Bisakah Membersihkan Karang Gigi Pakai BPJS

Membersihkan Karang Gigi Pakai BPJS – Setiap orang beresiko mengalami masalah gigi yang satu ini. Karang gigi terbentuk akibat sisa makanan yang tertinggal di dalam gigi kemudian mengalami pengerasan yang disebabkan oleh kandungan mineral pada air liur.

Karang gigi menempel pada bagian gigi yang sangat sulit dijangkau oleh sikat gigi. Karang gigi akan terlihat jorok dan akan menyebabkan kerusakan pada gigi, mulai dari bau mulut  hingga membuat gigi anda keropos.

Tidak perlu khawatir pasien yang memiliki kartu BPJS dapat menggunakannya untuk membersihkan karang gigi pakai BPJS. Kartu BPJS telah membantu banyak pasien di pelosok Indonesia untuk mendapatkan pengobatan kesehatan gratis dan murah.

Advertisements

Dengan memiliki kartu BPJS dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yaitu penyakit jantung, paru-paru, melahirkan, sampai melakukan operasi.

Penyebab Penolakan BPJS

Berdasarkan surat edaran yang tersebar, membersihkan karang gigi pakai BPJS bisa dilakukan di Faskes 1 dan hanya boleh dilakukan 1 tahun sekali.

Beberapa orang ada yang mengalami penolakan dalam membersihkan karang gigi pakai BPJS, tentu masalah ini sangatlah wajar. Baca BPJS Digunakan bahel

Hal tersebut dikarenakan kurangnya informasi yang menjadi penyebab rumah sakit ataupun puskesmas menolaknya. Berikut cara agar membersihkan karang gigi gratis tanpa biaya:

  • Iuran BPJS lunas

Peserta BPJS harus sudah membayar sebulan sekali dan sudah tidak memiliki tanggungan biaya.

Advertisements
  • Faskes tingkat 1

Melakukan perawatan gigi di unit kesehatan tingkat pertama terlebih dahulu agar mendapatkan pelayanan gratis dan anda harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak rumah sakit atau puskesmas, apakah bisa membersihkan karang gigi dengan BPJS.

Dimungkinkan instalasi tersebut tidak memiliki alat untuk membersihkan karang gigi sehinggadokterpun tidak sanggup dalam melakukannya karena keterbatasan alat yang tersedia, dan terjadinya kesalahan persepsi tentang regulasi BPJS Kesehatan dan pihak Unit Kesehatan.

Alasan instalasi menolak

Jika dokter gigi melakukan penolakan untuk bertindak, kita dapat mengecek di puskesmas tersebut apakah alat-alatnya sudah tersedia atau tidak, karena pekerjaan dari seorang dokter gigi bergantung dari peralatannya.

Jika di instalasi tidak mengcover pasien untuk membersihkan karang gigi pakai BPJS kemungkinannya adalah:

  • Tidak terdapat alat UltrasonicScaller, karena sulit membersihkan karang gigi tanpa alat tersebut. Kalau ingin dirujuk ke Faskes yang ada ultrasonicscaller maka harus sedia mengeluarkan biaya ditanggung sendiri.
  • Kalau ada klinik yang tidak ingin menanggung tapi terdapat alatnya bisa saja menolak karena pertimbangan klaim ke BPJS. Atau kemungkinan salah persepsi terhadap regulasi BPJS.

Berdasarkan surat edaran resmi dari BPJS Kesehatan tentang pembersihan karang gigi pakai BPJS hanya setahun sekali, seorang dokter yang bertugas di Faskes 1 menuturkan bahwa pembersihan karang gigi atau scallingdicover di Faskes hanya dilakukan setahun sekali. Baca Mengetahui Dokter Gigi BPJS

Kalau Faskes 1 tidak terdapat ultrasonicscaller maka akan dilakukan secara manual semampunya. Untuk pasien BPJS harap konsultasikan secara baik dengan dokter gigi di Faskes 1.

Advertisements
error: