Apakah Ada Jatah USG Ibu Hamil Menggunakan BPJS Kesehatan??

USG Ibu Hamil Menggunakan BPJS Kesehatan – Pemerintah sudah memberikan fasilitas yang sangat bermanfaat bagi rakyatnya dan layanan BPJS adalah salah satu fasilitas yang telah dibuat oleh pemerintah kita.

Layanan ini sangatlah membantu karena biaya yang dikeluarkan untuk membayar cek up kesehatan ataupun rawat inap akibat sakit sangatlah besar, apalagi jika penyakitnya parah dan harus operasi.

Selain bisa menanggung semua biaya itu, BPJS juga dapat mengcover biaya USG dan biaya persalinan ibu hamil.  Jatah USG ibu hamil yang dapat diperoleh adalah 4x, penjelasannya adalah sebagai berikut.

Advertisements
  • Pada usia kehamilan 1-12 minggu mendapat jatah USG 1 kali.
  • Pada usia kehamilan 13-28 minggu mendapat jatah USG 1 kali.
  • Pada usia kehamilan 29-40 minggu mendapat jatah USG 2 kali.

Dan itulah penjelasan dari jatah USG peserta BPJS yang dapat dinikmati, tetapi jika dalam keadaan darurat sebaiknya jangan menggunakan layanan BPJS takutnya nanti malah terlambat penangananya, lebih baik yang umum saja jika dalam keadaan darurat.

Cara Menggunakan Layanan BPJS Untuk USG

Banyak ibu hamil yang merasa bingung  apakah mereka mendapatkan layanan BPJS jika melakukan USG? Bisa mendapatkan layanan BPJS jika anda mendapatkan rujukan dari faskes 1 tempat anda melakukan pemeriksaan kehamilan anda dan jatah USG ibu hamil sudah ditentukan sebelumnya.

Jadi ibu hamil tidak semaunya sendiri menggunakan layanan ini karena memang dibatasi pemakaiannya. Baca Cek Kesuburan Pakai BPJS

Advertisements

Sebagai peserta BPJS ibu hamil memang sudah diberikan layanan USG gratis dari pemerintah, jika memang faskes yang dipilih tidak memiliki fasilitas yang memadai maka ibu hamil dapat meminta rujukan ke rumah sakit yang lebih bagus.

Jika memang setelah mendapat rujukan dari faskes tingkat 1 dan diajukan ke rumah sakit pilihan anda dan ditolak, anda harus melaporkannya ke BPJS Center karena memang sudah dipatenkan peraturan bahwa pasien peserta BPJS akan diterima di rumah sakit manapun jika memang memiliki surat rujukan dari faskes tingkat 1.

Rujukan ke rumah sakit bisa dilakukan jika kondisi janin atau kondisi kandungan ibu hamil lemah dan peralatan di faskes satu tidak dapat menangani maslah itu.

Jatah USG yang diberikan oleh perintah adalah 4x jadi ibu hamil harus bijaksana dalam menggunakan kemudahan ini. Banyak ibu hamil yang tidak tahu cara menggunakan layanan USG dengan BPJS.

Kebanyakan dari ibu hamil memilih menjadi pasien umum karena mereka malas untuk mengurus dokumen-dokumen yang menjadi persyaratannya. Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus disiapkan jika ingin menggunakan layanan BPJS. Baca BPJS Untuk Program Hamil Ke Bidan

  • Surat rujukan dari faskes 1, untuk mendapatkan surat rujukan ini anda tinggal minta ke petugas di faskes 1.
  • KTP asli dan FC
  • BPJS asli dan FC
  • FC kartu keluarga
  • Buku kontrol ibu hamil.

Dan itulah cara menggunakan layanan BPJS untuk USG, baiknya anda selalu mengecek jatah USG ibu hamil anda.

Advertisements
error: