Cara Klaim Jamsostek Meninggal Dunia Di Kantor Cabang 2018 (Pengalaman)

Klaim Jamsostek Meninggal Dunia – Keberadaan Jamsostek bagi karyawan sangatlah menguntungkan dan berikut adalah cara klaim Jamsostek meninggal dunia.

Pekerja akan merasa sangat nyaman dengan adanya jaminan sosial ketenagakerjaan yang dahulunya disebut Jamsostek sekarang berganti nama menjadi BPJS ketenagakerjaan.

Adanya Jamsostek ini sangat menguntungkan dan membuat nyaman karena pekerja merasa selayaknya memiliki asuransi masa depan.

Advertisements

Hak pekerja juga mendapatkan asuransi atau dalam bentuk jaminan sosial ketenagakerjaan. Nah, pemanfaatan Jamsostek sangat banyak dan salah satunya adalah untuk mengklaim jika pekerja atau pesertanya meninggal dunia.

Pihak keluarga bisa mengklaim Jamsostek di kantor terdekat atau kantor cabang sehingga akan lebih mudah. Berikut ini cara mengklaim Jamsostek meninggal dunia melalui kantor cabang.

Cara Klaim Jamsostek Meninggal Dunia di Kantor Cabang

Salah satu keuntungan dari Jamsostek adalah peserta bisa mengambil uang JHT (Jaminan Hari Tua) hingga 100%.

Syaratnya adalah bagi peserta yang sudah 10 tahun menjadi kepesertaan Jamsostek pada waktu itu. Nah, untuk yang BPJS ketenagakerjaan juga bisa mengambil uang JHT sekitar 10% hingga 30% dari saldo yang masih dimiliki.

Nah, bagi Anda yang akan mengklaim Jamsostek khususnya adalah JHT karena peserta meninggal maka perlu mengetahui cara klaim Jamsostek meninggal dunia.

Peserta Jamsostek yang meninggal dunia dan sudah terdaftar di Jamsostek dapat sepenuhnya mengambil dana JHT nya.

Pengambilan dana JHT seluruhnya hanya diberikan khusus bagi peserta yang meninggal dunia bukan cacat atau mengalami kecelakaan. Baca Formulir Jaminan Kematian BPJS

Advertisements

Syarat klaim Jamsostek meninggal dunia di kantor cabang :

  1. Asli kartu Jamsostek peserta yang sudah meninggal atau yang bersangkutan
  2. Surat keterangan kerja dari tempat kerja yang bersangkutan
  3. KTP atau SIM yang bersangkutan
  4. Kartu keluarga
  5. Surat keterangan kematian dari instansi yang berwenang
  6. Surat keterangan ahli waris dari instansi yang berwenang bisa dari kantor kelurahan setempat
  7. KTP atau SIM ahli waris
  8. Buku tabungan ahli waris

Cara klaim Jamsostek meninggal dunia di kantor cabang :

  1. Persiapkan semua dokumen persyaratan
  2. Datang ke kantor Jamsostek (BPJS ketenagakerjaan)
  3. Mengisi formulir pengajuan dana JHT sesuai dengan kebutuhan
  4. Proses pencairan dana JHT
  5. Pencairan dana JHT ke rekening tabungan ahli waris

Nah, jika Anda sudah mengetahui apa saja syarat dan cara mengklaim Jamsostek meninggal dunia melalui kantor cabang maka segera mengurusnya.

Jangan menunda kepengurusan dana JHT ini sehingga ahli waris bisa mendapatkan haknya dengan sesuai. Anda bisa datang langsung ke kantor Jamsostek terdekat atau kantor cabang sehingga akan lebih mudah.

Cara dan syarat mengajukan klaim Jamsostek di kantor cabang dan kantor pusat tetap sama hanya saja Anda bisa memilih tempat yang dirasa paling nyaman.

Kemudian yang perlu Anda ingat bahwa jika peserta Jamsostek sudah terdaftar sekitar 10 tahun maka semua dananya bisa dicairkan. Baca Uang Duka Untuk Orang Tua Karyawan

Itulah penjelasan mengenai cara klaim Jamsostek meninggal dunia di kantor cabang terdekat.

Advertisements
error: