Ini Lho 5 Syarat Pembuatan BPJS Bayi Baru Lahir

Pada artikel ini kami akan membagikan informasi mengenai syarat pembuatan BPJS bayi baru lahir. Setiap ibu yang telah melahirkan tentu ingin anaknya terlahir sehat.

Memperoleh pelayanan medis yang baik, cepat, dan tepat, bila perlu tak harus menghabiskan banyak dana. Keinginan ini merupakan hal yang wajar untuk seorang ibu.

Untuk mewujudkan keinginannya itu banyak ibu hamil yang menanyakan syarat untuk membuat BPJS bayi baru lahir sebelum para ibu ini mengambil keputusan untuk datang ke kantor BPJS dalam upaya mendaftarkan bayinya sebagai peserta layanan BPJS.

Advertisements

Kriteria Bayi yang Dapat Didaftarkan Menjadi Peserta BPJS

Pada pembahasan kali ini akan kami sampaikan kriteria bayi yang dapat didaftarkan menjadi peserta BPJS di antaranya:

  1. Bayi dari peserta layanan BPJS PBI atau peserta BPJS kelas III yang telah dijamin oleh pemerintah.
  2. Bayi dari peserta layanan BPJS PBU hingga anak ketiga atau peserta BPJS penerima upah yang ditanggung oleh perusahaan sebagian iurannya, namun khusus untuk anak pertama, kedua dan ketiga. Berikutnya menanti kebijakan terbaru.

Untuk bayi yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS sebelum tenggang 3 x 24 jam maka semua biaya persalinan nantinya ditanggung sepenuhnya oleh BPJS.

Namun bila selama tenggang 3 x 24 jam pembuatan BPJS bayi baru lahir itu tak didaftarkan, maka semua biaya persalinan bayi itu ditanggung sendiri oleh keluarga.

Sehingga untuk Anda yang telah mempunyai kepesertaan layanan di atas dan akan segera melahirkan pastikan untuk segera mendaftar secepatnya. Baca Manfaat BPJS Bayi Dalam Kandungan

Advertisements

Selain itu pada pembahasan kali ini kami pun akan membagikan informasi tentang syarat pembuatan BPJS bayi yang baru lahir, dengan syarat-syarat dan ketentuan sebagai berikut:

Syarat pembuatan BPJS bayi yang baru lahir

  • Bayi yang telah lahir didaftarkan sebagai peserta layanan BPJS selambat-lambatnya 3 x 24 jam, selain PBI.
  • Bayi yang didaftarkan akan mengikuti nama ibu kandung.
  • Iuran dapat dibayarkan secara langsung dan tak harus menanti selama 14 hari.

Sementara tentang berkas-berkas yang menjadi syarat BPJS antara lain:

  • Copy KTP suami istri
  • Copy Kartu Keluarga atau KK
  • Copy Buku Nikah
  • Copy Surat Keterangan Lahir (dapat dimintakan pada bidan/dokter)
  • Copy Surat pengantar perawatan dari bidan/rumah sakit
  • NIK bayi dari kantor kecamatan setempat. Dalam membuat NIK bayu yang baru dilahirkan, Anda perlu mempersiapkan Surat pengantar pembuatan NIK dari ketua RT/RW Kelurahan atau Desa setempat sebelum membuat NIK di kecamatan.
  • Surat rekomendasi Dinas Sosial setempat khusus bagi pasien maupun ibu yang memegang jamkesmas, jamkesda, serta peserta BPJS PBI kelas III. Untuk memperoleh surat rekomendasi Anda dapat langsung datang ke kantor Dinas Sosial di jam kerja. Jangan lupa Anda memastikan telah membawa Surat Keterangan Tak Mampu dari Kepala Desa atau Kelurahan setempat.

Demikianlah sedikit pembahasan dari kami tentang syarat pembuatan BPJS bayi baru lahir, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisements
error: