Apa yang Dimaksud dengan Rekening Koran Bank?

Koran sangat identik dengan berita. Di dalam koran terdapat banyak sekali berita-berita yang mungkin sangat dibutuhkan oleh pembacanya. Jenis berita yang disampaikan berdasarkan peristiwa yang terjadi pada saat itu.

Jika biasanya kita mengenal koran dalam bentuk lembaran kertas berwarna abu-abu, ternyata ada juga koran yang berbentuk rekening. Namanya yaitu Rekening Koran. Apakah Anda tau apa itu Rekening Koran?

Sesuai dengan nama yang tercantum yaitu rekening koran, rekening ini berisikan berita-berita yang dirangkum berdasarkan peristiwa yang terjadi. Berita-berita yang seperti apa? Berita yang dimaksud disini yaitu berita berupa laporan keuangan yang dikeluarkan oleh pihak bank kepada pemilik rekening Giro. Ya, Rekening Koran memang diperuntukkan untuk pemilik atau pemegang rekening Giro saja.

Advertisements

Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa yang dimaksud dengan Rekening Giro adalah laporan keuangan yang diberikan Bank kepada pemegang atau pemilik rekening Giro. Pada saat kapan Rekening Koran ini diberikan? Rekening Koran diberikan setiap bulan sekali.

Bisa dikatakan bahwa Rekening Koran merupakan laporan bulanan yang isinya berupa transaksi rekening Giro yang terjadi selama sebulan.

Perlu diingat bahwa pada saat kita menabung dalam bentuk Giro maka kita tidak akan diberikan buku tabungan sama seperti pada saat kita menabung dengan menggunakan rekening seperti biasanya. Buku tabungan diganti dengan Rekening Koran yang diberikan setiap bulannya.

Advertisements

Tidak hanya berisikan informasi berupa transaksi yang dilakukan oleh bank terhadap rekening saja, Rekening Korang juga berisikan saldo kas yang tersisa di dalam rekening Giro.

Di dalam Rekening Koran tertera dengan jelas dan lengkap berupa penarikan, penyetoran, dan saldo dari rekening Giro. Setiap transaksi yang dilakukan tertulis dengan lengkap dan jelas tanggal, hari, serta waktu. Apabila ada yang meragukan proses transaksi, maka Rekening Koran dapat ditunjukkan sebagai bukti bahwa transaksi sudah dilakukan.

KEUNTUNGAN YANG DIDAPATKAN DARI REKENING KORAN

Dengan adanya Rekening Koran tentu saja akan menguntungkan bagi pemegang rekening Giro. Mengapa begitu? Karena Rekening Koran fungsinya sebagai bukti bahwa adanya transaksi yang dilakukan.

Perusahaan-perusahaan yang menabung uangnya dalam bentuk Giro juga sangat diuntungkan dengan Rekening Koran. Sebab, informasi mengenal keuangan perusahaan dapat terbaca dan terdeteksi. Dengan begitu, tidak ada lagi kecurangan yang akan merugikan sebuah perusahaan.

CARA MENDAPATKAN REKENING KORAN

Untuk bisa mendapatkan Rekening Koran, pemilik rekening Giro tidak perlu lagi meminta bank untuk mencetak Rekening Giro karena bank itu sendirilah yang akan mencetak dan memberikan Rekening Koran kepada kita setiap bulannya.

Namun ada juga bank yang tidak akan mencetak Rekening Koran sebelum pemilik rekening tersebut yang meminta untuk mencetaknya.

Saat ini untuk bisa melihat Rekening Koran tidak perlu lagi datang ke bank karena sudah tersedia secara online. Adanya sistem online ini membuat pemilik rekening menjadi lebih mudah memantau Rekening Koran miliknya.

Advertisements
error: