Bisakah Jika Ingin Gadai Sertifikat Atas Nama Orang Tua Di Bank

Gadai Sertifikat Atas Nama Orang Tua – Aset berupa rumah adalah yang paling sering dijadikan warisan atau turunan dari orang tua ke anak-anaknya. Rumah pun merupakan aset yang memiliki keuntungan sangat baik untuk dijadikan jaminan pinjaman.

Hal ini yang kemudian menyebabkan ketika seorang anak mendapatkan warisan rumah, artinya anak dapat menggunakannya sewaktu-waktu membutuhkan biaya mendadak. Anda yang ingin meminjam dana dengan sertifikat rumah yang diwariskan oleh orang tua mungkin kemudian bertanya-tanya apakah bisa jika gadai sertifikat atas nama orang tua di bank?

Temuan terhadap berbagai pengajuan pinjaman yang dilakukan dengan sertifikat rumah atas nama orang tua pun banyak terjadi. Ada banyak orang yang ingin tahu apa jika gadai sertifikat atas nama orang tua di bank bisa atau tidak.

Advertisements

Jawaban atas pertanyaan tersebut dapat anda ketahui dalam pembahasan berikut ini. Berikut ini akan dibahas apa saja yang dapat anda lakukan jika anda ingin menggadaikan sertifikat atas nama orang tua. Simak penjelasannya dan semoga upaya peminjaman anda segera berhasil didapatkan.

Apakah Bisa Jika Gadai Sertifikat atas Nama Orang Tua?

Ternyata jawaban untuk pertanyaan apakah jika gadai sertifikat atas nama orang tua bisa atau tidak adalah bisa. Jadi anda sangat mungkin melakukan pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah atas nama orang tua anda yang digadaikan. Baca Begini Cara Meminjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan Mudah Lho

Tapi ada ketentuan-ketentuan yang harus anda penuhi.  Berikut ini persyaratan dan ketentuan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman gadai sertifikat atas nama orang tua:

Ketentuan:

  • Salah Satu Orang Tua Masih Hidup
  • Saudara Kandung Menandatangani Jaminan Setuju Rumah Digadai
  • Jika Orang Tua Sudah Meninggal, Balik Nama Sertifikat

Persyaratan:

Selain ada tiga ketentuan dasar yang dijelaskan di atas, ada beberapa persyaratan yang perlu anda penuhi dan lengkapi. Simak penjelasannya dan jangan sampai ada syarat yang tidak terpenuhi karena jika tidak lengkap, maka pengajuan tidak akan diproses. Jadi siapkan seluruh persyaratan di bawah ini:

Advertisements
  • Jaminan berupa sertifikat harus disiapkan asli dan fotokopinya.
  • Jaminan berupa bukti bahwa rumah sudah tidak memiliki tunggakan PBB (pajak bumi dan bangunan).
  • Jaminan pemohon pinjaman telah berusia legal hukum berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun untuk pinjaman atas nama orang tua harus melampirkan KTP orang tua.
  • Jaminan bukti kekeluargaan berupa Kartu Keluarga (KK).
  • Jaminan bukti telah menikah berupa buku nikah atau akte nikah (jika sudah menikah).

Solusi Pinjaman Jaminan Sertifikat atas Nama Orang tua

Penjelasan mengenai ketentuan dan persyaratan mengajukan gadai sertifikat atas nama orang tua di bank sudah dipaparkan sebelumnya. Berikutnya tentu anda ingin mengetahui bagaimana jika anda tidak memenuhi ketentuan karena orang tua sudah meninggal dan atau tidak memiliki surat kuasa dari ahli waris lainnya. Anda tentu disarankan untuk menggunakan ketentuan yang ketiga, yaitu membalik nama sertifikat. Baca Tahapan Pinjaman Agunan Gadai Sertifikat Rumah Bank BRI (KUR)

Balik nama sertifikat atas nama orang tua ke nama anda yang akan memudahkan anda untuk mengajukan pinjaman. Hal ini menunjukkan bukti anda memang adalah pemiliki sah secara hukum dari sertifikat tersebut.

Jadi tidak perlu anda masalah dengan harus ada orang tua yang hidup untuk menandatangani surat kuasa. Balik nama diketahui memang membutuhkan waktu dan biaya. Namun hal ini tidak akan mengecewakan anda. Setelah balik nama, pengajuan anda tidak mungkin lagi akan ditolak.

Jadi pastikan untuk mempertimbangkan apa yang sebaiknya anda pilih lakukan dalam upaya mendapatkan pinjaman dari bank. Jika anda bisa mendapatkan cara yang lebih pasti, maka sebaiknya anda memilih cara tersebut.

Terakhir, jika memang anda tidak dapat meminjam uang dengan jaminan sertifikat atas nama orang tua, maka anda dapat mengajukan pinjaman dengan jaminan lain yang mungkin anda punya. Saat ini bank memiliki banyak program pinjaman dengan berbagai jenis jaminan, bahkan yang tanpa jaminan sama sekali pun ada untuk anda coba. Baca Prosedur Gadai Sertifikat Rumah Di Bank Syariah Dan Syaratnya

Itulah tadi penjelasan mengenai pinjaman jaminan sertifikat rumah atas nama orang tua di bank bisa atau tidak. Jadi secara umum diketahui anda harus menyiapkan berbagai berkas-berkas yang dibutuhkan dan mencari solusi jika jaminan dengan sertifikat atas nama orang tua ini tidak diproses.

Sehingga anda dapat tetap mendapatkan bantuan dana di waktu-waktu mendesak. Semoga usaha anda untuk mendapatkan pinjaman sukses dan segera membuahkan hasil!

Advertisements
error: