Bisa Tidak Ya Periksa Mata dengan BPJS

Artikel kali ini akan membahas mengenai periksa mata dengan BPJS. BPJS telah menjadi asuransi wajib yang dimiliki oleh seluruh warga Indonesia. Dengan adanya penjaminan biaya kesehatan yang dilakukan oleh BPJS, semua kalangan dapat menikmati pelayanan kesehatan baik itu di puskesmas maupun rumah sakit secara gratis.

Bahkan untuk operasi dan perawatan pra kehamilan dan pasca kehamilan pun dapat dicover oleh BPJS. Tujuan utama dari pelaksanaan BPJS adalah tercapainya Universal Health Coverage yang dapat menjangkau ke semua lapisan masyarakat.

Hal ini merupakan upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Karena banyak masyarakat yang masih mengeluhkan mahalnya biaya kesehatan yang harus dikeluarkan sehingga banyak yang memilih untuk mengonsumsi obat warung tanpa resep dari dokter.

Advertisements

Padahal hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan dan nantinya akan terbentuk resistensi terhadap obat yang dapat menimbulkan masalah lain pada organ ginjal. Banyaknya konsumsi obat dapat menambah berat kerja ginjal dalam membentuk urine.

Begitu pula dengan penyakit pada mata, dengan BPJS dapat meminimalisir pembelian obat tetes komersil di warung tanpa resep dokter. Baca Menggunakan Kartu KIS di Rumah Sakit

Periksa Mata Menggunakan BPJS? Kenapa Tidak?!

Cakupan klaim BPJS berusaha dapat menjangkau semua jenis penyakit termasuk pada mata. Jika anda mengalami keluhan pada mata, usahakan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Advertisements

Periksa mata dengan BPJS gratis loh di fasilitas tingkat pertama yang tercantum pada kartu Indonesia sehat yang anda miliki.

Ketika terdiagnosa mengalami indikasi medis maka anda akan dirujuk ke fasilitas tingkat lanjut yang sesuai dengan masalah kesehatan yang anda alami. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahan penatalaksanaan penyakit yang anda derita.

Apa Persyaratan yang Harus Dipenuhi Saat Hendak Melakukan Pemeriksaan Mata?

Persyaratan yang harus dipenuhi ketika hendak melakukan periksa mata dengan BPJS sebenarnya sama dengan persyaratan ketika hendak melakukan pemeriksaan kesehatan lainnya. Namun yang perlu anda catat yaitu pemeriksaan mata ini harus berdasarkan tanda dan gejala medis yang jelas.

Bukan karena alasan estetika yang dapat membuat klaim BPJS anda ditolak. Ketika hendak periksa anda tinggal datang ke fasilitas kesehatan tingkat pertama yang anda pilih ketika melakukan pendaftaran.

Ingat, jangan pergi ke rumah sakit karena dapat membuat anda membayar tindakan medis yang telah dilakukan. Untuk masalah kesehatan yang tidak terlalu kompleks proses penanganannya dapat dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Baca BPJS Kesehatan Operasi Mata

Anda justru akan mendapat penolakan bila pergi ke rumah sakit tanpa membawa surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Persyaratan administrasi pun harus anda penuhi yaitu foto kopi KTP, KK, kartu Indonesia sehat yang dibawa saat hendak melakukan periksa mata. Bila masalahnya serius anda akan mendapat rujukan ke rumah sakit.

Advertisements
error: