Apa yang Dimaksud Dengan Cek dan Bilyet Giro

Bank merupakan tempat untuk melakukan segala macam yang berhubungan dengan uang. Entah itu menyimpan, mengambil simpanan, memindah bukukan simpanan, dan masih banyak lagi hal lainnya yang bisa dilakukan di Bank.

Hingga sampai saat ini Bank telah mengeluarkan produk-produk unggulannya. Salah satu produk unggulan dari Bank adalah Cek dan Bilyet Giro. Siapa yang tidak mengenal produk Bank yang satu ini? Sejak dulu hingga sekarang Cek dan Bilyet Giro masih menjadi salah satu cara transaksi yang paling banyak digunakan oleh nasabah.

PENGERTIAN CEK DAN BILYET GIRO

Mungkin sudah sering kita jumpai seseorang memberikan Cek lengkap dengan nama penerima dan jumlah uang yang akan diterima oleh penerima Cek tersebut. Kita juga sering menjumpai seseorang sedang mengurus pemindahbukuan sejumlah uangnya kepada penerima dana. Namun apakah Anda tau apa pengertian yang sebenarnya dari Cek dan Bilyet Giro?

Advertisements

Jika dilihat secara umum, Cek adalah perintah tertulis dari nasabah kepada Bank untuk mengambil sejumlah uang yang kemudian uang tersebut diberikan sesuai dengan nama yang telah tercantum pada Cek tersebut. Jumlah Cek yang diberikan tidak dibatasi asalkan tidak melebihi saldo yang ada di rekening giro.

Pemegang Cek atau penerima Cek bisa mencairkan Cek di Bank yang mengeluarkan Cek tersebut. Apa yang akan terjadi jika Cek dicairkan di Bank yang bukan mengeluarkan Cek tersebut? Cek tetap bisa dicairkan akan tetapi memerlukan waktu yang cukup lama ketimbang mencairkan Cek di Bank tempat dikeluarkannya Cek tersebut.

Advertisements

Lalu apa itu Bilyet Giro? Bilyet Giro adalah surat perintah pemindahbukuan dari nasabah suatu bank kepada bank yang bersangkutan untuk memindahbukukan sejumlah dana dari rekeningnya ke rekening penerima.

Biasanya Bilyet Giro ini diperuntukkan untuk memindahbukukan sejumlah dana dari rekening satu ke rekening lainnya. Di dalam Bilyet Giro tercantuk jelas nama tertarik beserta dengan jumlah dana yang akan dipindahbukukan.

PERBEDAAN CEK DAN BILYET GIRO

Jika dilihat dari segi fungsi, antara Cek dan Bilyet Giro memiliki perbedaan. Perbedaan-perbedaan tersebut menjadi tolak ukur seseorang untuk memilih manakah yang lebih efektif untuk dipergunakan di kehidupan sehari-hari.

Apa saja perbedaan dari Cek dan Bilyet Giro? Perbedaan pertama terlihat dari cara pencairannya. Untuk CekĀ  biasanya dapat langsung dicairkan sedangkan untuk Bilyet Giro tidak dapat langsung dicairkan karena sejatinya Bilyet Giro itu merupakan pemindahbukuan bukan pengambilan dana.

Perbedaan kedua yaitu biaya materai. Penarikan Cek pada umumnya dikenakan biaya materai sedangkan Bilyet Giro tidak dikenakan biaya materai.

PERSAMAAN CEK DAN BILYET GIRO

Selain perbedaan, Cek dan Bilyet Giro juga memiliki persamaan. Persamaan pertama yaitu kedua produk dari Bank ini sama-sama alat untuk pembayaran giral atau melalui surat-surat berharga.

Selain itu, Cek dan Bilyet Giro juga memiliki masa kadaluarsa yang sama yaitu 60 hari. Selepas masa kadaluarsa tersebut, maka Cek dan Bilyet Giro tidak dapat di pergunakan lagi.

Advertisements
error: