Asuransi All Risk Mobil Meliputi Apa Saja

Dalam dunia asuransi mobil, dikenal istilah asuransi All Risk. Asuransi All Risk artinya adalah asuransi yang memberikan pertanggungan berbagai jenis resiko entah besar atau kecil, sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi. Apa saja yang termasuk dalam resiko asuransi All Risk?

Umumnya, resiko yang termasuk dalam asuransi mobil All Risk adalah tabrakan, terbalik, tergelincir dari jalan, terbentu, perbuatan jahat orang lain, kebakaran, pencurian hingga sambaran petir. Resiko ini dapat ditambah dengan jenis resiko lain seperti kerugian akibat peristiwa pemogokan, kerusuhan sipil, banjir, huru-hara, serta tanggung jawab hukum pada pihak ketiga.

Baca dulu Ini 5 Penyebab Klaim Asuransi Ditolak Dan Gagal

Advertisements

Sedangkan, resiko-resiko yang tidak ditanggung oleh asuransi mobil All Risk adalah :

  1. Kecelakaan akibat kelalaian atau pemegang polis melanggar peraturan saat mengemudi. Kelalaian atau pelanggaran itu antara lain, mengemudi di bawah pengaruh minuman keras atau narkotika, melawan arah, menerobos lampu merah, mengemudi ketika masa berlaku SIM sudah habis, menerobos banjir atau genangan air sehingga mesin mobil mengalami kerusakan, melakukan modifikasi pada bagian kendaraan seperti mesin atau turbocharger tanpa persetujuan pihak asuransi, hingga menampung muatan melebihi kapasitas yang sudah ditentukan oleh pabrik mobil.
  2. Kerusakan akibat mobil digunakan untuk menarik atau mendorong benda atau mobil lain, atau digunakan untuk mengajari mengemudi mobil.
  3. Kerusakan karena digunakan dalam perlombaan, penyaluran hobi balap, pawai, kampanye, karnaval atau unjuk rasa.
  4. Kerusakan atau kehilangan mobil akibat digunakan untuk tindak kejahatan.
  5. Kehilangan atau kerusakan mobil bukan karena perbuatan jahat dari kerabat tertanggung, orang yang disuruh atau tinggal bersama tertanggung, dll.

Itulah jenis-jenis resiko yang termasuk dalam asuransi mobil All Risk. Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui bahwa All Risk memiliki pertanggungan resiko yang tergolong luas. Karena itu pula, biasanya premi asuransi All Risk lebih mahal dibanding asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Dibandingkan asuransi All Risk, Total Loss Only memiliki keterbatasan. Total Loss Only hanya dapat diklaim apabila kerusakan yang terjadi pada mobil nilainya sebesar 75% dari harga mobil.

Advertisements

Jadi, apabila hasil penaksiran kerusakan menyatakan nilai yang kurang dari 75%, klaim asuransi tidak dapat diloloskan. Selain kerusakan sebesar 75%, resiko yang ditanggung oleh asuransi mobil Total Loss Only adalah kehilangan akibat pencurian.

Apabila terjadi resiko yang dapat ditanggung perusahaan asuransi, maka asuransi dapat diklaim oleh tertanggung. Ingat bahwa resiko yang tertulis pada polis asuransi saja yang dapat diklaim. Dalam mengklaim asuransi mobil, tidak boleh melebihi batas waktu tertentu yang sudah ditetapkan. Baca Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk untuk Pertama Kali

Biasanya klaim asuransi mobil harus dilakukan dalam waktu 3 – 5 hari sejak terjadinya kecelakaan atau kehilangan. Jika klaim dilakukan melebihi waktu yang sudah ditentukan itu, maka perusahaan asuransi dapat menolak klaim tersebut. Saat mengajukan klaim, dokumen yang harus disiapkan antara lain polis asuransi, KTP, SIM serta bukti pendukung seperti foto kendaraan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi mobil

Mobil merupakan aset bergerak yang terancam berbagai resiko, baik akibat pemilik sendiri maupun lingkungan eksternal. Karenanya, sangat penting untuk mengasuransikan mobil. Dengan begitu beban resiko saat musibah yang akhirnya ditanggung pemilik mobil menjadi lebih ringan.

Yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi mobil adalah jenis asuransi itu sendiri. All Risk atau Total Lost Only? All Risk memang menanggung banyak jenis resiko, namun premi asuransi ini juga lebih tinggi daripada Total Risk Only. Karenanya, budget juga menjadi pertimbangan saat memilih jenis asuransi.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah perusahaan penyedia asuransi. Ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia. Tiap perusahaan menawarkan produk dengan keunggulan yang berbeda-beda. Contohnya ada perusahaan yang premi asuransinya lebih tinggi daripada yang lainnya.

Namun perusahaan ini memiliki kelebihan, yakni proses klaim asuransi yang mudah serta bengkel rekanan yang mudah dijangkau. Hal-hal seperti ini pun harus dipertimbangkan. Mana yang menjadi prioritas Anda? Baca Tahapan Plus Cara Klaim Asuransi Mobil ACC Pemula

Pelayanan mumpuni atau produk yang efisien? Sangat penting untuk mempelajari produk-produk asuransi dari berbagai perusahaan tersebut. Selain produk, yang perlu diperhatikan lagi adalah mengenai reputasi perusahaan asuransi.

Advertisements
error: