Cara Menggunakan Kartu KIS di Rumah Sakit dan Puskesmas 2018

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara menggunakan Kartu KIS. Bagi anda yang mungkin hendak memanfaatkan klaim dari BPJS harus melalui prosedur dan lolos dari persyaratan yang telah ditentukan.

Karena pada beberapa kasus, terdapat pasien yang telah mendapatkan tindakan medis namun ketika mengajukan klaim ke BPJS malah ditolak. Hal tersebut tentunya malah membuat anda harus mengeluarkan budget dari kantong sendiri.

Tadinya ingin untung malah jadi buntung, karena biaya pelayanan kesehatan tanpa dicover oleh BPJS masih tergolong mahal. Oleh karena itu anda harus sangat memperhatikan persyaratan dan prosedurnya dengan baik dan benar.

Advertisements

Bagaimana cara menggunakan kartu Indonesia sehat di rumah sakit atau puskesmas? Apakah saat terjadi kejadian gawat darurat prosedurnya masih sama? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Bagaimana Cara Menggunakan Kartu Indonesia Sehat di Fasilitas Kesehatan?

Ada tahapan berjenjang dalam cara menggunakan Kartu KIS. Tidak bisa sembarangan, karena akibatnya cukup fatal yaitu ditolaknya klaim yang anda ajukan kepada BPJS.

Hal ini tentu sangat merugikan, padahal anda termasuk peserta yang rutin membayar iuran BPJS setiap bulannya. Baca Perawatan Gigi Yang Ditanggung BPJS

Kejadian tersebut dapat terjadi apabila anda ceroboh dan tidak menghiraukan peraturan yang ada. Oleh karena itu anda harus memahami cara penggunaan kartu Indonesia sehat yang baik dan benar.

Tonton Videonya

Advertisements

Hal pertama yang harus selalu anda lakukan bila hendak memakai kartu Indonesia sehat adalah pergi ke fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tercetak pada kartu Indonesia sehat milik anda. Fasilitas kesehatan tingkat pertama ini terdiri dari klinik pratama, puskesmas, dan dokter keluarga.

Hal ini harus selalu anda ingat, karena jika tidak dilakukan peraturan seperti ini maka pasien rumah sakit akan membludak jumlahnya. Serta penyakit yang sebenarnya memiliki indikasi medis yang ringan dapat ditangani di fasilitas kesehatan tingkat petama saja.

Karena rumah sakit biasanya digunakan untuk masalah kesehatan yang lebih kompleks dan memerlukan peralatan yang lebih banyak.

Lakukan pemeriksaan dan konsultasi pada dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama hingga didapatkan hasil. Jika hasilnya cukup parah maka anda akan dibekali surat rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut.

Fasilitas kesehatan tingkat lanjut yaitu tempat rujukan selanjutnya yang terdiri dari rumah sakit dan klinik utama. FKTL ini memiliki peralatan yang lebih lengkap dan jumlah tenaga medis yang lebih banyak.

Dokter spesialis biasanya ada di FKTL untuk menangani masalah spesifik yang anda hadapi. Persyaratan administrasi yang harus anda siapkan yaitu KTP, KIS, KK, dan surat rujukan dari FKTP. Baca Berobat Mata dengan BPJS

Berbeda prosedur apabila anda sedang berada di luar kota atau mengalami kejadian gawat darurat. Anda dapat langsung mengunjungi IGD pada fasilitas kesehatan yang ada di dekat anda saat itu untuk cara menggunakan Kartu KIS.

Tidak perlu memperhatikan tingkatannya karena keadaan saat itu sangat genting dan memerlukan penanganan yang segera.

Advertisements
error: