Hak Karyawan Yang Meninggal Karena Kecelakaan Kerja Apa Saja??

Berikut ini adalah penjelasan hak karyawan yang meninggal dunia karena kecelakaan. Bagi semua karyawan yang terdaftar di BPJS ketenagakerjaan yang dulunya adalah Jamsostek dapat mengambil hak-haknya.

Sebab semua peserta BPJS ketenagakerjaan akan mendapatkan seperti asuransi sampai tua nanti. Termasuk juga jaminan jika meninggal dunia akibat kecelakaan kerja yang terjadi saat kerja dan selama masa kerja.

Jadi bagi peserta BPJS ketenagakerjaan yang telah meninggal dunia harus segera melakukan klaim jaminan di kantor BPJS ketenagakerjaan yang dilakukan oleh keluarganya.

Advertisements

Masih banyak sekali masyarakat yang merasa bingung dan tidak memahami sebenarnya apa saja hak-hak yang didapatkan oleh peserta BPJS ketenagakerjaan.

Hak Karyawan Meninggal Akibat Kecelakaan Kerja

Salah satu hal yang perlu keluarga lakukan jika terdapat anggota keluarga yang meninggal akibat kecelakaan kerja dan memiliki jaminan sosial maka segera melakukan klaim.

Sangat disayangkan jika anggota keluarga tidak melakukan klaim terhadap hak karyawan yang meninggal dunia karena kecelakaan.

Sebab semua itu menjadi hak untuk keluarga yang ditinggalnya karena sudah tertera di undang-undang dan juga peraturannya.

Jika ada anggota keluarga yang tidak mengetahui informasi hak karyawan atau anggota keluarganya yang meninggal dunia akibat kecelakaan maka segera hubungi kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat.

Selain Anda akan mengetahui apa saja fasilitas yang didapatkan namun juga akan mendapatkan persyaratannya. Berikut ini adalah informasi mengenai hak karyawan yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. Baca Cara Klaim Santunan Kematian

Advertisements

Hak-hak karyawan yang meninggal akibat kecelakaan kerja adalah :

  1. Mendapatkan uang duka yang diberikan kepada anggota keluarganya atau lebih spesifik adalah ahli warisnya. Perhitungan uang duka sudah ditetapkan oleh undang-undang yang berlaku dan bisa dicairkan secara langsung setelah melakukan klaim.
  2. Jaminan kematian (JK) yang meliputi :
  3. Santunan kelumpuhan atau kematian sebesar Rp. 14.200.000
  4. Biaya pemakaman sebesar Rp. 2.000.000
  5. Santunan berkala sebesar Rp. 200.000 per bulan (selama 24 bulan)
  6. Biaya pendidikan anak sebesar Rp. 5.000.000
  7. Jaminan hari tua (JHT) dengan jumlah sesuai dengan akumulasi iuran selama yang bersangkutan mulai mendaftar atau pada masa kepesertaan.

Nah, itulah hak-hak yang dapat diminta kepada pihak BPJS ketenagakerjaan jika anggota keluarga Anda menjadi pesertanya dan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia.

Untuk mendapatkan hak-hak karyawan meninggal dunia karena kecelakaan kerja ahli waris atau salah satu anggota keluarganya wajib mengikuti aturan yang berlaku.

Peraturannya adalah anggota keluarga atau ahli waris harus menyerahkan dokumen-dokumen penting yang dapat digunakan untuk meminta haknya tersebut.

Sebab tanpa adanya dokumen persyaratan Anda tidak akan bisa meminta haknya. Anda bisa datang ke kantor BPJS terdekat untuk meminta informasi dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mengklaim sejumlah hak-hak tersebut. Baca Uang Duka Untuk Orang Tua Karyawan

Demikian penjelasan mengenai hak karyawan yang meninggal dunia karena kecelakaan.

Advertisements
error: