Cara Beli Kacamata yang Ditanggung BPJS Kesehatan 2018

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara beli kacamata dengan BPJS. BPJS kesehatan merupakan badan usaha milik pemerintahyang menyelenggarakan asuransi pembiayaan dalam penyelenggaraan pemeriksaan dan pengobatan kesehatan.

Untuk mendukung fungsi tersebut, BPJS berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang cakupannya luas. Contoh klaim BPJS yaitu persalinan, pelayanan operasi gigi, hingga pembiayaan dalam pembelian kacamata.

Keluhan kesehatan yang mendapat klaim dari BPJS merupakan rekomendasi atau berdasarkan keterangan dari tenaga kesehatan.

Advertisements

Jadi BPJS tidak akan mengakui klaim untuk hal estetika. Termasuk ketika hendak membeli kacamata dengan memanfaatkan layanan BPJS, anda harus melalui beberapa prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS.

Apa sajakah cara dan prosedur dalam pembelian kacamata dengan memanfaatkan BPJS? Mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahui prosedurnya, agar klaim BPJS anda dapat disetujui.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Anda Hendak Membeli Kacamata dengan BPJS

Mata merupakan suatu organ yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia. Tanpa mata, manusia tidak bisa menikmati indahnya dunia. Kelainan pada mata yaitu miopi, presbiopi, hipermetropi, rabun senja, dan sebagainya. Baca Optik yang Bekerjasama dengan BPJS

Hal ini dapat diminimalisir dengan bantuan kacamata agar anda dapat beraktivitas dengan normal. Dengan BPJS anda akan mendapatkan subsidi biaya sesuai dengan kelas yang anda bayarkan tiap bulannya. Berikut ini cara beli kacamata dengan BPJS Kesehatan.

Advertisements

  • Datang ke fasilitas kesehatan tingkat pertama

Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang harus anda datangi harus sesuai dengan yang tertera pada KIS anda.

Di FKTP anda harus meminta surat rujukan ke dokter spesialis mata atau poli mata di rumah sakit. Karena umumnya di Puskesmas tidak terdapat poli mata maupun dokter spesialis mata.

  • Melakukan pemeriksaan mata

Pemeriksaan mata ini sesuai dengan rujukan yang diberikan oleh FKTP baik itu poli mata maupun dokter spesialis mata yang telah bekerja sama dengan BPJS.

Setelah mata anda diperiksa, ukuran silinder minimal agar klaim anda dapat diakui adalah 0, 25 dioptri dan ukuran minus atau plusnya minimal 0, 5 dioptri.

Jika anda memenuhi persyaratan tersebut maka akan mendapatkan resep dari dokter yang memeriksa mata anda.

  • Lakukan legalisir resep

Legalisir ini dilakukan sebagai pengesahan dan bukti keaslian dari resep yang anda bawa. Proses ini dapat dilakukan pada kantor BPJS terdekat dari tempat tinggal anda. Legalisir ini biasanya berbentuk cap bukti pengesahan dari institusi BPJS sebagai pengantar ke optik. Baca Cabut Gigi Ditanggung BPJS

  • Serahkan resep ke optik

Optik yang dipilih sesuai dengan yang tertera pada resep dan telah bekerja sama dengan BPJS. Anda cukup menyerahkan resep yang telah dilegalisir tersebut kepada pihak optik dan kemudian akan diproses oleh pihak optik.

Demikian cara beli kacamata dengan BPJS yang dapat memperingan biaya anda dalam merawat kesehatan mata. Semoga bermanfaat.

Advertisements
error: