Apakah Cabut Gigi Ditanggung BPJS 2018

Artikel kali ini akan membahas mengenai cabut gigi ditanggung BPJS. Salah satu bentuk perawatan gigi yaitu dengan mencabutnya. Setiap orang memiliki alasan yang berbeda ketika hendak dicabut gigi namun hal tersebut harus berlandaskan rekomendasi dari dokter gigi.

Biasanya masalah umum yang menyebabkan gigi anda harus dicabut yaitu karena sudah mengalami karies ataupun akar maupun syarafnya telah mengganggu struktur gigi disebelahnya dan malah akan menyebabkan masalah kesehatan apabila dibiarkan begitu saja.

Tapi ada pula yang takut untuk dicabut giginya karena sakit. Padahal ilmu kesehatan terutama dalam hal kedokteran gigi telah berkembang dengan pesat yaitu salah satunya dengan ditemukannya teknik anestesi sehingga anda tidak akan terlalu merasakan sakitnya dicabut gigi.

Advertisements

Ditambah lagi dengan adanya BPJS kesehatan yang membantu anda dalam pembiayaan kesehatan termasuk cabut gigi.

Tahukah anda bahwa BPJS bersedia menanggung biaya cabut gigi anda? Jika belum tahu, mari simak uraian berikut ini untuk penjelasannya.

Yuk Cabut Gigi, Gratis Loh

Derajat kesehatan masyarakat memang tidak dapat diukur hanya dalam satu sisi kesehatan saja. ketika jiwa anda tidak tenang alias stres hal tersebut berarti anda sedang tidak sehat. Apalagi jika terjadi suatu masalah pada gigi, tentunya aktivitas anda akan terganggu, mungkin anda akan lebih sensitif atau lebih irit bicara dibandingkan dengan biasanya. baca Scalling Gigi Menggunakan BPJS

Advertisements

Jika hal tersebut terjadi, lebih baik anda memeriksakan diri ke puskesmas yang memiliki poli gigi. Apabila anda disarankan untuk cabut gigi, jangan risaukan biayanya karena cabut gigi ditanggung BPJS. Eits tapi dengan syarat dan prosedur yang harus anda penuhi agar BPJS mau mengakui klaim anda.

Klaim atas cabut gigi ini pun harus berdasarkan indikasi medis yang ada alias bukan untuk kepentingan estetika. Anda sebelumnya akan diperiksa oleh dokter gigi dan memperoleh diagnosa pasti mengenai masalah gigi yang anda alami.

Jadi jika tujuan anda hanya untuk estetika maka akan ketahuan saat proses pemeriksaan ini. Dan malangnya lagi anda harus membayar biaya pemeriksaan sebagai suatu tindakan medis yang telah dilakukan. Lalu bagaimana prosedur saat hendak cabut gigi agar dapat ditanggung oleh BPJS?

Prosedur yang Harus Dilalui Ketika Hendak Cabut Gigi Dengan BPJS

Prosedur ini sangat penting untuk anda lakukan agar cabut gigi ditanggung BPJS. Jika tidak sesuai prosedur, anda akan dikenakan biaya pribadi meskipun telah terdaftar sebagai peserta BPJS yang rutin membayar iuran setiap bulannya. Lalu, bagaimana prosedurnya? Baca Optik yang Bekerjasama dengan BPJS

  • Datang ke fasilitas kesehatan tingkat pertama
  • Usahakan ke FKTP yang sesuai dengan KIS anda, namun apabila tidak terdapat poli gigi atau pelayanan giginya maka anda dapat pergi ke klinik, puskesmas atau dokter gigi yang telah melakukan kerja sama dengan BPJS. Kemudian akan diperiksa dan dilakukan tindakan pencabutan bila perlu.
  • Dirujuk ke fasilitas kesehatan lanjutan
  • Hal ini terjadi bila masalah gigi anda parah dan memerlukan fasilitas yang lebih lengkap.
Advertisements
error: