Berapa Lama Polis Asuransi Mobil Baru Keluar dan Berlaku

Polis asuransi mobil merupakan perjanjian tertulis antara perusahaan asuransi dengan tertanggung yang menjadi surat kontrak saat asuransi mobil. Polis asuransi merupakan komponen penting dalam asuransi mobil. Polis asuransi ini mengikat kedua belah pihak untuk mematuhi perjanjian yang tertulis disana.

Kira-kira berapa lama polis asuransi mobil baru keluar dan berlaku?

Umumnya polis asuransi mobil keluar paling cepat 3 hari dan paling lama 2 minggu. Polis asuransi ini berlaku 1 tahun sejak tanggal diterbitkannya polis asuransi. Artinya klaim tidak dapat diajukan jika terjadi melebihi tanggal berlakunya polis asuransi.

Advertisements

Itulah informasi mengenai berapa lama polis asuransi mobil keluar dan berlaku. Sebagai tertanggung, maka harus benar-benar memahami isi polis asuransi. Umumnya isi polis asuransi meliputi hal-hal berikut ini : Baca Beberapa Penyebab Klaim Asuransi Motor Ditolak

  1. Data tertanggung, berikut nama serta alamat tertanggung, masa atau periode pertanggungan serta nomor polis.
  2. Jenis perlindungan asuransi mobil. Ada 2 jenis perlindungan asuransi mobil yakni Total Loss Only (TLO) dan All Risk atau komprehensif.
  3. Data mobil tertanggung, berikut tipe, nomor polisi, tahun produksi, dan lain-lain. Data mobil tertanggung ini menjadi dasar bagi perusahaan asuransi untuk menentukan biaya pertanggungan.
  4. Pembayaran premi, yakni menyatakan biaya yang menjadi kewajiban tertanggung kepada perusahaan asuransi serta ketentuan dalam membayarkannya.
  5. Jaminan atau pertanggungan, merupakan jenis-jenis resiko yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.
  6. Batasan atau pengecualian, menyatakan jenis-jenis resiko yang tidak dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi.
  7. Kewajiban tertanggung apabila terjadi resiko, pada bagian ini dijelaskan hal-hal yang wajib dilakukan oleh tertanggung saat melakukan klaim, termasuk persyaratan dokumen yang harus dilengkapi.
  8. Cara penyelesaian ganti rugi, pada bagian ini menjelaskan mengenai tata cara pertanggungan kerugian oleh perusahaan asuransi.
  9. Penyelesaian sengketa, pada bagian ini dijelaskan tata cara penyelesaian apabila terdapat perselisihan antara perusahaan asuransi dengan tertanggung.

Fungsi Polis Asuransi

Ada 2 fungsi polis asuransi, yakni bagi tertanggung dan bagi penanggung. Fungsi polis asuransi bagi tertanggung adalah sebagai berikut :

Advertisements
  1. Sebagai jaminan bahwa perusahaan asuransi akan menanggung resiko pada mobil tertanggung, sesuai dengan kesepakatan. Polis asuransi harus dibawa saat tertanggung bermaksud mengklaim asuransi mobil.
  2. Sebagai dokumen pendukung untuk meminta pertanggungjawaban ketika perusahaan asuransi tidak memenuhi kesepakatan.
  3. Sebagai bukti pembayaran premi.

Fungsi polis asuransi bagi penanggung alias perusahaan asuransi adalah : Baca Persamaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kerugian

  1. Sebagai bukti bagi perusahaan asuransi bahwa tertanggung sudah membayarkan premi asuransi.
  2. Sebagai bukti tertulis bahwa penanggung akan menjamin tertanggung atas beberapa resiko atau musibah yang menimpanya.
  3. Sebagai bukti tentang resiko-resiko apa saja yang dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu, ketika tertanggung mengajukan klaim asuransi yang tidak sesuai dengan polis, perusahaan asuransi dapat menolak klaim tersebut.

Macam-macam Polis Asuransi

  1. Polis Ditaksir (Valued Policy)

Polis Ditaksir merupaakn polis asuransi yang mencantumkan syarat biaya pertanggungan yang ditaksir. Jika pada polis asuransi tertulis bahwa nilai pertanggungan adalah Rp 20 juta, maka nilai yang diberikan kepada tertanggung adalah Rp 20 juta tersebut. Ciri polis ini adalah tidak mempedulikan mengenai nilai kerugian sebenarnya.

  1. Polis Tidak Ditaksir (Unvalued Policy)

Berbeda dengan Polis Ditaksir, Polis Tidak Ditaksir ini mencantumkan nilai biaya maksimal yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi akan tetap memperhatikan nilai kerugian riil.

Sehingga nilai yang diberikan kepada tertanggung adalah sejumlah nilai kerugian riil atau maksimal sejumlah nilai yang sudah disepakati sebelumnya.

  1. Polis Perjalanan

Polis Perjalanan merupakan polis yang ada pada asuransi selama perpindahan barang dari suatu tempat ke tempat tujuan.

Pada polis perjalanan ini, tempat keberangkatan serta tujuannya mesti tertera jelas. Yang dapat ditanggung dalam asuransi perjalanan ini adalah alat pengangkut atau transportasi dan barang yang diangkut. Baca Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk Sinarmas

  1. Polis Waktu

Polis waktu adalah polis yang memiliki masa berlaku seperti 6 bulan atau 12 bulan. Premi polis asuransi ini dibayar langsung dimuka ketika polis diterbitkan oleh penanggung.

Advertisements
error: