Ini Lho Tanda Rumah Sakit Bersalin Yang Menerima BPJS 2018

Mendaftar menjadi peserta BPJS memang bukan hal yang sulit karena kita tinggal datang ke kantor BPJS di kota anda.

Lakukan semua proses pendaftarannya dan jangan lupa memilih faskes yang dekat dengan rumah anda. Setelah proses pendaftaran selesai, anda akan diberi nomer BPJS dan harus dibayarkan dalam waktu satu minggu, dan anda akan disuruh kembali lagi ke kantor BPJS untuk mengambil kartu BPJS anda.

Layanan BPJS dapat digunakan di rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan kantor BPJS, untuk para ibu hamil juga bisa menikmati fasilitas di rumah sakit bersalin yang menerima BPJS.

Advertisements

Di rumah sakit ini anda dapat memeriksakan kandungan anda setiap bulannya dengan hanya membayar biaya yang tidak mahal karena sudah ditanggung oleh BPJS.

Cara Menggunakan Layanan BPJS

Untuk para ibu hamil yang akan melakukan proses persalinan dan ingin menggunakan layanan BPJS anda harus tahu dulu mana rumah sakit bersalin yang menerima BPJS.

Rumah sakit yang menerima peserta BPJS biasanya memiliki loket khusus untuk peserta BPJS, dan itulah salah satu tanda dari rumah sakit yang menerima layanan BPJS.

Untuk prosedur yang harus dilakukan jika menginginkan biaya proses bersalin ditanggung oleh BPJS maka anda harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut. Baca BPJS Untuk Program Hamil

Advertisements
  • Pasien harus mendaftar ke bagian pendaftaran rumah sakit, langsung saja menuju ke loker khusus peserta BPJS, untuk ibu hamil juga ada.
  • Waktu di loket pendaftaran anda harus menyerahkan semua dokumen persyaratan, di antaranya kartu tanda pengenal asli dan FC, kartu BPJS asli dan FC, kartu keluarga asli dan FC, surat rujukan dari faskes 1 anda, dan yang terakhir adalah buku kesehatan ibu dan anak yang warnanya merah muda. Nanti dokumen aslinya akan diserahkan lagi ke pasien yang bersangkutan.
  • Setelah itu anda akan diarahkan ke ruang tunggu, untuk menunggu diperiksa oleh dokter, jika anda akan melahirkan, bukan untuk kontrol rutin maka anda akan langsung menuju ruang melahirkan. Jika anda mau melahirkan sebaiknya janjian dulu tanggal melahirkannya dengan dokter kandungan anda.
  • Untuk pasien yang dalam kondisi gawat darurat surat rujukan tidak diperlukan, pasien langsung datang ke rumah sakit dan masuk ke ruang unit gawat darurat. Semua biaya akan ditanggung langsung oleh BPJS tanpa harus melengkapi persyaratan dari rumah sakit. Ini berlaku untuk semua jenis persalinan, entah itu normal ataupun caesar. Tetapi beda ceritanya jika anda naik ruangan, dari kelas 1 ke VIP, nanti anda akan dikenakan biaya tambahan karena BPJS hanya mengcover biaya di kelas 1 bukan VIP.

Dan itulah cara agar anda dapat melakukan persalinan di rumah sakit bersalin yang menerima BPJS, semoga bermanfaat untuk para ibu hamil.

Advertisements
error: