu mengetahui jaminan selain KTP untuk anda dapat membayar cicilan pinjaman. Jika anda memiliki kedua syarat tersebut, maka cobalah anda simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui prosedur peminjamannya.

  1. Persiapan Berkas untuk Pengajuan Pinjaman

Pertama, anda harus menyiapkan apa yang menjadi persyaratan dalam mengajukan pinjaman. Seperti dijelaskan sebelumnya anda dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Tapi anda harus memiliki pekerjaan atau usaha sebagai jaminannya.

  1. Datangi Pegadaian Terdekat

Jika anda memenuhi persyaratan tersebut, maka datangilah pegadaian terdekat. Ajukan pinjaman dengan mendatangi pegadaian dan masukan seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Sampaikan juga besar pinjaman yang anda butuhkan.

  1. Isi Formulir Permohonan Pinjaman

Saat anda sudah ada di pegadaian, biasanya anda akan diminta mengisi formulir permohonan pinjaman. Ada beberapa informasi yang harus anda lengkapi dalam formulir itu. Jadi anda harus mengisinya dengan lengkap.

Tonton Video Di Bawah

  1. Proses Pencairan Pinjaman Selesai

Setelahnya, proses pencairan pinjaman yang anda ajukan akan segera diproses. Pinjaman akan cair dan dapat anda gunakan untuk kebutuhan dana.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apakah menggadaikan ijazah di pegadaian bisa atau tidak. Jawabannya sudah dijelaskan bahwa sebelumnya memang bisa. Namun beberapa waktu belakangan ini sudah tidak bisa lagi. Baca Begini Cara Meminjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan Mudah Lho

Anda dapat mengajukan kredit tanpa agunan di pegadaian dengan dilengkapi surat keterangan kerja atau surat keterangan memiliki usaha. Jadi pastikan untuk mencoba meminjam menggunakan KTP dan surat keterangan kerja dan usaha untuk mencoba mengajukan pinjaman di pegadaian.

Advertisements
error: