Cara Daftar BPJS Perusahaan Bayi Baru Lahir (Pengalaman Kami)

Bagi yang ingin tahu cara daftar BPJS perusahaan bayi baru lahir maka bisa menyimak informasi berikut.

Bayi yang baru lahir tak secara langsung menjadi peserta layanan BPJS kesehatan sekalipun ayah atau ibunya merupakan peserta layanan BPJS kesehatan, entah itu peserta layanan BPJS PPU (Penerima Upah)/Badan Usaha golongan PNS, TNI/Polri ataupun karyawan swasta.

Peserta layanan BPJS PBPU (Bukan Penerima Upah)/Mandiri atau peserta layanan BPJS PBI (Bantuan Iuran), terkecuali bayi baru lahir itu didaftarkan sebagai peserta layanan BPJS kesehatan.

Advertisements

Maka dengan begitu bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada bayi (permasalahan medis) yang menyebabkan bayi harus memperoleh perawatan medis maka biayanya dapat ditanggung BPJS.

Berikut Cara Daftar BPJS Perusahaan Bayi Baru Lahir

Bagi bayi yang baru lahir agar seluruh biaya pelayanan medis atas bayi itu dapat ditanggung BPJS maka paling lambat 3 x 24 jam bayi itu harus telah didaftarkan sebagai peserta layanan BPJS. Bila tak didaftarkan maka biaya pelayanan medis atas bayi itu tak dapat dijaminkan pada BPJS.

Sebenarnya solusi terbaik bagi ibu hamil dan akan melahirkan telah diberikan oleh BPJS. Peserta dapat mendaftarkan bayinya sejak dalam kandungan, sebab sesuai aturan BPJS sekarang ini bayi yang masih dalam kandungan dapat didaftarkan sebagai peserta layanan BPJS kesehatan.

Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan yang mungkin terjadi pada si bayi saat dilahirkan. Berikut cara daftar BPJS perusahaan bayi baru lahir.

Advertisements

Khusus orangtua yang kebetulan telah terdaftar menjadi peserta BPJS PPU (Peserta penerima Upah)/Badan Usaha. Baca Manfaat BPJS Bayi Dalam Kandungan

Yang berkeinginan mendaftarkan bayinya yang baru lahir menjadi peserta layanan BPJS badan usaha maka prosedur dan persyaratan yang harus dilakukan antara lain:

  • Bayi itu maksimal anak ketiga

Peserta layanan BPJS badan usaha menanggung lima anggota keluarga (diri sendiri, istri/suami, tiga orang anak),

Bila anak yang baru lahir masih masuk dalam tanggungan itu maka bayi itu dapat didaftarkan sebagai peserta layanan BPJS badan usaha, bila tak termasuk maka bayi itu harus didaftarkan sebagai peserta layanan BPJS mandiri.

  • Nama dan kelas bayi mengikuti ibunya

Bila bayi belum mempunyai nama pasti, untuk nama dan kelas BPJS dapat mengikuti ibu kandungnya.

  • Bayi wajib sudah didaftarkan maksimal 3 x 24 jam

Agar biaya pelayanan medis atas si bayi dapat ditanggung oleh BPJS maka si bayi harus telah didaftarkan pada BPJS maksimal selama 3 x 24 jam, bila tak demikian maka biaya pelayanan medis bayi harus ditanggung keluarganya sendiri.

  • Melakukan registrasi ulang

Setelah bayi berusia tiga bulan harus melakukan registrasi ulang layanan BPJS dengan melampirkan identitas asli bayi. Baca Pembayaran BPJS Bayi Dalam Kandungan

Bagi peserta layanan BPJS PPU Badan Usaha, cara daftar BPJS perusahaan bayi baru lahir dapat dilakukan melalui HRD perusahaan yang akan mengurus ke kantor BPJS.

Advertisements
error: