Bisakah BPJS Digunakan Untuk Pemasangan Behel?

Kawat gigi atau sering disebut dengan behel bukan hal yang asing lagi untuk mayoritas orang yang ingin tampil menarik. Metode behel bisa membuat gigi lebih rapi sehingga senyum lebih percaya diri.

Banyak orang yang memakai kawat gigi diusia remaja untuk memperbaiki giginya. Orang dewasa juga mendapatkan keuntungan dari memakai kawat gigi, tujuannya adalah untuk menyelaraskan gigi dan rahang agar dapat menggigit makanan dengan baik dan menghasilkan senyum yang indah.

Pemasangan kawat gigi mempunyai banyak dampak yang tidak sedikit seperti lebih susah dalam menggosok gigi, akan mudah terkena sariawan, mulut kering, dan geligi terasa ngilu.

Advertisements

Namun dengan efek yang diberikan dari behel tetap tidak mengurungkan niat anda dalam memasang behel.

Biaya yang mahal pun akan dikeluarkan demi memperindah daerah mulut kita, untuk masyarakat yang memiliki kurang biaya sangat mengharapkan BPJS digunakan untuk pemasangan behel.

Biaya yang Dikeluarkan dalam Pemasangan Behel

Dalam memasangkan kawat gigi membutuhkan biaya yang sangat besar. Setiap dokter memasang tarif yang tidak jauh berbeda dalam pemasangan satu set atau bagian atas serta bagian bawah sekaligus makan pengeluaran yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 5.000.000.

Harga tersebut menggunakan behel jenis logam, menggunakan bahan kawat gigi transparan biaya yang dikeluarkan berkisar Rp. 7.000.000 hingga Rp. 10.000.000 untuk setiap set.

Biaya yang dikeluarkan tentulah tidak sedikit bagi pasien yang mempunyai BPJS dan kira-kirabisakahBPJS digunakan  untuk pemasangan behel? Baca USG Ibu Hamil Menggunakan BPJS

Advertisements

Undang-undang BPJS untuk Pemasangan Behel

BPJS kesehatan ini memberikan layanan fasilitas kesehatan untuk perawatan gigi kepada para peserta, yang mana ini tercantum pada peraturan BPJS Kesehatan No.1 Th 2014 Pasal 52 ayat 1, yang berbunyi para peserta BPJS berhak untuk mendapatkan perawatan gigi (membersihkan karang, pencabutan gigi permanen dan sulit dan lainnya yang berkaitan dengan kesehatan gigi.

Pemasangan behel termasuk keindahan dan bukan sebuah penyakit yang harus disembuhkan, jadi intinya BPJS digunakan untuk pemasangan behel itu tidak bisa.

Perawatan keindahan dari bagian tubuh kita tidak bisa menggunakan BPJS sebagai asuransi yang kita miliki karena BPJS hanya digunakan dan diperlukan untuk pasien yang memiliki penyakit untuk disembuhkan segera.

Perlindungan terhadap biaya sakit penyakit bisa berarti luas, diantaranya biaya konsultasi dengan dokter, biaya obat, biaya rawat inap, biaya rawat jalan biaya operasi dan biaya lainnya yang diperlukan.

Perawatan gigi merupakan salah satu biaya yang juga terdapat asuransi kesehatan, tentu saja perawatan tersebut bukanlah perawatan gigi dengan alasan kecantikan. Baca Pemeriksaan HSG Ditanggung BPJS

Untuk perawatan gigi lainnya yang dicover oleh BPJS adalah jika ada indikasi medisnya dan untuk memperoleh perawatan maka para peserta bisa berobat ke Faskes pertama.

Advertisements
error: