Beberapa Penyebab Klaim Asuransi Motor Ditolak

Saat mengasuransikan motor, pemilik mungkin akan merasa sedikit tenang. Sebab jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan atau kehilangan motor, pemilik tidak akan menanggung resiko tersebut sendiri, dengan adanya asuransi tadi.

Namun, keberadaan asuransi harusnya tidak membuat tertanggung menjadi ceroboh dalam menggunakan motornya. Sebab, ada hal-hal yang menyebabkan klaim asuransi motor ditolak. Apa saja penyebab klaim asuransi motor ditolak?

  1. Kerusakan terjadi saat melanggar tata tertib lalu lintas

Ada beberapa kondisi atau pelanggaran yang menyebabkan perusahaan asuransi enggan menanggung resiko. Kondisi tersebut adalah pemilik tidak memiliki SIM, mengendarai motor dalam kondisi mabuk, motor digunakan untuk mengangkut barang yang bukan peruntukannya, motor digunakan untuk balapan liar, parkir sembarangan atau bukan pada tempatnya, menerobos lampu merah, serta pelanggaran lalu lintas yang lainnya.

Advertisements

Wajar saja jika perusahaan asuransi tidak mau menanggung kerugian yang terjadi pada kondisi tersebut. Pada kasus tertanggung yang tidak memiliki SIM misalnya, ketiadaan SIM menandakan pemilik belum selayaknya mengendarai motor di jalan raya.

Pada kasus mengendarai motor dalam kondisi mabuk, tentu kondisi itu beresiko besar, baik pengemudi dan pengguna jalan yang lainnya.

  1. Motor dimodifikasi

Bagi yang gemar memodifikasi motor, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan perusahaan asuransi. Dalam beberapa kasus, perusahaan asuransi biasanya tidak mau menanggung kerusakan pada motor yang dimodifikasi. Contohnya adalah modifikasi ban motor yang tidak memenuhi standar atau tidak layak. Baca Pengertian Polis Asuransi dan Cara Memilih Polis yang Tepat

  1. Pengajuan klaim tidak terdapat pada polis asuransi

Saat mengasuransikan motor, maka akan ada yang namanya polis. Polis asuransi ini merupakan surat kesepakatan antara perusahaan asuransi dengan tertanggung. Polis ini salah satunya berisi tentang resiko apa saja yang dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Nah, jika tertanggung melakukan klaim yang tidak terdapat pada polis asuransi, otomatis pengajuan klaimnya itu akan ditolak.

  1. Tertanggung mengajukan klaim melewati batas waktu yang ditentukan

Klaim asuransi motor juga dapat ditolak apabila pengajuannya melewati batas waktu yang ditentukan. Tiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan untuk pengajuan klaim. Ada perusahaan asuransi yang mengharuskan tertanggung untuk mengajukan klaim 5 hari setelah kejadian kerusakan atau kehilangan motor.

Advertisements

Sehingga jika klaim dilakukan melebihi batas waktu tersebut, otomatis pengajuan klaim akan ditolak oleh perusahaan asuransi. Karena adanya batas waktu dalam pengajuan klaim ini, maka sebaiknya mengurus dokumen pengajuan klaim sesegera mungkin.

  1. Dokumen pengajuan klaim tidak lengkap

Saat mengajukan klaim asuransi, ada serangkaian dokumen yang harus dipenuhi oleh tertanggung. Jika dokumen yang ditentukan ternyata tidak dilengkapi, otomatis pengajuan klaim akan ditolak. Baca Berapa Lama Polis Asuransi Mobil Baru Keluar

Umumnya dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim asuransi motor adalah surat keterangan dari kepolisian setempat, dokumen kendaraan bermotor (STNK, SIM, dan lain-lain), kartu identitas dan polis asuransi.

  1. Motor yang diajukan klaim tidak sesuai dengan polis asuransi

Pada polis asuransi juga terdapat informasi mengenai motor yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Saat ini, sering dijumpai seseorang memiliki motor lebih dari 1. Jika hanya 1 motor saja yang diasuransikan, maka klaim asuransi ini tidak dapat diajukan untuk motor yang lainnya.

  1. Polis asuransi sudah berakhir

Polis asuransi motor memiliki masa berlaku. Jika pengajuan klaim asuransi motor dilakukan di luar jangka waktu yang ditentukan itu, maka pengajuan klaim otomatis ditolak.

Itulah beberapa penyebab klaim asuransi motor ditolak. Lalu bagaimanakah tata cara pengajuan klaim asuransi motor?

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah melapor ke perusahaan asuransi. Melapor ke perusahaan asuransi dapat dilakukan melalui telepon, email atau langsung mendatangi   kantor cabang perusahaan asuransi. Pada saat pelaporan, petugas akan menanyai seputar kehilangan atau kerusakan motor. Baca Harga Asuransi Mobil Murah All Risk Plus Kelebihannya

Langkah kedua adalah melengkapi dokumen pengajuan klaim asuransi. Umumnya dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim adalah surat keterangan kehilangan atau kecelakaan dari kepolisian setempat, kartu identitas, polis asuransi dan dokumen kendaraan. Setelah seluruh dokumen lengkap, maka dapat mengajukan klaim ke kantor cabang asuransi. Apabila klaim diterima, pihak asuransi akan menghubungi tertanggung dan menanggung resiko kerusakan atau kehilangan motor tadi.

Advertisements
error: