Apakah Pemeriksaan HSG Ditanggung BPJS Update 2018

Pemeriksaan HSG Ditanggung BPJS – Mungkin banyak yang belum mengetahui apakah HSG itu. HSG sendiri adalah singkatan dari Histerosalpingografi yang artinya pemeriksaan rongga rahim dan saluran telur menggunakan cairan kontras dan sinar X.

Tujuan pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui apakah kondisi sel telur apakah bagus atau tidak, dan untuk mengetahui apakah ada sumbatan pada saluran telur.

Selain itu HSG juga dapat mengetahui bentuk, ukuran dan struktur dari rongga rahim dan dapat mengetahui kelainan seperti polip, tumor jinak,dan perlengketan dinding rahim.

Advertisements

Untuk melakukan pemeriksaan itu pasti biayanya pasti sangatlah mahal, dan karena permasalahan biaya yang besar maka muncul pertanyaan apakah pemeriksaan HSG ditanggung BPJS?

Jawabannya adalah belum untuk saat ini, BPJS hanya mengcover biaya pemeriksaan kandungan, biaya USG, persalinan dan operasi caesar saja.

Waktu Yang Tepat Melakukan Pemeriksaan HSG

Waktu pemeriksaan HSG yang tepat adalah antara hari ke-9 sampai hari ke-14 siklus haid, pemeriksaan HSG tidak boleh dilakukan waktu wanita mengalami menstruasi karena ditakutkan akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah karena pada waktu menstruasi pembuluh darah sedang dalam keadaan terbuka.

Pemeriksaan ini dilakukan waktu cairan kontras disuntikkan ke dalam rahim melalui kateter dan nantinya akan diambil foto rontgen ketika cairan memenuhi rahim.

Setelah proses pemeriksaan selesai anda akan disuruh berbaring selama beberapa menit dan akan disuruh buang air kecil untuk mengosongkan kandung kemih anda. Proses pemeriksaan HSG berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Baca Jatah USG Ibu Hamil Menggunakan BPJS

Advertisements

Memang akan terdengar menyakitkan jika melakukan pemeriksaan ini, dan biaya yang akan dikenakan memang mahal. Maka banyak orang yang mengharapkan pemeriksaan HSG ditanggung BPJS.

Setelah semua proses pemeriksaan selesai, anda akan menunggu hasil dari pemeriksaan, dokter akan memberikan langkah terapi dan solusi apa yang harus dilakukan jika memang anda mengalami permasalahan di rahim dan kesuburan anda.

Banyak orang yang merasa takut melakukan pemeriksaan ini, selain rasa sakit yang dirasakan waktu pemeriksaan juga takut akan ada efek samping jika melakukan pemeriksaan ini.

Jangan takut akan adanya efek samping karena sebelum anda menjalani pemeriksaan HSG anda akan dites terlebih dahulu.

Pemeriksaan skin tes akan dilakukan untuk mengetahui apakah anda mempunyai alergi cairan kontras atau tidak. Bila anda memang tidak mengalami alergi maka pemeriksaan akan dilakukan.

Cairan kontras juga berfungsi meningkatkan imun tubuh terhadap kuman, karena cairan ini bersifat antiseptik. Baca Ibu Hamil Yang Ditanggung BPJS

Dan jangan takut terkena radiasi dari sinar X, karena sinar X yang digunakan sudah diatur dosisnya sehingga tidak akan mempengaruhi rahim dan saluran telur anda. Memang setelah pemeriksaan HSG ada kemungkinan anda akan mengalami flek, tetapi itu normal terjadi.

Dan itulah sedikit penjelasan mengenai pemeriksaan HSG ditanggung BPJS semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Advertisements
error: