Cara Membuat Kartu KIS Untuk Warga Miskin dan Kurang Mampu

Artikel kali ini akan membahas mengenai KIS untuk warga miskin. Kesehatan merupakan hak semua orang, tanpa memandang status, ras, suku, bahkan tingkat pendapatan. Semua orang berhak untuk sakit dan tentunya berhak pula untuk mendapatkan kesehatan.

Pemerintah menyadari bahwa biaya kesehatan belum tentu dapat dijangkau oleh semua kalangan. Oleh karena itu, dibentuklah badan usaha milik pemerintah yang bergerak dalam hal penjaminan biaya kesehatan yang diberi nama BPJS.

Prinsip kegotong royongan yang dibentuk dalam penyelenggaraan BPJS membuat semua kalangan dapat menikmati pelayanan kesehatan hingga derajat kesehatan masyarakat Indonesia meningkat. Untuk dapat mendukung kelancaran program, pihak BPJS menerbitkan kartu Indonesia sehat sebagai bentuk fisiknya.

Advertisements

Dalam sistem pembayarannya BPJS membagi menjadi dua yaitu mandiri dan pekerja. Apakah dalam jenis kepesertaan BPJS ada perbedaannya? Apakah orang miskin dapat punya kartu Indonesia sehat? Simak ulasan berikut ini untuk mendapatkan jawabannya.

Orang Miskin Berhak Sakit

Sungguh kejam bila ada pepatah yang mengatakan bahwa orang miskin tidak boleh sakit. Padahal orang miskin bisa jadi memiliki faktor risiko yang lebih tinggi karena faktor asupan makan dan lingkungan yang tidak mendukung. Baca Menggunakan Kartu KIS di Rumah Sakit

Pendapatan yang tidak menentu membuat orang miskin tidak punya jaminan setiap hari asap dapur dapat mengepul. Apalagi makan sumber protein hewani, mungkin hanya dapat dilakukan satu tahun sekali ketika mendapatkan jatah daging kurban.

Advertisements

Hal tersebut tentunya sangat memprihatinkan, jadi apabila sakit hanya bisa dipijit atau dikerok saja. Tapi terobosan baru pada BPJS membuat orang miskin berhak mendapat pelayanan kesehatan dengan menjadi peserta BPJS penerima bantuan iuran.

Peserta BPJS jenis ini akan mendapat KIS untuk warga miskin yang nantinya masuk kedalam kelas tiga. Pembiayaan dan iuran per bulannya akan ditanggung oleh pemerintah.

Bagaimana Cara Mendapatkan KIS Bagi Orang Miskin?

Pertama, anda harus memenuhi persyaratan hingga dapat dikatakan sebagai orang miskin. Mirisnya pada zaman sekarang banyak orang yang mengaku-ngaku sebagai orang miskin untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Syaratnya yaitu terdaftar sebagai peserta BPJS penerima bantuan iuran yang datanya telah ada di puskesmas masing-masing daerah. Data ini mengacu pada pendataan program perlindungan sosial yang telah dilakukan oleh BPS. Baca BPJS Kesehatan Operasi Mata

Apabila telah memiliki jamkesda maka dapat langsung ditukar menjadi KIS untuk warga miskin. Apabila telah memenuhi syarat, apa yang harus dilakukan?

  • Meminta surat keterangan miskin dari perangkat desa setempat yang berisi keterangan benar-benar berasal dari keluarga tidak mampu dan berhak mendapatkan bantuan.
  • Pergi ke puskesmas di daerah setempat untuk meminta surat pengantar untuk melakukan pendaftaran BPJS. Biasanya data diri anda akan dicocokkan dengan PPLS dari BPS sehingga ada bukti bahwa anda memang terdaftar sebagai orang yang berhak.
  • Mengurus pendaftaran ke kantor BPJS setempat dengan membawa KTP, KK, SKTM, dan surat pengantar dari puskesmas.
Advertisements
error: