Apa yang Dimaksud dengan Tabungan?

Hemat pangkal kaya. Mungkin istilah itulah yang sering diterapkan oleh seseorang yang hobi menabung. Ya, semakin banyak kita menyisikan uang untuk ditabung maka kekayaan kita pun akan semakin bertambah.

Menabung memang bukan suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Namun jika kita memiliki kesadaran diri dan ingin memiliki kekayaan yang bertambah maka wajib hukumnya untuk menabung.

Secara umum, makna dari menabung adalah menyimpan uang atau barang berharga di dalam tempat-tempat tertentu seperti di celengan atau di bank. Hasil dari menabung sering disebut dengan tabungan.

Advertisements

Apa yang dimaksud dengan Tabungan?

Tabungan adalah simpanan uang yang berasal dari penyisihan uang yang tidak dibelanjakan baik itu secara sengaja maupun secara tidak sengaja.

Ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari menabung. Diantaranya kita dapat belajar hidup hemat dan tidak berlaku boros. Nah, bagi Anda yang suka boros mungkin mulai saat ini bisa menabung agar dapat hidup hemat.

Selain itu dengan menabung kita memiliki simpanan uang. Simpanan uang tersebut dapat kita ambil kapan pun kita butuhkan. Pada saat terdesak tiba, kita tidak perlu lagi memikirkan mau meminjam uang kepada siapa karena kita sendiri pun memiliki simpanan uang.

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa menabung dapat dilakukan di dua tempat yaitu di celengan dan di bank. Celengan digunakan sebagai media tempat menyimpan uang atau menabung yang pada umumnya digunakan untuk tabungan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Advertisements

Sedangkan bank merupakan media tempat menyimpan uang yang jumlahnya cukup besar. Diantara kedua tempat tersebut, yang manakah tempat paling aman untuk menabung? Keduanya sama-sama aman. Tetapi jika jumlah uang di dalam tabungan sudah cukup besar maka disarankan untuk menyimpan tabungan tersebut di dalam bank agar lebih aman.

Apabila kita memilih menabung di bank, maka kita akan mendapatkan bunga. Suku bunga tabungan memang disediakan oleh pihak bank bagi nasabahnya yang bersedia menabung di bank tersebut. Suku bunga yang didapatkan memang tidak terlalu besar tetapi setidaknya ada keuntungan yang akan kita dapatkan dari menabung.

Tidak sampai disitu saja, menabung di bank juga diberikan fasilitas seperti buku tabungan atau kartu ATM. Dahulu buku tabungan merupakan media yang sering digunakan untuk menabung dan menarik tabungan yang ada di bank.

Namun beberapa tahun belakangan, nasabah bank lebih memilih untuk menggunakan media berupa kartu ATM karena dianggap lebih praktis dan lebih mudah saat penarikannya. Selain kartu ATM, ada fasilitas lain yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah yang menabung seperti Mobile Banking, SMS Banking, dan lain sebagainya.

Apakah penarikan atau pencairan uang tabungan dapat dilakukan dengan cek atau dengan giro? Tentu saja tidak karena sejatinya pencairan uang tabungan hanya dapat dilakukan melalui buku tabungan, kartu ATM, dan yang sejenisnya.

Bagaimana, sudah tertarik untuk menabung?

Advertisements
error: