Begini Cara Menghitung Sistem Jatuh Tempo Pegadaian Per Bulan

Sistem Jatuh Tempo Pegadaian – Kebutuhan akan pinjaman dana dapat dialami oleh siapa saja, tidak mengenal apa pekerjaan anda dan kebutuhan anda. Seringkali pinjaman dana lebih banyak digunakan untuk pembiayaan besar yang pun juga digolongkan mendadak.

Jika anda seringkali merasa membutuhkan pinjaman dana dengan cara yang mudah dan waktu yang cepat, maka anda dapat mencoba mengajukan pinjaman ke pegadaian. Pegadaian sebagai salah satu lembaga keuangan terpercaya yang melayani pengajuan pinjaman dana diketahui sangat populer di kalangan masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang mengaku berkali-kali memanfaatkan program pinjaman dana dari pegadaian ini.

Walau sudah banyak digunakan manfaatnya oleh masyarakat, sebenarnya masih ada informasi terkait pegadaian yang belum diketahui. Informasi ini biasanya berkaitan dengan sistem perhitungan jatuh tempo pegadaian setiap bulannya. Jatuh tempo adalah istilah yang digunakan untuk menandakan waktunya pinjaman dikembalikan secara utuh ataupun dicicil.

Advertisements

Sayangnya, informasi penting ini tidak banyak diinformasikan ke masyarakat. Sehingga sangat sering juga masyarakat ragu dan bingung mengenai berapa besar tagihan yang harus dibayarkan per bulannya dan apa dasar perhitungan tagihan tersebut.

5 Program Pegadaian dan Cara Menghitung Sistem Jatuh Tempo Pegadaian Per Bulannya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya ada suatu sistem jatuh tempo yang digunakan dalam pegadaian. Ternyata jatuh tempo ini tidak dihitung asal-asalan, namun berdasarkan prosedur perhitungan tertentu.

Agar lebih mudah dipahami tentu akan lebih baik jika cara menghitung sistem jatuh temo pegadaian per bulannya ini dibagi berdasarkan jenis programnya. Jadi bagian di bawah ini akan menjelaskan sistem perhitungan pegadaian untuk menentukan jatuh tempo pada 5 program yang sudah ada. Selamat mempelajarinya. Baca Jika Menggadaikan IJAZAH Di Pegadaian Bisa Tidak Sebenarnya

  1. Program ARRUM

Program yang pertama yang akan dijelaskan cara perhitungan jatuh temponya adalah ARRUM. Jenis program pinjaman ini adalah pinjaman yang dilakukan di pegadaian dengan jaminan BPKB. Besar pinjaman dengan jaminan BPKB dapat berkisar dari Rp20.000.000 hingga Rp150.000.000.

Masa pinjaman bisa mencapai 3 tahun lamanya, dan besar hasil perhitungan bergantung dari masa pinjaman ini. Besar yang harus anda bayarkan dengan bunga untuk pinjaman 24 bulan misalnya adalah Rp950 dikali besar taksiran pinjaman yang anda ambil.

  1. Program KREASI

Selanjutnya ada program KREASI dari pegadaian yang juga memungkinkan anda menggadaikan BPKB, namun tujuannya adalah untuk menambah modal usaha. Jadi selain BPKB anda juga harus memiliki usaha untuk mendukung pengajuan pinjaman.

Advertisements

Lama masa pinjaman juga maksimal adalah 3 tahun. Bunga yang harus anda bayarkan dari pinjaman yang anda lakukan adalah 1%. Sedangkan denda keterlambatan angsuran adalah 4%.

  1. Program Kredit Cepat dan Aman (KCA)

Lain lagi dengan program KCA dari pegadaian ini. Program yang banyak dipilih oleh masyarakat ini merupakan program pinjaman yang memberikan masa bayar selama 4 bulan dan setelahnya pinjaman harus dibayar lunas sekaligus dengan bunganya. Baca 3 Hari Kerja Mengajukan Pinjaman Dengan Jaminan Sertifikat Di Pegadaian

Besar pinjaman dapat mulai dari Rp50.000 hingga Rp500.000.000. Jika anda meminjam mulai dari Rp50.000 sampai Rp500.000, maka besar bunga adalah 0,75% hingga 6%. Selanjutnya untuk pinjaman dari Rp500.001 sampai Rp20.000.000, besar bunganya adalah 1,150% sampai 9,2%. Terakhir untuk pinjaman dari Rp20.000.001 hingga Rp500.000.000 besar bunganya adalah 1% sampai 8%.

  1. Program Kredit Gadai Sistem Angsuran (KRASIDA)

Ada juga program KRASIDA yang memungkinkan anda untuk menggadai emas untuk mendapatkan pinjaman mulai dari Rp1.000.000 sampai dengan Rp50.000.000. Besar pinjaman dapat anda bayar mulai dari 6 bulan hingga 3 tahun.

Terkait perhitungan jatuh temponya, jenis pinjaman ini memberatkan bunga sebesar 1,25% untuk pinjaman 6 – 12 bulan, 1,3% untuk pinjaman 13 – 24 bulan, dan 1,4% untuk pinjaman 25 – 36 bulan.

  1. Program RAHN

Terakhir, ada program RAHN yang memungkinkan anda untuk menggadaikan emas namun dengan bunga yang lebih kecil. Program ini ada pada pegadaian syariah dengan istilah bunga yang diganti sebagai ijaroh.

Ijaroh untuk pinjaman dari Rp.50.000 – Rp.500.000 adalah 0,45%, pinjaman Rp.500.0001 – Rp20.0000 dengan bunga 0,72%, dan pinjaman di atas Rp.20.000.000 dengan bunga 0,65%. Masa pembayaran maksimal adalah 6 bulan dan dapat diperpanjang setiap bunganya anda bayarkan.

Berikut tadi 5 program di pegadaian beserta cara menghitung sistem jatuh tempo per bulannya. Informasi ini pastinya sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh anda bukan. Baca Tanggal Merah Hari Libur Pegadaian Buka Atau Tutup

Jadi sekarang anda sudah dapat mengetahui dengan jelas setiap pembiayaan yang dibebankan pada anda serta bunga per jatuh tempo yang anda lewati. Artinya, anda tidak perlu bingung lagi dengan pinjaman yang anda ajukan ke pegadaian karena seluruh informasi terkaitnya diberikan secara gamblang dan jelas.

Advertisements
error: