Apakah Operasi Gigi Bungsu Ditanggung Oleh BPJS ??

Artikel kali ini akan membahas mengenai operasi gigi bungsu. Gigi bungsu merupakan bagian dari gigi geraham ketiga.

Gigi ini akan mulai tumbuh saat anda berusia dewasa yaitu 18-30 tahun. Tumbuhnya gigi bungsu ini berbeda pada tiap orangnya karena dipengaruhi oleh bentuk rahang orang yang berbeda-beda. Pertumbuhan gigi juga dipengaruhi oleh gusi yang masih tersedia sebagai tempat pertumbuhan gigi.

Apabila gusi dan rahangnya sudah tidak cukup, gigi bungsu akan tumbuh miring dan mengganggu letak dari gigi geraham sebelahnya. Dan fatalnya akan menyebabkan terganggunya saraf maupun akar gigi.

Advertisements

Sebenarnya pertumbuhan gigi bungsu yang normal terletak pada mulut bagian kiri bawah, kanan bawah, kiri atas, dan kanan atas.

Apakah Operasi Gigi Bungsu Ditanggung Oleh BPJS??

Ketika hal tersebut terjadi maka perlu diadakan intervensi pada gigi anda. Operasi pada gigi untuk mencabut gigi tersebut agar dapat menghilangkan akar penyebab rasa sakit pada mulut.

Karena sakit pada gigi juga akan mempengaruhi produktivitas seseorang. Bahkan ada pepatah lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Hal tersebut menggambarkan betapa tersiksanya jika seseorang mengalami sakit gigi.

Jika anda memiliki kepesertaan BPJS, maka anda dapat memanfaatkannya untuk mengcover biaya operasi gigi bungsu. Bagaimana prosedur dan tahapan agar operasi cabut gigi bungsu anda mendapat klaim dari BPJS? Simak ulasan di bawah ini.

Advertisements

Ikuti Prosedurnya, Anda Dapat Klaim Dari BPJS

Tidak semua pengobatan atau pemeriksaan kesehatan anda akan mendapat klaim dari pihak BPJS kesehatan karena ada beberapa obat yang tidak dapat dicover oleh BPJS.

Operasi gigi bungsu sebenarnya dapat menggunakan dana BPJS, namun anda harus memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedur dengan baik dan benar.

Berikut ini petunjuk prosedur ketika ingin melakukan pengobatan pada gigi bungsu anda yang bermasalah.

  • Datang ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Prosedur penanganan keluhan kesehatan pada peserta BPJS yaitu harus melalui fasilitas kesehatan tingkat pertama. Fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas terdapat poli gigi yang dapat menangani keluhan pada gigi bungsu anda.

Anda dapat memeriksakan kondisiĀ  gigi anda pada fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tertera pada kartu Indonesia sehat yang anda miliki.

  • Jangan lupa membawa berkas persyaratan

Saat anda hendak memanfaatkan layanan BPJS dalam mengatasi keluhan anda maka anda perlu menyetorkan berkas KTP, KIS, KK yang telah di foto kopi dan kemudian diserahkan pada loket pendaftaran khusus pasien BPJS. Jika anda telah memenuhi syarat yang harus dibawa, maka klaim BPJS bisa anda dapatkan.

  • Lakukan pemeriksaan

Jika keluhan gigi bungsuĀ  anda tergolong ringan, maka dapat dilakukan di puskesmas. Namun bila terdapat indikasi kesehatan yang cukup parah maka anda dapat meminta surat rujukan untuk melakukan operasi gigi bungsu di rumah sakit.

Advertisements
error: