Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Bilyet Giro?

Membawa uang dalam jumlah besar bukanlah sesuatu yang mudah. Kita dituntut untuk waspada jikalau sewaktu-waktu uang yang kita bawa itu dirampas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Membawa uang dalam jumlah besar memang tidak disarankan karena rawan kejahatan.

Melihat hal ini sering terjadi di kalangan masyarakat membuat Bank di Indonesia kemudian mengeluarkan suatu produk bank yang bernama Giro.

Apa itu Giro? Giro adalah salah satu produk bank yang berbentuk simpanan dimana penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek atau surat perintah pembayaran lain (buku giro). Penarikan Giro juga bisa dilakukan dengan cara pemindah bukuan.

Advertisements

Giro sangat cocok bagi Anda yang sering kerepotan ketika membawa uang dalam jumlah besar karena sistem Giro ini hampir sama dengan Cek. Ketika Anda membutuhkan dana maka Anda bisa langsung menuliskan berapa jumlah nominal dana yang Anda butuhkan. Setelah itu Anda dapat memerintahkan Bank untuk kemudian dikirimkan kepada pihak penerima dana.

Giro ini sama seperti menabung. Bedanya jika menabung yang dapat mengambil uang tabungan tersebut hanya diri kita sendiri, tetapi tidak halnya dengan Giro. Giro dapat dipindahbukukan dari nasabah satu ke nasabah yang lainnya.

Apakah menyimpan uang dalam bentuk Giro akan mendapatkan suku bunga? Ketika kita menyimpan uang dalam bentuk Giro di bank, maka tentu saja kita akan mendapatkan suku bunga. Akan tetapi suku bunga yang akan didapatkan tidak sebesar atau sebanyak suku bunga dari tabungan bentuk lainnya. Karena itulah mengapa Giro tidak cocok untuk dijadikan sebagai media untuk berinvestasi.

Advertisements

Di dalam Giro ada yang namanya Bilyet Giro. Apa sih yang dimaksud dengan Bilyet Giro? Bilyet Giro merupakan surat perintah pemindahbukuan dari nasabah suatu bank kepada Bank yang bersangkutan yang tujuannya untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima.

Di dalam Bilyet Giro tercantum nama Bilyet Giro, nomor Bilyet Giro, nama tertarik, perintah yang jelas, nama rekening pemegang, nomor rekening pemegang, nama bank penerima, jumlah dana yang dipindahkan, tempat penarikan, tanggal penarikan, tanda tangan, nama, serta cap atau stempel dari pihak Bank.

Penggunaan Bilyet  Giro tentu saja ada kelebihan dan kelemahan. Apa saja kelebihan dari Bilyet Giro? Beberapa kelebihan dari Bilyet Giro diantaranya dapat menjaga uang dari perampokan dan perampasan, tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang besar, dan masih banyak lagi kelebihan dari Bilyet Giro.

Selain kelebihan, Bilyet Giro juga memiliki kelemahan, diantaranya Bilyet Giro tidak dapat langsung dicairkan secara tunai tetapi harus menunggu waktu yang tidak terlalu lama.

Sebenarnya jika kita bisa memanfaatkan Bilyet Giro dengan benar maka kita akan merasakan keuntungannya. Walaupun Giro tidak menghasilkan suku bunga yang besar, tetapi jika bermanfaat bagi diri kita sendiri mengapa tidak digunakan.

Advertisements
error: