Cara Mengetahui Dokter Gigi BPJS Kita (Pengalaman)

BPJS kesehatan adalah badan hukum publik yang tujuan dibentuknya adalah untuk melangsungkan program jaminan kesehatan yang diperuntukkan untuk seluruh rakyat Indonesia.

Sesuai Undang-undang No. 40 Th 2004 mengenai SJSN dan UU No. 24 Th 2011 mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang ditetapkan jika operasional BPJS Kesehatan ini mulai diberlakukan mulai 1 Januari 2014.

Masyarakat yang menjadi peserta dari Jaminan Kesehatan Nasional yang telah diselenggarakan BPJS harus paham dan mengerti tentang prosedur serta kebijakan pelayanan agar dapat mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan haknya.

Advertisements

Yang terpenting, masyarakat juga perlu mengetahui fasilitas kesehatan yang masuk dalam BPJS Kesehatan dan dokter yang menanganinya termasuk dokter gigi BPJS.

Minimnya Dokter Gigi yang melayani BPJS

Sebagaimana telah dijelaskan diatas, bahwa kita sebagai pasien harus mengetahui di mana dan siapa dokter yang akan melayani kesehatan kita dengan menggunakan layanan Kesehatan BPJS agar tidak terjadinya penolakan. Baca USG Ibu Hamil Menggunakan BPJS

Di setiap rumah sakit pasti ada dokter yang melayani untuk pasien BPJS, tapi tidak untuk dokter gigi BPJS. Dokter gigi yang melayani untuk pasien BPJS sangatlah minim, bahkan bisa dihitung oleh jari.

Hal ini disebabkan karena masalah klaim biaya yang dibayar oleh penyelenggara jaminan kesehatan ini. Hal lain yang menjadi alasan kenapa dokter gigi hanya sedikit yang menggunakan BPJS adalah dokter gigi ini melakukan banyak tindakan berbeda dengan dokter umum yang hanya sebatas pemeriksaan semata.

Advertisements

Jadi biaya dokter itu tergantung banyaknya pasien yang datang, sedangkan untuk pemeriksaan gigi hanya sedikit kunjungan pasien dibandingkan dengan dokter umum.

Untuk mengetahui dokter gigi BPJS, pertama kita juga harus mengetahui Faskes manakah yang bisa menggunakan layanan perawatan gigi dan mulut menggunakan BPJS, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laman BPJS Kesehatan di http://bpjs-kesehatan.go.id
  • Kemudian klik menu bar berwarna biru tua yang ada di atas halaman yang bertuliskan LAYANAN.
  • Maka akan muncul menu drop down.
  • Selanjutnya pilihlah sub menu FASILITAS KESEHATAN
  • Maka muncul halaman baru di tab browser anda.
  • Selanjutnya pilih PROVINSI dengan klik segitiga kecil di ujung kolom untuk memunculkan menu drop down daftar provinsi.
  • Pilih provinsi di mana anda berdomisili atau tempat ingin mendapatkan layanan dari BPJS Kesehatan.
  • Berikutnya pilih Kabupaten atau Kota untuk mempersempit area pelayanan.
  • Lalu, pilih lagi jenis Faskes (fasilitas kesehatan) yang ingin diketahui apakah Faskes tersebut terdaftar BPJS.
  • Contohnya, ingin memilih Provinsi Jawa Barat, lalu Kabupaten atau Kota Majalengka, lalu klik tombol TAMPILKAN, maka akan muncul pilihan-pilihan Faskes yang tersedia.

Setelah mengetahui Fasilitas-fasilitas Kesehatan yang tersedia dalam Layanan BPJS Kesehatan yang sesuai dengan pilihan anda, maka anda dapat memilihnya dengan bijak. Baca Melahirkan Dengan BPJS Kelas 2

Dan secara otomatis setelah mengetahui Faskes mana saja yang bisa digunakan BPJS dokter gigi yang menggunakan layanan BPJS pun dapat kita ketahui.

Advertisements
error: