Harga Asuransi Mobil Murah All Risk Plus Kelebihannya

Harga Asuransi Mobil – Ada 2 jenis asuransi mobil, yakni All Risk dan Total Loss Only. All Risk merupakan asuransi mobil yang menanggung berbagai jenis kerusakan atau kerugian pada mobil termasuk pencurian, kerusakan akibat kecelakaan, kebakaran, dan lain-lain. Dibanding dengan Total Loss Only, asuransi All Risk cenderung lebih komprehensif pertanggungannya.

Ini mengingat bahwa asuransi Total Loss Only hanya dapat diklaim ketika kerusakan mobil nilai taksirannya mencapai 75% dari harga mobil. Dengan begitu maka harga atau premi asuransi All Risk biasanya lebih tinggi dari pada Total Loss Only.

Premi merupakan biaya yang wajb dibayarkan oleh tertanggung kepada perusahaan asuransi. Ketentuan mengenai premi biasanya tercantum pada surat kesepakatan atau polis asuransi. Tiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan premi asuransi yang berbeda-beda. Contohnya adalah pada perusahaan asuransi Sinarmas.

Advertisements

Berikut adalah perbandingan premi asuransi mobil All Risk dan Total Lost Only :

  1. Untuk perlindungan All Risk, jika harga mobil di atas Rp 500 juta, maka preminya adalah 2,5% dari harga mobil. Sedangkan jika harga mobil kurang dari Rp 500 juta, maka preminya adalah 3,25% dari harga mobil.
  2. Untuk perlindungan Total Lost Only, premi asuransinya adalah 1,5% dari harga mobil.

Itulah perbandingan premi asuransi All Risk dan Total Loss Only. Biasanya, premi asuransi All Risk ini dipengaruhi oleh beberapa hal yakni, nilai mobil, tahun mobil, nomor plat mobil, dan perluasan resiko.Baca Beberapa Kerusakan Mobil yang Diganti Asuransi

Jenis resiko yang ditanggung asuransi secara umum adalah :

  1. Benturan, tabrakan, terperosok, tergelincir atau terperosok.
  2. Perbuatan jahat seperti pencurian atau perusakan.
  3. Kebakaran
  4. Kerugian atau kerusakan selama mobil dikendarai, kecuali apabila mobil dikendarai dalam kondisi melanggar hukum (tidak memiliki SIM, mabuk selama mengemudi, dan lain-lain)

Sementara itu, perluasan resiko asuransi yang dapat ditambahkan oleh tertanggung adalah :

  1. Gempa bumi, tsunami dan letusan gunung berapi.
  2. Badai, hujan es, angin topan, tanah longsor, dan banjir.
  3. Kerusuhan dan huru-hara, pemogokan.
  4. Terorisme serta sabotase.
  5. Resiko yang menjadi tanggungjawab pihak ketiga.

Apabila tertanggung menginginkan perluasan resiko, maka otomatis premi asuransi akan menjadi lebih mahal.

Advertisements

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil All Risk

Kelebihan dari asuransi mobil All Risk adalah pertanggungan resikonya yang lebih luas. Dengan begitu, tertanggung dapat mengklaim meski kerugian yang terjadi itu hanya sebagian. Hal ini tentu berbeda dengan asuransi mobil Total Loss Only yang hanya dapat diklaim jika nilai kerusakan setara atau lebih dari 75%.

Dengan asuransi All Risk, adanya kerugian pada mobil tidak akan membuat tertanggung kewalahan menghadapinya sebab akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Baca Pengertian Polis Asuransi dan Cara Memilih Polis yang Tepat

Kekurangan dari asuransi mobil All Risk ini adalah preminya yang tergolong tinggi. Karenanya, pemilihan jenis asuransi harus dipertimbangkan dengan matang-matang, karena menyangkut biaya asuransi yang wajib dibayar.

Cara Perhitungan Premi Asuransi

Semisal nasabah memiliki mobil yang ingin diasuransikan dengan harga Rp 300 juta. Jika menggunakan perhitungan berdasar ketentuan dari Sinarmas, maka biaya yang harus dibayarkan nasabah tiap tahunnya adalah :

Premi / biaya asuransi = Rp.300.000.000 x 3,25% = Rp.9.750.000

Maka, biaya asuransi yang harus dibayarkan oleh nasabah tiap tahunnya adalah senilai Rp.9.750.000.

Untuk mengetahui biaya premi asuransi secara resmi ada baiknya untuk melakukan riset pada tiap perusahaan asuransi mobil. Hal ini dapat dilakukan dengan mendatangi kantor cabang secara langsung atau menelepon call center perusahaan asuransi tersebut.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan kalkulator simulasi premi asuransi yang kini banyak disediakan di website perusahaan asuransi mobil. Di kalkulator simulasi ini, nasabah tinggal memasukkan data-data tentang mobil, jenis asuransi, harga pertanggungan, dan lain-lain. Baca Berapa Lama Polis Asuransi Mobil Baru Keluar

Setiap orang pastinya menginginkan premi asuransi mobil yang paling ringan dengan proteksi paling lengkap. Hal tersebut sah-sah saja, namun ada baiknya untuk mengasuransikan mobil pada perusahaan asuransi yang terpercaya.

Selain biaya premi ini, ada biaya-biaya lain yang dikenakan dalam asuransi, yakni biaya administrasi polis, biaya administrasi apabila terjadi perubahan objek pertanggungan, dan biaya resiko.

Advertisements
error: