4 Layanan Untuk Ibu Hamil Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Layanan Untuk Ibu Hamil Yang Ditanggung BPJS Kesehatan – Layanan BPJS memang sudah bisa dinikmati secara bebas oleh berbagi kalangan masyarakat, dari masyarakat bawah, menengah, sampai kalangan masyarakat atas.

Semua biaya pemeriksaan kesehatan bisa ditanggung BPJS Kesehatan jika pasien mengikuti semua prosedur yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Layanan BPJS menjadi alternatif bagi orang yang malas menggunakan layanan asuransi kesehatan karena prosedur asuransi kesehatan yang dianggap merepotkan.

Advertisements

Sosialisasi program BPJS memang masih gencar dilakukan oleh pemerintah karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara mendaftar menjadi peserta BPJS, dan tidak mengetahui cara menggunakan layanan BPJS.

Masyarakat yang memang tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan layanan BPJS adalah masyarakat pedalaman. Mereka tidak terlalu mengenal teknologi dan ilmu pengetahuan yang minim menjadi salah satu penyebab kurang mengertinya tata cara menggunakan layanan BPJS.

Layanan Yang Bisa Dinikmati Oleh Ibu Hamil

Layanan BPJS akan berbeda antara pasien yang satu dengan pasien yang lainnya, kenapa seperti itu? Ini disebabkan oleh pasien waktu pertama mendaftar itu memilih akan masuk ke kelas berapa, apakah kelas 2, kelas 1 atau VIP.

Jelas perbedaan fasilitas antara kelas sangatlah jelas, bisa dilihat dari biaya BPJS yang dibayar per bulannya.

Layanan BPJS juga bisa dinikmati oleh para ibu hamil, semua proses dari awal kehamilan sampai kelahiran biayanya akan ditanggung BPJS Kesehatan. Dan berikut layanan yang dapat dinikmati oleh para ibu hamil.

Advertisements
  • Layanan waktu awal kehamilan

Untuk menikmati layanan ini anda harus mendaftar menjadi peserta BPJS sebelum anda hamil,  dan janin juga bisa ikut didaftarkan menjadi peserta BPJS untuk mengurangi biaya jika memang nantinya bayinya mengalami kondisi yang tidak normal atau tidak sehat. Baca Peraturan BPJS Untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan anda dapat menikmati layanan BPJS di faskes tingkat 1 yang telah anda pilih, semua biayanya telah ditanggung oleh BPJS.

  • Layanan USG

Layanan USG yang dapat ditanggung oleh pemerintah adalah jika dalam masa kehamilan anda mengalami masalah yang serius dan harus mendapatkan penanganan secara cepat.

Pada saat inilah layanan USG yang ditanggung oleh BPJS bisa digunakan, jika dalam keadaan normal biaya tidak akan ditanggung oleh BPJS.

  • Layanan persalinan

Untuk layanan persalinan bisa dinikmati jika memang dalam proses persalinan mengalami masalah yang serius, seperti ibu hamil mengalami pendarahan, ketuban pecah, kehabisan air ketuban, plasenta pervia, dan lain-lain.

Jika sudah seperti itu segera masukan ke rumah sakit yang memiliki fasilitas memadai dan untuk biaya akan langsung ditanggung BPJS tanpa kita membawa surat rujukan.

  • Layanan operasi caesar

Layanan ini dapat digunakan jika memang kondisi bayi yang tidak memungkinkan untuk lahir secara normal dan untuk menikmati operasi caesar yang biayanya ditanggung oleh BPJS harus dengan rujukan dari dokter atau bidan di faskes tingkat 1. Baca Melahirkan Normal Dengan BPJS

Itulah layanan-layanan yang dapat ditanggung BPJS Kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat.

Advertisements
error: