4 Prosedur Menggunakan BPJS Di Rumah Sakit (Pengalaman)

Artikel kali ini akan membahas mengenai prosedur menggunakan BPJS saat anda menggunakan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Sebenarnya pemakaian BPJS ini harus melalui fasilitas kesehatan tingkat pertama baru bisa ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan tingkat kedua bila memperoleh surat rujukan.

Hal ini dilakukan agar saat masyarakat sakit, dapat memanfaatkan fasilitas tingkat pertama sehingga pasien rumah sakit tidak membludak.

Advertisements

Dengan adanya BPJS, pasien dengan tanda dan gejala yang ringan tidak bisa langsung ke rumah sakit, karena penyakit tertentu yang tidak memerlukan perawatan khusus dapat ditangani di puskesmas atau klinik pratama.

Lalu bagaimana prosedur penggunaan layanan BPJS saat anda terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui pemanfaatan klaim BPJS di rumah sakit.

Manfaatkan BPJS Ketika Menggunakan Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit

Pelayanan kesehatan di rumah sakit dapat anda nikmati secara gratis sesuai dengan kelas BPJS anda. Rumah sakit merupakan fasilitas kesehatan tingkat kedua yang umumnya tidak dapat dijadikan sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama pada BPJS.

Maksudnya di sini yaitu kartu BPJS hanya digunakan pada fasilitas pertama yang tertera pada kartu BPJS yang anda miliki.

Bagaimana prosedur menggunakan BPJS kesehatan bila penyakit yang anda derita perlu ditangani oleh fasilitas kesehatan tingkat rumah sakit karena kurangnya sarana di fasilitas tingkat pertama? Berikut ini penjelasannya.

Advertisements
  • Datang ke fasilitas pelayanan kesehatan pertama

Pada kartu BPJS biasanya tertera identitas peserta sebagai pemilik kartu yang telah terdaftar di BPJS kesehatan. Baca Cara Menggunakan BPJS Calon Bayi

Terdapat pula informasi mengenai fasilitas rujukan pertama yang harus anda kunjungi pertama kali saat anda merasakan keluhan kesehatan. Kemudian anda akan diperiksa oleh dokter yang ada di puskesmas atau klinik pertama yang tertera pada kartu BPJS anda.

Saat keluhan yang anda derita mampu ditangani dengan fasilitas yang ada di puskesmas atau klinik pratama, maka anda dapat menyelesaikan masalah kesehatan anda pada satu tempat tersebut.

  • Meminta surat rujukan

Surat rujukan berfungsi seperti layaknya surat pengantar dari fasilitas kesehatan tingkat pertama ke rumah sakit.

Hal ini menjadi salah satu persyaratan bagi anda yang ingin berobat ke rumah sakit dengan menggunakan fasilitas BPJS.

Fasilitas di rumah sakit tentunya lebih lengkap dan dapat menangani penyakit yang anda derita. Rumah sakit yang anda pilih sebagai rujukan harus memiliki hubungan kerjasama dengan BPJS.

  • Membawa berkas persyaratan

Agar anda dapat menikmati pelayanan kesehatan dari rumah sakit sebagai tindak lanjut dari surat rujukan yang anda bawa disertai dengan foto kopi dan asli kartu BPJS, KTP yang telah difoto kopi, serta kartu keluarga yang telah difoto kopi. Baca Pembayaran BPJS Bayi Dalam Kandungan

  • Lebih awal datang ke rumah sakit agar mendapat pelayanan dengan cepat.

Demikian penjelasan mengenai prosedur menggunakan BPJS di rumah sakit.

Advertisements
error: