Biaya Perawatan Bayi Tanpa BPJS, Ini Nominal Uang Yang Harus Anda Keluarkan

Artikel kali ini akan membahas mengenai biaya perawatan bayi tanpa BPSJ yang perlu anda persiapkan, terutama bagi pasangan muda yang baru menikah dan sedang melakukan perencanaan keuangan.

Perawatan seorang bayi tentunya memerlukan beberapa tahapan karena bayi manusia tidak sama dengan merangkai robot yang dalam satu hari dapat selesai.

Sangat diperlukan perencanaan yang matang bahkan sejak bayi masih dalam kandungan hingga dewasa kelak.

Advertisements

Pembiayaan dalam segala aspek kehidupannya perlu diperhatikan seperti asupan makan, pendidikan, pakaian, dan sebagainya yang dapat mempengaruhi masa depannya.

Mengapa demikian? Menurut beberapa penelitian konsumsi makanan yang mengandung zat gizi tertentu dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi semakin pesat sehingga tidak mudah terserang penyakit.Baca Daftar BPJS Calon Bayi Online

Tapi sebelum itu, anda perlu mengetahui masa penting dalam kehidupan seorang bayi yaitu seribu hari pertama kehidupan.

Apa saja yang perlu dipersiapkan dari masa sebelum hamil hingga setelah melahirkan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui penjelasan lebih lanjutnya.

Biaya Bagi Buah Hati dari Masa Pre Natal hingga Post Natal

Menurut pendapat beberapa ahli, kehidupan bayi sebenarnya dimulai dari awal konsepsi atau bertemunya sel telur dengan sperma.

Kemudian pada usia empat bulan dalam kandungan, janin mulai menunjukkan tanda-tanda kehidupan seperti denyut jantung yang semakin kencang dan mulai berfungsinya beberapa organ tubuh lainnya.

Terdapat beberapa hal yang memerlukan pembiayaan termasuk biaya perawatan bayi tanpa BPJS yang dapat anda simak melalui uraian berikut ini.

  • Test kehamilan

Cara untuk mengetahui kehamilan seorang wanita dapat menggunakan dua cara yaitu dengan test pack yang membutuhkan biaya mulai dari Rp. 20.000 untuk membeli alatnya.

Advertisements

Kemudian cara kedua yang lebih mutakhir yaitu dengan melakukan tes kehamilan di tenaga kesehatan yang membutuhkan biaya sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000

  • Pemeriksaan selama kehamilan

Hal ini perlu dilakukan untuk dapat memantau pertumbuhan bayi yang anda kandung normal atau tidak. Baca Syarat Pembuatan BPJS Bayi

Biaya yang diperlukan berupa check up ke bidan atau dokter kandungan serta vitamin sebagai suplemen selama kehamilan yang maksimal menghabiskan dana sebesar Rp. 500.000.

  • Biaya untuk melahirkan

Jika anda dalam keadaan sehat dan bugar serta kondisi bayi yang dikandung pun memungkinkan maka dapat melalui proses melahirkan yang normal.

Kisaran biaya yang diperlukan untuk persalinan normal yaitu Rp. 600.000 sampai Rp. 1.000.000. Namun apabila anda didiagnosa mengalami indikasi medis harus melalui operasi caesar yang biayanya mencapai Rp. 6.000.000 hingga Rp. 12.000.000.

Hal tersebut juga termasuk bagian dari biaya perawatan bayi di masa awal kehadirannya yang sangat perlu anda perhatikan.

  • Perawatan post natal

Setelah melahirkan seorang ibu memerlukan waktu untuk dapat memulihkan tenaganya kembali. Apalagi bagi yang menjalani operasi caesar, perlu waktu yang lebih lama untuk menyembuhkan luka jahitan di bagian perut. Baca Prosedur Menggunakan BPJS Di Rumah Sakit

Bayi yang baru lahir pun perlu perawatan berupa asi bila ada dari ibunya, namun bila tidak ada maka harus membeli susu formula yang harganya minimal Rp. 80.000.

Advertisements
error: