Apa yang Dimaksud Dengan Giro

Istilah Giro mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tetapi apakah Anda tau apa yang dimaksud dengan Giro? Untuk itu kita akan membahasnya lebih lanjut disini.

Secara umum, yang dimaksud dengan Giro adalah salah satu produk bank yang digunakan sebagai alat penyimpanan yang penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan menggunakan surat perintah pembayaran atau surat perintah pemindahbukuan.

Giro merupakan kebalikan dari Cek. Jika cek diberikan kepada pihak penerima pembayaran yang kemudian disimpan di banknya, maka berbeda halnya dengan giro. Pada umumnya giro diberikan oleh pihak pembayar ke banknya yang kemudian pihak bank akan mentransfer uang tersebut kepada pihak penerima ke rekeningnya.

Advertisements

Pada saat giro hendak dikirimkan kepada pihak penerima, maka si pembayar atau pemilik giro tersebut akan memerintahkan pihak bank dengan menggunakan surat perintah pemindahbukuan supaya mengambil uang dari akun si pembayar kemudian mengirimkannya ke pihak bank penerima.

Bagaimana jika jumlah uang yang ada di dalam akun pemilik giro tersebut tidak cukup untuk melakukan pembayaran? Tentu saja bank akan memproses perintah pemindahbukuan tersebut dan memberitahukannya kepada pemilik giro. Itu artinya, uang atau dana tidak akan ditransfer terlebih dahulu kepada si penerima sebelum pemilik giro menambahkan sisa uang yang dibutuhkan.

Apakah simpanan giro bisa bertambah? Tentu saja bisa. Pemilik giro dapat menambah simpanan giro setiap waktunya. Setiap melakukan penyimpanan akan ditulis di dalam buku yang disebut buku giro atau yang biasa kita sebut dengan rekening giro.

Advertisements

Apakah giro memiliki bunga simpanan? Sama halnya dengan deposito, giro juga memiliki bunga simpanan yang tentunya menguntungkan bagi pihak pemilik rekening giro. Suku bunga pada rekening giro bisa dibilang rendah.

JENIS-JENIS GIRO

Giro terdiri atas beberapa jenis diantaranya rekening giro atas nama perorangan (individu) dan rekening giro atas nama suatu lembaga (seperti PT, CV, dan lain sebagainya).

Untuk rekening giro perorangan biasanya digunakan oleh satu orang yang kepemilikan rekeningnya atas nama dirinya sendiri. Sedangkan rekening giro atas nama suatu lembaga biasanya digunakan oleh suatu lembaga seperti lembaga pemerintah, PT, CV, koperasi, dan lain sebagainya yang mana kepemilikannya ditulis berdasarkan nama lembaga tersebut.

MANFAAT GIRO

Sama halnya dengan tabungan, menyimpan uang dalam bentuk giro juga memiliki manfaat tersendiri yang menguntungkan. Beberapa manfaat dari menyimpan uang dalam bentuk giro diantaranya:

  • Giro dapat ditarik kapan saja tanpa harus dibatasi oleh waktu
  • Uang akan terjamin keamanannya dan kerahasiaannya
  • Tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang banyak setiap harinya karena sudah disimpan dalam bentuk giro
  • Apabila dibutuhkan, pemilik giro hanya tinggal mencatat berapa jumlah dana yang dibutuhkan pada buku giro

Itulah beberapa manfaat menyimpan uang dalam bentuk giro.

Giro bukanlah tempat yang cocok untuk investasi karena suku bunga yang ada pada giro tergolong rendah sehingga keuntungan yang didapatkan pun sedikit.

Advertisements
error: