Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk Sinarmas

Asuransi mobil All Risk Sinarmas adalah jenis asuransi mobil yang menanggung berbagai jenis resiko termasuk kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan, yang diberikan oleh PT Asuransi Sinarmas.

Ketika musibah yang terjadi sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi, maka asuransi All Risk Sinarmas dapat diklaim. Bagaimana cara klaim asuransi mobil All Risk ini?

Pertama-tama, siapkan dokumen atau bukti yang mendukung adanya musibah, seperti :

  1. Fotokopi polis asuransi mobil All Risk Sinarmas
  2. Fotokopi SIM
  3. Fotokopi STNK
  4. Surat keterangan dari kepolisian
  5. Foto mobil yang rusak akibat kecelakaan (jika memungkinkan)

Selain dokumen tersebut, dapat ditambahi pula dengan dokumen dari pihak ketiga yang dapat menjadi dokumen pendukung :

Advertisements
  1. Surat tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga (apabila ada)
  2. Fotokopi SIM, KTP atau STNK

Kedua, laporkan klaim ke pihak asuransi mobil All Risk Sinarmas

Klaim asuransi mobil Sinarmas dapat diproses apabila pelaporan klaimnya tidak melebihi 5 hari sejak kejadian. Apabila melebihi masa tersebut, maka kemungkinan besar klaim asuransi ditolak oleh pihak Sinarmas. Baca Berapa Lama Polis Asuransi Mobil Baru Keluar

Pada saat pelaporan klaim, pemegang polis juga akan diminta mengisi formulir klaim dengan lengkap dan sebenar-benarnya, serta melengkapi dokumen yang diperlukan. Biasanya pihak asuranasi mobil akan melakukan survey sebelum menerbitkan keputusan tentang diloloskan atau ditolaknya klaim asuransi.

Apabila klaim asuransi mobil All Risk disetujui, pihak Sinarmas akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) agar mobil yang rusak diperbaiki di bengkel rekanan Sinarmas (untuk kasus kerusakan akibat kecelakaan). Pada proses ini, pemilik mobil alias pemegang polis dapat terus memantau perkembangan perbaikan mobil melalui pihak Sinarmas maupun bengkel.

Pemegang polis asuransi mobil Sinarmas tidak direkomendasikan untuk menggunakan jasa bengkel lain dalam perbaikan mobilnya. Sementara itu, jika yang terjadi adalah kehilangan mobil, maka akan dilakukan penggantian mobil sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. Baca Harga Asuransi Mobil Murah All Risk Plus Kelebihannya

Advertisements

Itulah prosedur klaim asuransi mobil All Risk Sinarmas. Cara klaim asuransi mobil All Risk Sinarmas kelihatannya cukup mudah, namun jangan menggampangkan kemudahan tersebut. Sebab, tentu ada prasyarat agar klaim dapat lolos. Ketentuan dalam klaim yang tidak boleh dilanggar adalah

  1. kecelakaan bukan terjadi akibat kelalaian atau pemegang polis melanggar peraturan saat mengemudi. Kelalaian atau pelanggaran itu antara lain, mengemudi di bawah pengaruh minuman keras atau narkotika, melawan arah, menerobos lampu merah, mengemudi ketika masa berlaku SIM sudah habis, menerobos banjir atau genangan air sehingga mesin mobil mengalami kerusakan, melakukan modifikasi pada bagian kendaraan seperti mesin atau turbocharger tanpa persetujuan pihak asuransi, hingga menampung muatan melebihi kapasitas yang sudah ditentukan oleh pabrik mobil.
  2. Kerusakan mobil bukan akibat mobil diguanakn untuk menarik atau mendorong benda atau mobil lain, atau digunakan untuk mengajari mengemudi mobil.
  3. Kerusakan mobil bukan karena digunakan dalam perlombaan, penyaluran hobi balap, pawai, kampanye, karnaval atau unjuk rasa.
  4. Kerusakan atau kehilangan mobil tidak akibat digunakan untuk tindak kejahatan.
  5. Kehilangan mobil bukan terjadi akibat valet parking, kecuali apabila klausul ini ikut tercantum pada polis asuransi.
  6. Kehilangan atau kerusakan mobil bukan karena perbuatan jahat dari kerabat tertanggung, orang yang disuruh atau tinggal bersama tertanggung, dll.

Itulah beberapa hal penyebab kehilangan dan kerusakan mobil yang tidak dapat ditanggung oleh pihak Sinarmas.

Sinarmas sendiri memiliki 2 jenis asuransi mobil, yakni All Risk dan Total Loss Only. All Risk dan Total Loss Only berbeda pada besar premi yang dibayar dan cakupan musibah yang dapat ditanggung.

Seperti sebutannya, asuransi mobil jenis Total Loss Only hanya dapat diklaim apabila mobil mengalami kehilangan atau kerusakan fatal dengan persentase kerusakan sesuai ketentuan asuransi. Sementara resiko yang dapat diklaim pada asuransi All Risk tergolong lebih luas. Baca Beberapa Penyebab Klaim Asuransi Motor Ditolak

Oleh karena itu, premi asuransi All Risk jauh lebih mahal dibanding dengan asuransi mobil jenis Total Loss Only. Pertanggungan resiko dalam asuransi Sinarmas dapat ditambahkan dalam premi asuransi, sesuai keinginan, resiko tersebut antara lain sabotase, bencana alam, hingga terorisme.

Advertisements
error: